Lakukan 5 Hal Ini saat Liburan di Rumah Saja

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   06 Januari 2021
Lakukan 5 Hal Ini saat Liburan di Rumah SajaLakukan 5 Hal Ini saat Liburan di Rumah Saja

Halodoc, Jakarta – Di tengah kondisi yang tidak menentu, yaitu di tengah pandemi virus corona, masyarakat diimbau untuk tidak banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Termasuk saat musim liburan. Disarankan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah saja. Terdengar membosankan? Eits, siapa bilang liburan di rumah tidak bisa menyenangkan? 

Selain untuk menjaga kesehatan diri dan memutus penularan virus corona, mengurangi aktivitas di luar rumah bisa menjadi pilihan saat liburan. Ada sejumlah aktivitas yang bisa coba dilakukan bersama anggota keluarga untuk membuat momen liburan lebih berkesan. Tentu saja, dibarengi dengan penerapan pola hidup bersih agar selalu sehat dan terhindar dari serangan virus. 

Baca juga: 5 Aktivitas yang Direkomendasikan untuk Anak Mengisi Liburan

Aktivitas saat Liburan di Rumah 

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan di rumah. Selain menyenangkan, cara ini juga bisa membangun kedekatan dengan anggota keluarga lain. Apa saja tips liburan di rumah yang bisa dicoba? 

1.Memasak dan Membuat Kue 

Saat berlibur di rumah, ajaklah semua anggota keluarga untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, misalnya memasak atau membuat kue. Biar lebih sehat, pilihlah jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi kemudian nikmati bersama seluruh anggota keluarga di rumah.

2.Menonton Film 

Saat liburan di rumah, kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan menonton film. Aturlah ruangan senyaman mungkin untuk menghabiskan waktu bersama. Kamu juga bisa menikmati film pilihan sambil menikmati makanan atau kue yang sebelumnya dibuat. 

3.Mencoba Hobi Baru 

Mengisi waktu saat liburan juga bisa dilakukan dengan mencoba hobi baru atau hobi yang sebelumnya disukai. Buatlah liburan menjadi lebih menyenangkan dengan melakukan aktivitas menyenangkan bersama orang-orang tersayang. Kamu juga bisa mencoba untuk berolahraga ringan di rumah, sebab menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah hal yang penting dilakukan, meskipun sedang berlibur. 

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

4.Mendekorasi Ruangan 

Liburan tahun baru rasanya cocok diisi dengan hal-hal yang baru, termasuk suasana rumah. Nah, kamu bisa mengajak orangtua atau anggota keluarga lainnya untuk mendekorasi ulang rumah atau ruangan berkumpul. Mendekorasi rumah bisa dilakukan dengan mengecat, mengganti hiasan dinding, atau sekadar menempelkan kerajinan tangan yang dibuat sambill berkumpul bersama keluarga. 

5.Periksa Kesehatan bersama Keluarga 

Di tengah liburan di rumah, tidak ada salahnya untuk terus memantau kondisi keluarga diri sendiri dan keluarga. Apalagi jika ada acara kumpul-kumpul di rumah. Pastikan semua anggota keluarga selalu sehat, sehingga tidak saling menularkan virus penyebab penyakit. Untuk memastikannya, kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga melakukan pemeriksaan, misalnya rapid test. 

Rapid test atau tes antibodi dilakukan dengan menggunakan sampel darah. Nantinya, sampel darah yang sudah diambil akan dibawa ke laboratorium untuk diamati. Tujuannya untuk mendeteksi kemungkinan terbentuknya antibodi yang dihasilkan tubuh untuk melawan virus. Sebab, terbentuknya antibodi bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan virus atau reaktif. Selain rapid test, kamu juga bisa mencoba tes COVID-19 lainnya, yaitu PCR dan swab Antigen. 

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Swab Test Mandiri

Bingung mau melakukan tes COVID-19 bersama keluarga di mana? Coba cari tahu pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa menggunakan Halodoc untuk mencari tahu layanan rapid test antigen maupun PCR terdekat. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Genkent. Diakses pada 2020. 6 Activities for a Healthy Holiday at Home.
Mental Itch. Diakses pada 2020. Making the Most of at-home Holidays: Family Activities to Try Out.
WHO. Diakses pada 2020. Advice on the use of point-of-care immunodiagnostic tests for COVID-19.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan