Ketahui Berbagai Manfaat Buah Alpukat untuk Diet

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 April 2022

“Selain lezat, kamu bisa menemukan manfaat buah alpukat untuk diet lainnya. Seperti misalnya menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, menahan rasa lapar, dan menambahkan lemak sehat.”

Ketahui Berbagai Manfaat Buah Alpukat untuk DietKetahui Berbagai Manfaat Buah Alpukat untuk Diet

Halodoc, Jakarta – Buah alpukat dikenal sebagai salah satu jenis buat yang memiliki kandungan kalori, lemak, dan serat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, manfaat buah alpukat sangar baik untuk kesehatan. Selain bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan jantung, alpukat juga bisa kamu konsumsi saat kamu sedang menjalani diet.

Kamu bisa menemukan manfaat buah alpukat untuk diet dengan mengonsumsi buah alpukat secara tepat dan disertai olahraga. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat buah alpukat yang bisa kamu rasakan ketika sedang menjalani diet sehat berikut ini!

Manfaat Buah Alpukat untuk Diet

Buah alpukat memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan lemak sehat yang terdapat di dalamnya dapat membantu kamu menjaga kesehatan jantung. 

Bukan itu saja, kandungan folat dalam buah alpukat diketahui mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak. Sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi oleh bayi ketika memasuki usia MPASI atau ibu hamil.

Selain jantung dan perkembangan otak bayi, alpukat juga baik dikonsumsi ketika kamu sedang diet. Menjalankan diet sehat menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menghindari kurangnya nutrisi dan gizi pada tubuh. Untuk itu, kamu perlu memastikan jenis diet yang cocok untuk kesehatan dan tubuh kamu.

Penting bagi orang dewasa yang sedang menjalani diet untuk meningkatkan asupan buah dan sayuran. Nah, alpukat menjadi salah satu jenis buah yang manfaatnya bisa kamu rasakan ketika menjalani diet. 

Berikut ini manfaat buah alpukat ketika kamu sedang menjalani diet, yaitu:

  1. Menurunkan Berat Badan

Meskipun buah alpukat mengandung kalori yang tinggi, tetapi kandungan serat dalam alpukat bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat kamu lebih mudah mengontrol jumlah asupan makanan yang harus dikonsumsi.

Jadi, tidak ada salahnya masukkan alpukat ke dalam menu diet sehari-hari. Kamu bisa menambahkan alpukat dalam salad atau membuat minuman jus alpukat tetapi tanpa tambahan gula atau pemanis buatan untuk sarapan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah alpukat mengandung kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi alpukat saat diet penting untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus karena dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Ketidakseimbangan bakteri dalam tubuh dapat berkaitan langsung dengan berbagai kondisi gangguan kesehatan, seperti kenaikan berat badan, diabetes, dan kolesterol.

  1. Menahan Rasa Lapar

Kandungan serat pada buah alpukat bisa membantu kamu menahan rasa lapar ketika sedang diet. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengontrol asupan yang kamu konsumsi sehingga tujuan diet kamu dapat tercapai dengan baik.

  1. Menambah Asupan Lemak Sehat

Jangan terkecoh dengan namanya, sebab lemak sehat atau lemak tak jenuh merupakan asam lemak esensial yang diperlukan oleh tubuh karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Lemak tak jenuh ini berfungsi untuk menghasilkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

Lemak tak jenuh dalam buah alpukat lebih sulit dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan nutrisi lainnya. Hal ini membantu kamu merasakan kenyang lebih lama sehingga cocok jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Itulah berbagai manfaat buah alpukat yang bisa kamu rasakan ketika menjalani diet. Jangan ragu untuk menambahkan alpukat pada menu sarapan atau makan siang.

Selain memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih, istirahat yang cukup, hingga berolahraga secara teratur. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai jenis olahraga yang bisa dilakukan selama proses diet. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Potential Health Benefits of Avocado.
CNN Health. Diakses pada 2022. Benefits of Avocados: 4 Ways They Are Good for Your Health.
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Avocado, and Can It Help You Lose Weight?
WHO. Diakses pada 2022. Healthy Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan