• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kulit Kering dan Berjerawat, Ini 5 Perawatan yang Tepat

Kulit Kering dan Berjerawat, Ini 5 Perawatan yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Jerawat sering dikaitkan dengan kulit berminyak. Namun, bukan tidak mungkin juga terjadi pada kulit kering. Karena pada dasarnya apapun yang menyumbat pori-pori dapat menyebabkan jerawat. Inilah yang perlu kamu ketahui mengenai kulit kering dan berjerawat dan apa yang dapat kamu lakukan untuk merawatnya. 

Merawat jerawat di kulit kering bisa jadi hal yang sulit. Banyak produk perawatan kulit berjerawat yang kamu temukan di pasaran biasanya dibuat untuk orang-orang berkulit berminyak dan bisa terlalu mengeringkan untuk jenis kulit kering. Untungnya sekarang ada lebih banyak produk kulit khusus mengobati jerawat pada kulit kering. Langkah-langkah berikut akan membantu kamu dalam merawat kulit kering sambil mengendalikan jerawat.

Baca juga: Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

1. Pilih Produk yang Tepat

Perlu kamu ketahui bahwa perawatan jerawat akan menyebabkan kekeringan pada kulit wajah. Obat jerawat yang dijual bebas yang mengandung pembau atau pledgets, larutan astringen, dan gel berbasis air cenderung lebih kering daripada bentuk lainnya. Kamu mungkin akan lebih menyukai perawatan berbentuk losion, krim, atau salep. Hanya saja produk seperti ini lebih emolien dan kurang kering sehingga tidak ampuh untuk jerawat. 

Jika kamu menggunakan obat jerawat yang diresepkan dokter kulit pada aplikasi Halodoc, beri tahu dokter bahwa kulit kamu cenderung kering sehingga ia dapat memilihkan resep yang paling tepat untuk kamu. 

2. Beri Kulit Waktu untuk Menyesuaikan

Kekeringan, pengelupasan, dan iritasi biasanya penyesuaian yang paling tidak nyaman selama beberapa minggu pertama setelah memulai perawatan jerawat. Untuk mengatasi ini, sikap yang paling baik adalah memulai dengan perlahan dan sabar. 

Cobalah gunakan perawatan setiap hari atau hanya tiga hari seminggu pada awalnya sembari menunggu penyesuaian pada kulit. Jika perawatan jerawat topikal menghasilkan kemajuan yang lambat dan stabil, beri tahu dokter kulit.

Dokter mungkin merekomendasikan untuk membiarkan resep obat menempel pada jerawat selama 20 atau 30 menit dan kemudian membasuhnya. Ini akan membuat kulit menyesuaikan tanpa menjadi terlalu iritasi. 

Baca juga: 3 Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Kamu juga dapat membiarkan perawatan diatur untuk periode yang lebih lama selama beberapa minggu sampai kamu dapat membiarkannya sepanjang hari (atau malam hari) agar kulit menjadi terlalu kering. Jika kulit kering teriritasi, sebaiknya hentikan penggunaan perawatan jerawat selama beberapa hari. Beri napas pada kulit. Setelah kulit terasa lebih baik, kamu bisa memulai lagi secara perlahan untuk menggunakan obat perawatan. 

3. Aplikasikan Pelembab Harian

Penggunaan pelembap secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang perlu dilakukan untuk mengatasi kekeringan pada kulit. Pelembap membantu menjaga kelembaban kulit dan bertindak sebagai penghalang oklusif untuk melindungi kulit. Bubuhkan pelembap yang baik sesering yang diperlukan untuk menjaga kulit kering, tetapi setidaknya dua kali sehari. 

Dengan berhati-hati memilih pelembab dengan hati-hati, kamu tidak perlu khawatir pelembabnya rusak. Cari merek yang bebas minyak, noncomedogenic, atau nonacnegenic. 

4. Gunakan Sabun Pembersih Tanpa Busa

Sabun pembersih tanpa busa, biasanya lebih kering daripada sabun yang berbusa. Coba rasakan bagaimana rasanya kulit kamu, kulit yang sangat kencang, kering, atau gatal setelah dibersihkan adalah pertanda bahwa produk tersebut bukanlah produk yang tepat. Alih-alih sabun, produk tersebut dibuat dengan deterjen sintetis yang lebih lembut. 

Baca juga: Alasan Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat

5. Hindari Overwashing

Jangan terlalu sering mencuci kulit wajah. Mencuci atau membersihkan kulit wajah dua kali sehari sudah cukup dilakukan. Jika kamu tidak berkeringat atau kotor, kamu cukup hanya mencuci muka setiap malam saja. Mencuci wajah dengan air biasa sebenarnya sudah cukup. Jika kamu perlu menghapus sisa makeup, coba gunakan pembersih makeup berbahan dasar minyak dan bebas pewangi. 

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. How to Treat Acne With Dry Skin.