Manfaat Melakukan Squat Thrust bagi Tubuh Wanita

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Juli 2021
Manfaat Melakukan Squat Thrust bagi Tubuh WanitaManfaat Melakukan Squat Thrust bagi Tubuh Wanita

“Jika kamu hanya memiliki waktu sekitar 20 menit untuk berolahraga, squat thrust dapat memberikan manfaat yang maksimal pada tubuh. Ada banyak manfaat dalam melakukan gerakan ini, terlebih untuk tubuh wanita.”

Halodoc, Jakarta – Banyak wanita yang merasa perlu menjaga tubuhnya untuk tetap langsing agar terlihat cantik. Terlebih lagi pada wanita pasca melahirkan, bobot tubuhnya mungkin naik secara signifikan jika dibandingkan sebelum hamil.

Salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan pada wanita adalah dengan menerapkan metode squat thrust. Meski begitu, ada banyak manfaat lainnya dari gerakan olahraga ini.

Beberapa Manfaat dari Squat Thrust pada Tubuh Wanita

Squat thrust adalah latihan yang melibatkan gerakan jongkok-berdiri yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, massa otot, dan pembakaran lemak.

Aktivitas fisik ini melibatkan lebih banyak otot-otot di tubuh sehingga sangat efektif untuk membakar lemak. Selain itu, kamu tidak memerlukan peralatan dan waktu yang dibutuhkan juga relatif sebentar.

Baca juga: Meski Sederhana, Olahraga Squat Ternyata Punya Banyak Manfaat

Gerakan squat thrust memang salah satu latihan yang dapat membantu setiap orang untuk memperkuat seluruh tubuh. Meski begitu, jangan bingung untuk membedakan metode ini dengan burpee, karena keduanya adalah latihan yang berbeda.

Squat thrust bisa disebut sebagai gerakan burpee untuk tingkat pemula. Jika kamu sulit melakukan burpee, squat thrust dapat menjadi solusi tepat.

Perbedaan keduanya hanya pada gerakan lompat di akhir, saat melakukan squat thrust tidak perlu melompat. Langkah-langkah untuk melakukan gerakan ini adalah:

  • Langkah pertama: Berdiri di atas kaki dengan bahu terbuka lebar.
  • Langkah kedua: Turunkan tubuh ke posisi jongkok dengan meletakkan tangan di lantai.
  • Langkah ketiga: Tendang kaki ke belakang sehingga membentuk posisi planking.
  • Langkah keempat: Lompat untuk kembali ke posisi yang semula atau langka kedua.
  • Langkah kelima: Kembali ke posisi berdiri.

Lalu, jika kamu ingin bertanya apakah squat thrust merupakan gerakan yang tepat untuk tubuh kamu, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan pengarahan. Kamu dapat memberitahukan berat badan dan tinggi badan ke ahli medis melalui fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasi Halodoc. Download aplikasinya sekarang juga!

Nah, sekarang kamu harus tahu beberapa manfaat dari squat thrust pada tubuh wanita, antara lain:

1. Efek Metabolik

Tidak banyak orang yang sadar jika squat thrust merupakan salah satu gerakan dari HIIT. Metode ini tidak hanya membantu untuk menyehatkan tubuh, tetapi juga berguna sebagai mekanisme penguatan otot yang baik.

Latihan ini memicu efek afterburn pada tubuh yang membuat tubuh kekurangan oksigen akut, sehingga membuat tubuh harus mempertahankan tingkat oksigen dengan cara membakar kalori yang lebih besar.

Baca juga: Orgasme Saat Berolahraga, Kok Bisa?

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Seseorang yang melakukan squat thrust secara rutin dapat meningkatkan kinerja kardiovaskular pada tubuhnya. Gerakan ini dapat membantu untuk melatih detak jantung yang intens untuk mendapatkan daya tahan dan kekuatan otot yang maksimal. Dengan rutin melakukan gerakan in, makai dapat meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa lebih banyak darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Squat thrust juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Dengan latihan HIIt selama 20 menit dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan kardio lambat selama satu jam.

Jika kamu terbiasa untuk jogging selama beberapa menit di pagi hari, gerakan jongkok-berdiri ini dapat ditambahkan sebagai penutup. Dengan begitu, kamu bisa memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi dan pembentukan otot yang lebih baik.

Baca juga: Apakah Kegel Ampuh Atasi Vaginismus?

Itulah beberapa manfaat dari squat thrust pada tubuh wanita. Jika kamu ingin mendapatkan semua manfaat tersebut, ada baiknya melakukan gerakan ini secara rutin. Cukup sisihkan waktu sebanyak 20 menit per hari, maka tubuh kamu dapat menjadi lebih sehat secara keseluruhan.

Referensi:
Alpha Male. Diakses pada 2021. What Is Squat Thrust: How To Do It & 8 Benefits.
Gympion. Diakses pada 2021. What Is a Squat Thrust: Benefits & Technique.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan