Makanan yang Bisa Membantu Program Hamil Anak Perempuan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Juni 2023
Makanan yang Bisa Membantu Program Hamil Anak PerempuanMakanan yang Bisa Membantu Program Hamil Anak Perempuan

Halodoc, Jakarta - Gender janin dalam kandungan memang kuasa Tuhan. Namun, tidak ada salahnya untuk berusaha, agar gender anak yang terlahir sesuai dengan keinginan orangtua. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi jika ibu menginginkan anak perempuan. Berikut ini makanan peningkat peluang hamil anak perempuan:

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

1. Makanan yang Mengandung Magnesium

Makanan peningkat peluang hamil anak perempuan yang pertama adalah memiliki kandungan magnesium dan kalsium. Mengonsumsi makanan tersebut, disertai dengan hubungan seksual yang rutin, maka akan meningkatkan persentase kehamilan perempuan. Makanan dengan kandungan magnesium dapat diperoleh dari buncis, wijen, dan kedelai.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi makanan peningkat peluang hamil anak perempuan selanjutnya. Kandungan magnesium pada kacang dapat mematangkan sel telur dan membuat tubuh ibu menerima sperma pembawa kromosom X perempuan. Kacang juga mengandung asam oleat dan asam palmitoleat, yang membuat vagina menjadi lebih asam, sehingga sperma jantan tidak dapat bertahan hidup lebih lama.

3. Makanan yang Mengandung Tinggi Kalsium

Makanan tinggi kalsium menjadi daftar makanan untuk meningkatkan peluang hamil anak perempuan. Salah satu makanan dengan kandungan tinggi kalsium adalah kuning telur. Kuning telur dan produknya olahannya menjadi makanan peningkat peluang hamil anak perempuan. Sifat asam di dalamnya mampu meningkatkan pH pada vagina, sehingga sperma Y sulit bertahan.

4. Makanan yang Mengandung Asam

Makanan dengan rasa asam mampu meningkatkan persentase kehamilan anak perempuan. Berkaitan dengan hal tersebut, ibu bisa mengonsumsi yoghurt, apel, jeruk, pir, nanas, jeruk keprok, hingga aprikot.

Baca juga: Perkembangan Janin Usia 1 Minggu

5. Ikan Salmon

Mengonsumsi ikan salmon dapat meningkatkan peluang hamil anak perempuan karena kandungan protein, omega 3, vitamin D, dan asam lemak di dalamnya. Sejumlah kandungan tersebut membuat vagina menjadi lebih asam, sehingga sperma dengan kromosom X dapat bertahan hidup lebih lama.

6. Jangan Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Tinggi Garam

Jika ingin hamil anak perempuan, ibu disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan tinggi garam, serta membatasi asupan garam. Sebaiknya ganti makanan asin dengan makanan tinggi kalsium atau magnesium.

7. Buah Tin

Buah tin menjadi salah satu makanan peningkat peluang hamil anak perempuan. Rasa manis buah tersebut membuat kandungan pH menjadi lebih asam. Selain itu, buah tin mengandung tinggi zat besi yang baik dalam meningkatkan persentase kehamilan.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kacang-kacangan, dan brokoli dinilai dapat meningkatkan peluang hamil anak perempuan. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin A, C, K, dan antioksidan yang baik dalam menunjang kesehatan tubuh.

Baca juga: Inilah 6 Hal yang Menandakan Kehamilan Palsu

Itulah sejumlah makanan peningkat peluang hamil anak perempuan. Selain makanan sehat bergizi seimbang, ibu dapat menunjang kehamilan dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan yang dibutuhkan tubuh. Untuk membelinya, ibu dapat menggunakan fitur “beli obat” di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2021. What’s the Right Diet to Conceive a Girl?
Babyology.com.au. Diakses pada 2021. Hoping to conceive a girl? Here’s what you need to eat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan