Alasan Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alasan Kulit Berminyak Lebih Mudah Berjerawat

Halodoc, Jakarta - Kulit adalah salah satu bagian sensitif pada tubuh, terutama kulit wajah. Terdapat beberapa jenis kulit pada manusia, yaitu kulit kering dan kulit berminyak. Kulit berminyak dapat terjadi pada siapapun, baik pada pria maupun wanita.

Kulit berminyak juga disebut-sebut rentan menyebabkan jerawat. Tidak sedikit orang yang beranggapan memiliki kulit berminyak adalah hal yang menyebalkan. Walau begitu, jerawat umumnya terjadi pada usia remaja.

Beberapa orang dengan kulit berminyak dapat mengalami jerawat yang ringan hingga parah. Pada seseorang yang kulit wajahnya berminyak, kelenjarnya dapat mencegah kulit kering. Selain itu, orang dengan kulit berminyak memiliki kulit yang lebih tebal dan elastis.

Penyebab Kulit Berminyak Mudah Berjerawat

Seseorang yang mempunyai kulit berminyak mempunyai banyak pori-pori. Hal tersebut berfungsi untuk mengeluarkan keringat dari tubuh dan tempat keluarnya minyak. Kedua hal itu adalah faktor-faktor yang penting untuk tubuh.

Keringat yang keluar dari kulit dapat mempertahankan suhu tubuh. Sedangkan, minyak yang dikeluarkan dapat melindungi kulit kamu. Selain itu, seseorang dengan pori-pori besar kemungkinan besar memiliki kulit yang berminyak.

Ketika pori-pori tersebut jarang dibersihkan dan debu atau kotoran dapat menempel. Minyak pada wajah dapat bercampur dengan debu atau kotoran, sehingga menyumbat pori-pori. Jika hal tersebut terjadi, jerawat pun dapat muncul di wajah.

Fluktuasi hormon juga dapat terjadi ketika wanita mengalami menstruasi, sehingga lebih rentan untuk menimbulkan jerawat. Saat hal itu terjadi, kamu dapat mencegahnya dengan rajin mencuci muka dan menjaga wajah tetap bebas minyak.

Baca juga: 5 Cara Simple Cegah Jerawat

Penyebab Kulit Berminyak pada Wajah

Kulit berminyak memang dapat disebabkan oleh banyak hal. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi kulit, sehingga hal tersebut terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab dari kulit berminyak pada wajah:

  1. Faktor Genetik

Kulit yang berminyak dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Apabila salah satu orangtua kamu memiliki jenis kulit tersebut, kemungkinan kamu juga dapat mengalami hal yang sama.

  1. Faktor Usia

Seseorang yang lebih muda akan menghasilkan minyak yang lebih banyak pada kulitnya. Seseorang yang lebih tua akan menghasilkan lebih sedikit minyak. Hal tersebut dikarenakan tubuh kehilangan beberapa protein, seperti kolagen dan kelenjar sebaceous.

  1. Pori-Pori yang Membesar

Pori-pori pada tubuh seseorang dapat meregang seiring bertambahnya usia, peningkatan berat badan, dan jerawat yang sebelumnya terjadi. Kondisi tersebut dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Kamu dapat mencegah timbulnya jerawat dengan rajin mencuci wajah.

  1. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Sesuai

Kulit yang berminyak juga dapat disebabkan produk perawatan kulit yang kamu gunakan. Kamu harus mengetahui kandungan yang tidak cocok dengan kulit kamu. Kamu juga dapat menyesuaikan produk yang digunakan dengan musim yang sedang terjadi.

Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat

Hal yang Dapat Kamu Lakukan Cegah Kulit Berminyak?

Kulit berminyak pada tubuh kamu tidak selalu menyebabkan hal yang buruk. Kelebihan dari hal tersebut adalah wajah kamu tidak mudah berkerut dibandingkan seseorang dengan kulit kering. Untuk mencegah jerawat dikarenakan kulit berminyak, kamu dapat melakukan beberapa hal, seperti:

  1. Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Salah satu cara yang mudah untuk mencegah kulit berminyak adalah dengan membersihkan wajah dua kali setiap hari. Walau begitu, kamu dilarang melakukannya terlalu sering. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Menggunakan Astringen

Zat astringen adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol minyak. Hal tersebut membantu untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan mengencangkan pori-pori kulit kamu.

  1. Jangan Menggosok Kulit

Seseorang dengan kulit berminyak sering menggosok kulitnya. Padahal, cara tersebut tidak berdampak apapun. Selain itu, hal tersebut juga dapat menyebabkan iritasi pada wajah.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Mengalami masalah kulit? Halodoc bisa jadi solusinya! Dengan aplikasi ini, kamu bisa berdiskusi dengan dokter terpercaya melalui Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantar dalam waktu kurang dari satu jam. Mudah kan? Yuk, segera download aplikasinya di smartphone kamu!