Ketahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Lingkungan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   28 Oktober 2021
Ketahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi LingkunganKetahui Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Lingkungan

“Hewan peliharaan sudah berabad-abad menjadi teman manusia. Bahkan, ada banyak manfaat yang bisa diberikan dari hewan ini pada lingkungannya. Tentunya ini sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental pemiliknya.”

Halodoc, Jakarta – Ada banyak sekali orang yang memiliki hewan peliharaan di rumahnya. Tujuan setiap orang untuk memelihara hewan peliharaan dapat berbeda-beda. Ada yang melakukannya sebagai kesenangan dan hobi, atau untuk keamanan rumah. Namun, apa saja sih sebenarnya berbagai manfaat hewan peliharaan untuk lingkungan di sekitarnya? Ketahui lebih lengkapnya di sini!

Berbagai Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memelihara hewan peliharaan di rumah. Kamu bisa belajar untuk bertanggung jawab atau menghilangkan rasa kesepian. Bahkan, hewan peliharaan juga sangat baik untuk tumbuh-kembang anak guna belajar terkait keterampilan emosional dan sosialnya.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Memang, hewan peliharaan yang umumnya banyak orang pilih adalah kucing dan anjing. Hal ini karena kedua hewan ini dapat sangat jinak dan bisa diajak berinteraksi. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak hewan peliharaan lainnya juga dapat memberikan manfaat yang sama. Adanya interaksi antara manusia dan hewan ternyata dapat melepaskan hormon yang menimbulkan perasaan senang.

Meski begitu, masih banyak manfaat dari hewan peliharaan pada lingkungannya yang bisa dirasakan, antara lain:

1. Manfaat Emosional

Salah satu manfaat hewan peliharaan bagi lingkungannya adalah dapat mengatasi perasaan depresi dan kesepian dengan adanya kontak fisik dan komunikasi. Dalam situasi pandemi COVID-19 ini, hewan peliharaan terbukti dapat memberikan dukungan emosional yang sangat berharga bagi pemiliknya.

2. Mengatasi Rasa Stres

Hewan peliharaan dapat memberikan manfaat berupa penurunan rasa stres pada pemiliknya. Contohnya, pada pemilik anjing menjadi lebih banyak latihan fisik dengan berjalan-jalan. Selain itu, pemilik kucing juga dapat merasakan penurunan rasa cemas. Di samping itu, dengkuran yang dihasilkan oleh hewan ini juga kerap dianggap menenangkan.

Baca juga: Hewan Peliharaan Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental, Benarkah?

3. Pendidikan untuk Anak

Merawat hewan peliharaan juga bermanfaat untuk mendidik anak-anak dalam bertanggung jawab atas makhluk hidup, melakukan rutinitas, dan lebih disiplin. Hal ini juga dapat menanamkan nilai-nilai hidup, seperti empati dan rasa hormat. Meski begitu, pengawasan oleh orangtua tetap harus dilakukan jika anak terlalu kecil.

4. Manfaat Sosial

Kamu juga dapat bersosialisasi dengan pemilik hewan peliharaan lainnya. Perbincangan tentang cara pemeliharaan yang baik, pemberian makan yang tepat, dan hal lainnya membuat kamu menjadi lebih banyak mendapatkan kenalan. Untuk orang yang hidup sendiri, tentu hal ini menjadi sesuatu yang positif.

5. Meningkatkan Endorfin

Pada sebuah studi oleh CDC, disebutkan bahwa berinteraksi dan berolahraga dengan anjing dapat meningkatkan endorfin di dalam tubuh yang dapat menimbulkan perasaan bahagia. Hal ini mampu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah dengan menurunkan trigliserida. Kasus yang sama juga terjadi pada seseorang yang memelihara kucing karena dapat menurunkan tingkat stres.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan juga sudah sering digunakan untuk membantu terapi pada orang-orang yang sakit di beberapa sanatorium. Hingga hari ini, metode ini masih dilakukan di beberapa rumah sakit di seluruh dunia. Maka dari itu, memang hewan dapat memberikan manfaat langsung untuk meningkatkan fungsi fisik, sosial, emosional, dan kognitif seseorang.

Dengan banyaknya manfaat dari hewan peliharaan yang bisa diberikan pada lingkungannya, tentu kamu tidak perlu lagi ragu untuk memilikinya satu di rumah. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan jika memiliki hewan peliharaan memerlukan komitmen yang panjang. Kamu harus memperlakukannya layaknya keluarga, yang melewati masa sehat dan sakit bersama-sama.

Memang memelihara hewan di rumah tidak mudah. Jika memiliki pertanyaan terkait hewan peliharaan, kamu bisa langsung mengajukannya pada dokter hewan dari Halodoc. Untuk melakukan interaksi ini, kamu perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ayo, unduh aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan ini!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Iberdrola. Diakses pada 2021. The power of pets: great allies in achieving well-being.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan