• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Jenis Kucing yang Paling Bersahabat

Ketahui 5 Jenis Kucing yang Paling Bersahabat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 5 Jenis Kucing yang Paling Bersahabat

“Terdapat banyak jenis kucing di dunia dengan ukuran, karakteristik dan sifat yang berbeda-beda. Jika kamu ingin memeliharanya, pastikan kucing memiliki sifat yang jinak dan mudah bersahabat. Berikut ini 5 jenis kucing yang paling bersahabat.”

Halodoc, Jakarta – Selain anjing, kucing menjadi hewan peliharaan favorit yang juga dijadikan sahabat oleh manusia. Setiap pemilik hewan menggemaskan ini pasti memberikan pelukan, ciuman, dan segala macam bentuk kasih sayang lainnya. Namun, tidak semua kucing dapat membalas kasih sayang pemiliknya karena karakteristik masing-masing jenis yang berbeda.

Oleh karena itu, sebelum memelihara kucing sebaiknya kamu memilih beberapa jenis yang paling bersahabat dengan manusia. Ada beberapa jenis kucing yang dianggap penyayang, ramah, periang, dan senang dipeluk serta diberikan kasih sayang oleh manusia. Berikut ini beberapa jenis kucing yang cocok dijadikan peliharaan karena sifatnya yang bersahabat:

Baca juga: Ketahui Penyebab Suara Kucing Sering Menggeram

1. Kucing Domestik

Kucing domestik atau kucing kampung menjadi salah satu jenis kucing yang bersahabat. Memiliki karakter setia, memiliki sifat cukup aktif, dan senang bermain di lingkungan baru. Kucing jenis ini mudah ditemui di mana pun kamu berada. Jika kamu memutuskan untuk mengadopsi kucing kampung liar, disarankan untuk memeriksakannya terlebih dulu ke dokter hewan agar terjamin kesehatannya.

2. Kucing Persia

Kucing Persia menjadi salah satu kucing yang paling banyak dipelihara. Karakteristik rambut panjang, lebat, berwajah bulat, dan hidungnya yang pesek membuat banyak orang gemas karena manjanya. Jika memutuskan untuk memelihara kucing jenis ini, kamu harus menyisihkan anggaran yang cukup untuk perawatannya. Pasalnya, kamu harus memperhatikan kesehatan dan kebersihannya secara keseluruhan.

3. Kucing Anggora

Jenis kucing yang bersahabat selanjutnya adalah kucing anggora. Kucing ini memiliki bulu yang seputih salju, dan berasal dari Turki. Kucing ini menjadi salah satu jenis yang digemari untuk dipelihara, tetapi jarang sekali dimiliki di Indonesia. Selain bulu yang seputih salju, kucing ini sangat aktif dan lincah. Ciri fisiknya berbeda dengan Persia, di mana bulu Anggora di bagian kepala tidak terlalu panjang.

Baca juga: Benarkah Mengganti Air Akuarium Berisiko Sebabkan Ikan Hias Cepat Mati?

4. Kucing Siam

Kucing Siam atau yang dikenal dengan Siamese berasal dari Thailand. Kucing jenis ini memiliki tubuh yang ramping, ekor panjang, mata biru, berbulu pendek, dan memiliki warna gelap di bagian muka, kaki, telinga, serta ekor. Selain sangat bersahabat dengan manusia, kucing ini memiliki suara yang lembut, cerdas, dan lincah.

5. Kucing Maine Coon

Maine Coon menjadi jenis kucing yang bersahabat meski memiliki tubuh yang sangat besar. Meski terlihat menyeramkan karena ukuran tubuhnya 2-3 kali lipat kucing biasa, Maine Coon memiliki pembawaan yang sangat ramah. Bobot tubuh kucing betina mencapai 6 kilogram. Sedangkan bobot kucing jantan Maine Coon mencapai 8 kilogram.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda Burung Hantu Mengalami Gangguan Kesehatan

Itulah beberapa jenis kucing yang bersahabat dengan manusia. Sampai di sini, kucing jenis apa yang kamu inginkan untuk menjadi sahabat? Jika kamu baru pertama kali memelihara kucing dan bingung apa saja perlengkapan yang dibutuhkan guna menunjang kesehatan kucing, silahkan diskusikan langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Purina. Diakses pada 2021. The Most Affectionate and Friendliest Cat Breeds.
Daily Paws. Diakses pada 2021. 10 Friendly Cat Breeds that Make Perfect Pets.
Hills Pet. Diakses pada 2021. Six of the Friendliest Cat Breeds.