Makanan Sehat untuk Tingkatkan Imun Anak di Tengah Pandemi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Juli 2021
Makanan Sehat untuk Tingkatkan Imun Anak di Tengah PandemiMakanan Sehat untuk Tingkatkan Imun Anak di Tengah Pandemi

“Imun anak harus terjaga agar terhindar dari risiko terserang penyakit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan Si Kecil, terutama di tengah pandemi virus corona. Seperti diketahui, virus ini masih mengancam dunia dan sudah menelan banyak korban.” 

Halodoc, Jakarta – Imun anak harus dijaga agar tetap sehat, terutama di tengah pandemi virus corona yang masih terjadi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Apa saja jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas anak di tengah pandemi? 

Kabar baiknya, jenis makanan yang disarankan cukup mudah ditemui dan sangat mungkin disukai oleh Si Kecil, karena memiliki rasa yang beragam. Beberapa jenis makanan juga masuk dalam kategori makanan ringan, sehingga bisa dikonsumsi kapan saja. Biar lebih jelas, cari tahu jenis-jenis makanan yang bisa dikonsumsi anak di artikel berikut! 

Baca juga: Pentingnya Imunitas dan Protokol Kesehatan Anak di Masa Pandemi

Tingkatkan Imun Anak dengan Makanan 

Mengonsumsi makanan sehat bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di tengah pandemi corona, hal ini penting dilakukan agar terhindar dari risiko infeksi. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun anak, di antaranya: 

  • Yoghurt 

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi anak adalah yogurt. Kandungan probiotik dalam yogurt disebut bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, ternyata jenis makanan ini juga baik untuk mencegah penyakit. Ada penelitian yang menyebut bahwa konsumsi yogurt secara rutin bisa membantu menurunkan risiko terserang flu, sakit tenggorokan, hingga infeksi telinga. 

  • Susu Kefir 

Tidak berbeda jauh dengan yoghurt, susu fermentasi ini juga banyak mengandung probiotik. Ibu bisa mempertimbangkan untuk memasukkan minuman ini ke dalam menu makan harian. Hingga kini, belum banyak bukti yang menunjukkan khasiat susu kefir. Namun, dari sebuah penelitian yang dilakukan terlebih dahulu, diketahui bahwa jenis susu ini bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

Baca juga: Ini Tips Ampuh untuk Meningkatkan Imun Keluarga

  • Kacang Kenari 

Kacang kenari atau walnuts juga bisa menjadi “makanan super” untuk meningkatkan imunitas anak. Sebab, jenis makanan ini kaya akan kandungan lemak sehat omega-3. Perlu diketahui, jenis lemak ini dikenal baik untuk tubuh dan bisa memberikan manfaat untuk kesehatan secara menyeluruh. Makanan ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menurunkan risiko infeksi pada anak. 

  • Buah dan Sayuran 

Bukan lagi rahasia bahwa rutin mengonsumsi buah dan sayuran bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Biar terhindar dari penyakit, ayah dan ibu bisa mendorong Si Kecil untuk mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti strawberry, brokoli, dan berries. Permasalahan yang mungkin dihadapi adalah anak-anak cenderung enggan makan sayur. 

Untuk menyiasatinya, ibu bisa mencoba untuk membuat kreasi makanan dengan bahan dasar sayuran, misalnya goreng brokoli tepung. Selain itu, cobalah untuk menarik perhatian anak dengan menyajikan beragam makanan sehat yang penuh warna. Ibu bisa mengisi piring makan anak dengan makanan sehat seperti brokoli, wortel, dan kentang. 

Baca juga: Anak Mudah Sakit, Perlukah Lakukan Tes Imunologi?

Jika Si Kecil masih susah untuk makan sayur, jangan khawatir. Ibu bisa mencoba memberi suplemen khusus yang banyak dijual di pasaran. Saat ini, ada produk suplemen yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dari sayur dan buah untuk anak. Biar lebih mudah, beli suplemen di aplikasi Halodoc saja. Pesanan obat akan dikirim ke rumah segera. Download Halodoc di sini!  

  • Daging Rendah Lemak 

Memasukkan daging rendah lemak ke menu makan anak juga bisa membantu meningkatkan imunitas. Nyatanya, jenis makanan ini kaya akan kandungan protein dan zinc yang bisa membantu tubuh melawan penyebab penyakit.

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Immunity-Boosting Snacks for Kids.
Super Healthy Kids. Diakses pada 2021. Top 10 Immune System Boosting Foods For Kids (with ideas and recipes!). 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan