Lezat dan Bergizi, Ini Manfaat Ikan Kembung bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 November 2022

“Ternyata ada banyak manfaat ikan kembung bagi kesehatan. Seperti misalnya meningkatkan kesehatan jantung hingga mencegah gangguan pada otak.”

Lezat dan Bergizi, Ini Manfaat Ikan Kembung bagi KesehatanLezat dan Bergizi, Ini Manfaat Ikan Kembung bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi ikan menjadi kebiasaan sehat yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi. Ada banyak jenis ikan yang bisa nikmati, salah satunya ikan kembung. Ikan jenis ini sering dibandingkan dengan ikan tuna karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap. Meskipun begitu, harganya relatif lebih murah dibandingkan ikan tuna.

Ikan kembung dikenal juga sebagai ikan makarel. Ikan ini memiliki kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Sebaiknya ketahui berbagai manfaat ikan kembung untuk kesehatan berikut ini!

Ketahui Manfaat Ikan Kembung

Ada berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam ikan kembung, seperti:

  • Protein.
  • Lemak sehat.
  • Vitamin B.
  • Folat.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Vitamin D.
  • Potasium.

Begitu banyak kandungan nutrisi di dalamnya membuat ikan ini bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat ikan kembung yang bisa kamu rasakan untuk kesehatani:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ikan kembung memiliki jumlah omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan ini mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh. 

Memiliki tekanan darah dan kolesterol yang terkontrol dengan baik membuat jantung dapat berfungsi dengan baik. Hal ini tidak akan membuat jantung bekerja lebih keras yang berisiko memicu berbagai gangguan kesehatan.

2. Mengurangi Risiko Penurunan Kognitif Lansia

Mengonsumsi banyak ikan ini dapat mencegah penurunan kognitif saat seseorang memasuki usia lanjut. Mengonsumsi makanan, seperti ikan dapat memenuhi kebutuhan EPA dan DHA yang terkait dengan peningkatan fungsi kognitif pada pengidap penyakit Alzheimer yang ringan.

3. Mencegah Gangguan pada Otak

Omega-3 dalam ikan kembung berperan penting untuk perkembangan otak, khususnya pada anak-anak. Kandungan ini akan meningkatkan fungsi otak menjadi lebih baik. Bahkan, terpenuhinya kebutuhan omega-3 dengan baik dapat mengurangi risiko masalah kesehatan mental, seperti depresi hingga gangguan bipolar.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat ikan kembung lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Vitamin D dalam ikan kembung membantu proses metabolisme fosfor dan kalsium. Kedua mineral ini diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kekuatan kesehatan tulang.

5. Mencegah Anemia

Ikan kembung dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang bisa mencegah kamu mengalami anemia. Seperti misalnya, zat besi, vitamin B12, dan asam folat.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mengonsumsi ikan kembung. Ikan ini memiliki kandungan lemak sehat dan protein yang membantu menurunkan hormon ghrelin. Hormon ini merupakan hormon yang dapat memengaruhi rasa lapar.

Itulah berbagai manfaat ikan kembung yang bisa kamu ketahui untuk kesehatan. Pastikan kamu mengolah ikan kembung dengan tepat dalam tingkat kematangan yang optimal untuk menghindari efek samping yang negatif.

Waspada Alergi Ikan

Hampir serupa dengan semua jenis ikan laut, ikan kembung dapat menyebabkan gejala alergi pada orang yang memiliki alergi terhadap makanan laut. Untuk itu, selalu pastikan kondisi kesehatan setelah mengonsumsi ikan laut ini.

Ada beberapa gejala yang perlu kamu perhatikan terkait alergi terhadap makanan, seperti:

  • Mengi.
  • Lidah bengkak.
  • Diare.
  • Pingsan.
  • Mual.

Segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit jika kamu mengalami keluhan kesehatan terkait dengan kondisi ini. Buatlah janji pemeriksaan menggunakan Halodoc agar pemeriksaan dapat berjalan lancar. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Mackerel?
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Mackerel Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan