• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Ini Untuk Atasi Anak Cengeng dan Rewel
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lakukan Ini Untuk Atasi Anak Cengeng dan Rewel

Lakukan Ini Untuk Atasi Anak Cengeng dan Rewel

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 09 Maret 2021
Lakukan Ini Untuk Atasi Anak Cengeng dan RewelLakukan Ini Untuk Atasi Anak Cengeng dan Rewel

Menangis adalah hal yang sering dilakukan oleh bayi atau anak-anak, biasanya untuk menunjukkan emosi atau hal tertentu. Sayangnya, orangtua sering kali dibuat bingung karena tidak bisa mengerti apa yang ingin disampaikan bayi. Alhasil, Si Kecil akan menjadi lebih rewel dan terus menangis karena keinginannya tidak terpenuhi. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Anak cengeng dan rewel biasanya bukan tanpa sebab, pasti ada alasan di balik tangisannya. Maka dari itu, penting bagi ayah dan ibu untuk mengetahui apa alasan anak menangis. Mungkin, bayi menangis untuk menunjukkan rasa tidak nyaman, lapar, atau bahkan gejala penyakit tertentu. Biar lebih jelas, cari tahu cara dan tips mengatasinya di sini!

Baca juga: Waspada Bayi Rewel Karena Kolik Infantil

Tips Mengatasi Bayi yang Sering Menangis

Saat bayi menangis terus-menerus dan menjadi lebih rewel, ayah dan ibu mungkin akan merasa bingung. Namun, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya:

1. Cari Tahu Keinginan Si Kecil

Ketika Si Kecil belum lancar berbicara, menangis sering dijadikan cara untuk menyampaikan keinginannya. Maka dari itu, penting untuk mencari tahu apa penyebab bayi menangis. Bayi bisa menangis saat merasa tidak nyaman, lapar, haus, meminta sesuatu, atau sekadar mencari perhatian dari orangtua. Kalau itu alasannya, cobalah untuk menenangkan Si Kecil dengan pelukan dan tanya dengan suara lembut mengenai hal yang diinginkannya.

2. Sabar Menenangkan Si Kecil

Anak-anak memang sulit dilarang, alhasil mereka akan memangis jika keinginannya tidak terpenuhi. Kalau sudah begini, Si Kecil biasanya akan terus menangis dan membuat orangtua kebingungan. Mendidik si kecil memang tidak mudah, butuh kesabaran untuk menenangkan. Ketika anak mulai rewel, bicaralah dengan cara yang lembut tapi tegas. Jangan memarahi atau membentak, karena justru membuat Si Kecil takut atau semakin marah sehingga menangis lebih kencang.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Dia 9 Cara Ampuh Mengatasi Bayi Menangis

3. Mengalihkan Perhatian

Saat Si Kecil menangis terus dan semakin rewel, cobalah untuk mengalihkan pikirannya. Sebenarnya, tidak apa-apa untuk membiarkan anak menangis sejenak untuk meluapkan emosi. Saat sudah mulai tenang, coba ajak anak berbicara untuk mengalihkan perhatiannya, sehingga tidak meneruskan tangisan sebelumnya.

4. Berikan Pelukan

Saat Si Kecil tiba-tiba rewel tak usah ragu untuk memberikan pelukan untuknya. Apalagi saat berada di tempat ramai, tangisannya tentu bisa menarik perhatian orang sekitar. Tenangkan anak dengan pelukan dan bisikkan kata-kata lembut untuk menenangkannya. Ajak Si Kecil ke tempat yang sepi dan ajak ia bicara. Setelah itu, orangtua bisa mengajaknya kembali melakukan aktivitas lagi.

Hal terpenting dalam menghadapi anak yang rewel adalah dengan tidak memaksakan sesuatu padanya dan bicara dengan nada keras. Anak menangis juga bisa menjadi tanda ada yang salah dengan tubuhnya, atau sedang merasa sakit. Maka dari itu, ayah dan ibu harus selalu mewaspadai dan tahu kapan waktu yang tepat untuk menanggap tangisan anak sebagai hal yang berbahaya.

Baca juga: Bayi Sering Menangis Tengah Malam, Apa Sebabnya?

Jika anak menangis disertai dengan gejala penyakit tertentu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Jika ragu, ibu bisa mencoba menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan yang dialami anak dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!


Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Why Is My Baby Crying?
Baby Center. Diakses pada 2021. 12 Reasons Why Your Baby Is Crying and How To Soothe Them.
Parents. Diakses pada 2021. 11 Genius Ways to Make a Baby Stop Crying.