Ketahui Cara Cek Kolesterol Secara Mandiri di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Januari 2023

“Ketahui cara cek kolesterol secara mandiri di rumah agar hasilnya akurat. Mulai dari menyiapkan alat cek yang tepat hingga membersihkan tangan sebelum pemeriksaan.”

Ketahui Cara Cek Kolesterol Secara Mandiri di RumahKetahui Cara Cek Kolesterol Secara Mandiri di Rumah

Halodoc, Jakarta – Kolesterol memiliki fungsi penting dalam tubuh, seperti memproduksi hormon hingga vitamin D. Namun, kamu harus menjaga kadar kolesterol tetap stabil dalam tubuh agar jumlahnya tidak meningkat.

Terlalu banyak kolesterol dalam tubuh meningkatkan berbagai risiko penyakit, seperti gangguan jantung. Selain pada fasilitas kesehatan, kamu juga bisa melakukan pengecekan kadar kolesterol secara mandiri di rumah. Simak cara cek kolesterol di rumah agar kamu mendapatkan hasil yang optimal.

Cara Cek Kolesterol di Rumah

Ketika kolesterol terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak pada arteri. Nah, bila dibiarkan kondisi ini berisiko meningkatkan serangan jantung atau stroke pada pengidapnya.

Mengetahui kondisi kadar kolesterol setiap hari sangat membantu jika kamu memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mengontrol kondisi kesehatanmu.

Jika kadar kolesterol cukup tinggi saat pengecekan, kamu bisa segera mengambil langkah tepat untuk menurunkan atau mencegah penyakit kolesterol semakin memburuk.

Selain melakukan pengecekan kadar kolesterol di rumah sakit atau fasilitas kesehatan, kamu juga bisa melakukan pengecekan kolesterol secara mandiri di rumah. Namun, ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan dengan baik agar hasilnya bisa kamu dapatkan secara akurat.

Kamu memerlukan alat untuk mengukur kadar kolesterol tubuh. Jika sudah dipersiapkan, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Cuci tangan untuk memastikan tangan dalam kondisi yang bersih.
  • Kemudian, usap ujung jari yang akan kamu ambil sampel darah menggunakan alkohol agar lebih steril.
  • Tusuk bagian ujung jari yang telah dibersihkan menggunakan lancet.
  • Tekan bagian jari hingga keluar sampel darah. Letakkan pada strip tes.
  • Masukkan strip tes ke dalam meteran kolesterol yang telah disediakan.
  • Tunggu beberapa saat untuk mengetahui jumlah kolesterol dalam darah.

Kamu juga bisa menggunakan alat tes kolesterol tanpa meteran. Biasanya, hasil dari alat tes tanpa meteran bisa dilihat dari strip tes yang kamu gunakan. Saat strip tes diteteskan sampel darah, maka strip tes dapat berubah warna. 

Perubahan warna atau warna akhir yang muncul menunjukkan seberapa banyak kolesterol yang ada dalam darah. Kamu bisa mencocokannya dengan nilai kolesterol yang biasanya telah disediakan pada alat.

Seberapa Akurat Cek Kolesterol Mandiri di Rumah?

Terdapat berbagai jenis alat untuk mengukur jumlah kadar kolesterol yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek. Hal ini membuat hasil pemeriksaan juga tidak dapat akurat 100 persen.

Sebaiknya jangan gunakan hasil cek kolesterol mandiri sebagai ukuran kondisi kesehatanmu. Hasil dari pengecekan ini hanya boleh digunakan sebagai perkiraan dan bukan pengganti hasil tes yang dilakukan oleh tim medis atau rumah sakit.

Meskipun kamu mendapatkan hasil yang baik dari pengukuran kolesterol di rumah, sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dilakukan agar kondisi kesehatanmu selalu terjaga dengan baik, sehingga terhindar dari berbagai komplikasi akibat kolesterol tinggi.

Tips Mengontrol Kadar Kolesterol

Selain melakukan pengecekan secara berkala, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar kadar kadar kolesterol tetap stabil. Berikut tips mengontrol kadar kolesterol yang bisa kamu lakukan di rumah:

  • Lakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Hindari mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung lemak jahat, seperti gorengan, makanan berlemak, hingga makanan cepat saji.
  • Perbanyak asupan buah, sayur, dan serat yang mudah larut.
  • Jaga berat badan agar tetap ideal.
  • Hindari merokok.

Itulah berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengontrol kadar kolesterol. Jangan lupa untuk selalu menjalani pengobatan dan perawatan lainnya yang disarankan oleh dokter.

Jika kamu masih ragu dengan cara cek kolesterol mandiri di rumah, kamu bisa memanfaatkan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya).

Tak perlu khawatir karena pemeriksaan dilakukan oleh profesional kesehatan tepercaya. Jadi, pastinya hasilnya lebih akurat dan bisa diandalkan. Yuk, klik gambar di bawah ini untuk tahu lebih lanjut soal layanan ini:

homelab - cek kolesterol

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2023. Cholesterol Home Test Kits.
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Natural Ways to Lower Your Cholesterol Levels.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to Know about Checking Cholesterol at Home.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan