Manfaat Ampas Kopi untuk Menghitamkan Rambut

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Desember 2021
Manfaat Ampas Kopi untuk Menghitamkan RambutManfaat Ampas Kopi untuk Menghitamkan Rambut

Cara menghitamkan rambut secara alami ternyata cukup mudah. Bahan-bahan yang digunakan juga tersedia di sekitar, salah satunya kopi. Menggunakan ampas kopi sebagai masker rambut disebut bisa membantu menyamarkan warna putih dari rambut uban dan membuatnya terlihat lebih berkilau.”

Halodoc, Jakarta – Menghitamkan rambut ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Benarkah salah satunya kopi? Sejauh ini, banyak orang yang percaya bahwa ampas kopi bisa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Katanya, kopi memiliki kandungan zat yang bisa membantu mengatasi masalah pada warna rambut. 

Biasanya, cara membuat rambut kembali hitam banyak dicari oleh orang-orang yang sudah lanjut usia atau sudah memiliki rambut putih alias uban di kepalanya. Daripada menggunakan pewarna berbahan kimia di salon, beberapa orang mungkin lebih memilih untuk memanfaatkan bahan alami. Selain lebih mudah dan murah, bahan-bahan alami biasanya memiliki risiko efek samping yang minim.

Beragam Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami 

Kembali ke pertanyaan awal, apakah ampas kopi bisa digunakan untuk menghitamkan rambut? Jawabannya bisa. Hal ini bisa didapat berkat kandungan kafein yang ada di dalam kopi dan dipercaya bisa membuat warna rambut lebih hitam. Ampas kopi juga disebut bisa membantu menggelapkan warna rambut uban. 

Untuk membuat rambut lebih hitam, kamu bisa membuat masker rambut dengan bahan dasar kopi hitam. Buatlah pasta untuk masker rambut dengan menyeduh kopi hitam dengan air, kemudian saring ampasnya. Campurkan ampas kopi dengan kondisioner rambut secukupnya, lalu aplikasikan pada rambut yang sudah setengah kering. Tutup rambut dan diamkan selama 40 menit hingga 1 jam. 

Setelah itu, bersihkan rambut dengan membilasnya menggunakan air bersih. Pastikan untuk mencuci rambut hingga benar-benar bersih dan tidak ada ampas kopi yang tersisa. Kemudian keringkan rambut dengan handuk bersih. Menghitamkan rambut dengan kopi mungkin membutuhkan waktu sedikit lama, tetapi hasil maksimal bisa didapat jika hal ini dilakukan secara rutin. 

Bahan Lain yang Bisa Dimanfaatkan 

Selain kopi, ada bahan alami lainnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut, antara lain: 

  1. Sage

Rempah ini ternyata bisa membantu membuat rambut lebih hitam alami. Kamu bisa mengoleskan bahan ini langsung ke rambut. Sage disebut memiliki kandungan pigmen yang bisa membantu menutupi uban secara alami. Kandungan antioksidan dalam daun ini juga disebut bisa mencegah dan mengurangi pertumbuhan uban kembali. 

  1. Minyak Kelapa 

Minyak kelapa sudah lama dikenal memiliki khasiat yang baik untuk rambut, termasuk menghitamkan rambut secara alami. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa bisa membuat rambut menjadi lebih sehat, kuat, dan terhindar dari risiko warna rambut memudar terlalu cepat. 

  1. Minyak Wijen 

Ada kandungan lemak omega 3 dan omega 6 dalam minyak wijen. Kedua bahan ini nyatanya bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Memanfaatkan minyak wijen untuk masker rambut juga bisa mencegah ujung rambut bercabang, sehingga kesehatannya terjaga termasuk warna rambut terlihat lebih sehat dan hitam alami. Penggunaan minyak wijen bisa membuat rambut terlihat lebih berkilau. 

Faktanya, ada banyak cara untuk menghitamkan rambut secara alami yang bisa dicoba. Kuncinya adalah kesabaran dan melakukan perawatan secara rutin. Dengan begitu, bahan alami yang digunakan bisa membantu menjaga kesehatan rambut secara menyeluruh. 

Cari tahu lebih lanjut seputar cara merawat kesehatan rambut dengan bertanya pada ahli kesehatan di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menanyakan gejala penyakit yang dialami dan mendapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Natural Hair Dyes: How to Color Your Hair at Home. 
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Using Coffee on Your Hair?
Hair Buddha. Diakses pada 2021. How to Use Sage Tea to Darken Grey Hair + 10 Amazing Health Benefits of Sage. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan