• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Jenis Kacamata Sesuai dengan Bentuk Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Jenis Kacamata Sesuai dengan Bentuk Wajah

Ketahui 5 Jenis Kacamata Sesuai dengan Bentuk Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 September 2021
Ketahui 5 Jenis Kacamata Sesuai dengan Bentuk Wajah

“Memilih model kacamata yang sesuai bentuk wajah dapat meningkatkan penampilan. Untuk wajah persegi misalnya. Bentuk wajah persegi cocok menggunakan bingkai bulat untuk menyamarkan  tulang pipi dan rahang yang lebar.”

Halodoc, Jakarta – Tren berbagai model kacamata selalu berubah-ubah setiap waktunya. Demi mengikuti gaya dan tren terkini, banyak orang yang asal membeli model kacamata yang kurang sesuai dengan bentuk wajahnya. Padahal, bentuk wajah sangat memengaruhi pas atau tidaknya kacamata yang kamu pakai.

Bukannya meningkatkan penampilan, memilih kacamata yang salah justru bisa menurunkan penampilan kamu. Itu sebabnya, sebaiknya jangan mengikuti gaya dan tren saja. Kamu perlu mengetahui bentuk wajah yang kamu miliki sebelum membeli kacamata 

Baca juga: Kapan Sebaiknya Cek Mata Perlu Dilakukan?

Jenis Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Kalau kamu masih bingung untuk memilih kacamata, beberapa informasi di bawah ini mungkin bisa membantu kamu:

1. Frame Wayfarer untuk Wajah Bulat

<!-- wp:paragraph --> <p>Apakah kamu termasuk seseorang yang berwajah bulat? <a href="https://www.halodoc.com/kesehatan/” loading=”lazy”></picture></div>


<p>Apakah kamu termasuk seseorang yang berwajah bulat? <a href=Wajah bulat ditandai dengan tulang pipi yang samar. Oleh sebab itu, hindari memilih frame atau bingkai kacamata yang bulat karena justru membuat wajah kamu semakin bulat. Sebaliknya, sebaiknya pilih kacamata dengan bingkai kotak dengan ujung-ujung runcing seperti wayfarer. 

Pastikan kamu memilih ukuran bingkai yang pas dengan ukuran wajah atau sedikit kebesaran (oversized). Bingkai yang sedikit oversized dapat membuat wajah kamu tampak lebih kecil. 

2. Frame Cat Eye untuk Wajah Oval

Wajah oval ditandai dengan dahi dan rahang yang luas, tapi luas rahang sedikit lebih sempit dari dahi. Pemilik wajah ova

Wajah oval ditandai dengan dahi dan rahang yang luas, tapi luas rahang sedikit lebih sempit dari dahi. Pemilik wajah oval sebenarnya tak perlu bingung memilih bingkai kacamata karena hampir semua model kacamata cocok untuk orang berwajah oval. Meski begitu sebaiknya pilih kacamata dengan bingkai bulat untuk menyempurnakan garis alami wajah.

Baca juga: Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Bila kamu termasuk wajah oval, pilih kacamata dengan frame cat eye atau wayfarer. Meskipun hampir semua model kacamata cocok untuk wajah oval, usahakan untuk memilih ukuran yang sesuai dan tidak oversized atau malah kekecilan. Kacamata yang pas di wajah adalah pilihan paling tepat untuk wajah oval.

3. Frame Rimless untuk Wajah Hati

Sementara wajah berbentuk hati, punya ciri-ciri dahi luas, dagu runcing dan tulang pipi yang lebar. Nah, kalau kamu berw

Sementara wajah berbentuk hati, punya ciri-ciri dahi luas, dagu runcing dan tulang pipi yang lebar. Nah, kalau kamu berwajah hati, pilih kacamata dengan bingkai rimless atau tanpa bingkai. Tujuannya, dagu yang luas bisa diimbangi dengan bingkai rimless. Selain rimless, frame aviator juga cocok untuk wajah hati. 

4. Frame Bulat untuk Wajah Persegi

Kebalikannya dengan wajah bulat, orang dengan wajah persegi justru cocok menggunakan bingkai bulat. Ini karena, wajah pe

Kebalikannya dengan wajah bulat, orang dengan wajah persegi justru cocok menggunakan bingkai bulat. Ini karena, wajah persegi memiliki tulang pipi dan rahang yang lebar. Bingkai bulat seperti kacamata aviator mampu menyiasati bentuk wajah yang persegi ini. 

5. Frame Oversized untuk Wajah Lonjong

Bentuk wajah lonjong punya ciri khas tulang pipi dan rahang yang tegas, sehingga wajahnya terlihat lebih panjang dari or

Bentuk wajah lonjong punya ciri khas tulang pipi dan rahang yang tegas, sehingga wajahnya terlihat lebih panjang dari orang lain. Untuk menyiasatinya, sebaiknya pilih bingkai kacamata yang oversized. Untuk model kacamatanya, semua model cocok untuk wajah lonjong namun pastikan ukurannya oversized.

Baca juga: 7 Penyakit Tak Biasa Pada Mata

Punya pertanyaan seputar kesehatan? Hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja! Dokter yang ahli di bidangnya akan bantu menjawab segala pertanyaan kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Great Glasses for Your Face Shape.
Allure. Diakses pada 2021. A Visual Guide to Choosing the Perfect Pair of Glasses for Your Face Shape.