Ketahui Pengaruh Lingkungan bagi Perkembangan Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Juli 2022

“Faktor lingkungan adalah salah satu yang dapat memengaruhi perkembangan anak. Hal ini termasuk ikatan emosional yang dibuat orang tua dan pengaruh tempat tinggalnya.”

Ketahui Pengaruh Lingkungan bagi Perkembangan AnakKetahui Pengaruh Lingkungan bagi Perkembangan Anak

Halodoc, Jakarta – Perkembangan anak dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu lingkungan dan cara pengasuhan. Maka dari itu, setiap orang tua perlu menciptakan lingkungan yang baik bagi anak agar tumbuh dengan baik.

Faktor lingkungan sendiri tempat anak tumbuh, seperti keluarga, rumah, tetangga, dan sekolah. Sebab, anak banyak belajar melalui interaksi yang terjadi pada lingkungannya dan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Namun, seberapa besar pengaruh lingkungan pada pertumbuhan anak

Pengaruh Lingkungan dalam Perkembangan Anak

Mengutip jurnal dari The National Academies, lingkungan sangat penting pada pembentukan anak di tahun-tahun awal kehidupan mereka. Pengaruh dari eksternal ini dapat memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhannya hingga besar.

Lingkungan ini termasuk tempat dirinya menghabiskan banyak waktu, seperti rumah, sekolah, tempat penitipan anak, lingkungan sekitar, dan lainnya.

Lalu, apa saja sih faktor lingkungan lainnya yang dapat memengaruhi perkembangan anak?

1. Ikatan Emosional yang Dibentuk Orang Tua

Rumah adalah lingkungan paling dasar tempat anak mempelajari banyak hal. Sejak lahir, lingkungan emosional ini yang dilihat dan dirasakan, sehingga membentuk kepribadiannya. Orang tua dapat membantu dirinya memahami dan belajar cara mengekspresikan cinta dan rasa takut.

Hal ini dapat mengajari anak untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ada di dekatnya. Hubungan sentimental dengan orang tuanya selama usia mudanya dapat membantu membuatnya merasa percaya diri.

Maka dari itu, setiap orang tua perlu meluangkan waktu untuk menunjukkan pada anak jika mencintainya. Genggam tangannya setiap ada kesempatan dan berikan waktu untuk menceritakan harinya.

2. Pengaruh Lingkungan secara Fisik

Lingkungan juga dapat memberikan pengaruh pada anak secara fisik. Anak yang tinggal di lingkungan sempit dan bising, kepribadiannya tentu akan terpengaruh. Lingkungan yang tidak menyenangkan daat membuat anak menutupi hal-hal negatif, sehingga lebih tertutup.

Pemilihan sekolah yang tepat juga dapat menjadi tanggung jawab orang tua. Dengan memperhatikan segala aspek yang ada di sekolah, seperti kegiatan, guru, dan teman-temannya, ini menandakan jika kamu peduli sebagai orang tua.

3. Kesehatan dan Nutrisi

Kesehatan yang terjaga dan nutrisi yang seimbang adalah salah satu faktor lingkungan yang memengaruhi perkembangan anak. Jika hal ini tidak diperhatikan, kebiasaan makan yang tidak sehat pada anak-anak dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, kelainan pertumbuhan, dan komplikasi lainnya.

4. Dukungan Belajar

Pemberian dukungan untuk belajar pada anak bukan hanya di sekolah, tetapi juga di lingkungan rumah. Hal ini dapat merangsang perkembangan mentalnya. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan kognitif, linguistik, emosional, hingga motorik.

Anak yang memiliki rumah dengan kondisi tenang dan penuh kasih sayang, tentu lebih fokus pada peningkatan kemampuannya. Kurangnya dukungan dari lingkungan dapat perkembangan kemampuan bahasa dan bicaranya lebih lambat.

Itulah beberapa faktor lingkungan yang dapat memengaruhi perkembangan anak. Maka dari itu, setiap orang tua perlu memperhatikan hal ini agar anak tumbuh dengan baik. Tanpa adanya dukungan dari lingkungan yang baik, perkembangannya mungkin lebih lambat dibandingkan anak-anak seusianya.

Jika memiliki pertanyaan lainnya terkait faktor lingkungan pada perkembangan anak, dokter dari Halodoc bisa lho membantu untuk menjawabnya melalui fitur tanya dokter. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa digunakan melalui smartphone di tangan. Gunakan segera aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
The National Academies. Diakses pada 2022. Children’s Health, The Nation’s Wealth.
Mom Junction. Diakses pada 2022. How Does The Environment Influence A Child’s Growth And Development?
First Cry. Diakses pada 2022. 5 Important Factors That Influence Early Childhood Development.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan