Manfaat Senam Kegel bagi Pria dan Cara Melakukannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Juli 2023

“Senam kegel adalah latihan untuk menguatkan otot panggul, membantu mengatasi inkontinensia, dan meningkatkan fungsi seksual pada pria. Latihan ini sederhana dan dapat dilakukan kapan saja.”

Manfaat Senam Kegel bagi Pria dan Cara MelakukannyaManfaat Senam Kegel bagi Pria dan Cara Melakukannya

Halodoc, Jakarta – Senam kegel adalah jenis latihan yang ditujukan untuk menguatkan dan melatih otot-otot panggul. Terutama otot pubokoksigeus  atau otot  yang berperan penting dalam mengendalikan aliran urine.

Senam ini  tak hanya bermanfaat bagi wanita, tapi juga pria. Cara melakukannya dengan cara mengencangkan otot pubokoksigeus selama beberapa detik, kemudian melepaskannya secara perlahan. 

Manfaat Senam Kegel bagi Pria

Manfaatnya bagi pria sangat beragam dan penting untuk kesehatan panggul dan fungsi seksual mereka. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Senam kegel tingkatkan kekuatan otot panggul

Tujuannya untuk menguatkan otot-otot di sekitar panggul, terutama otot pubokoksigeus atau otot pubococcygeus (PC). Otot ini berperan dalam mengendalikan aliran urine dan ejakulasi. Dengan menguatkan otot panggul, pria dapat meningkatkan kontrol atas kedua fungsi tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa melihat cara melakukannya dengan klik artikel ini: Beginilah Cara Melakukan Senam Kegel yang Benar

2. Mengatasi masalah inkontinensia

Pria yang mengalami masalah inkontinensia atau kesulitan mengendalikan kencing dapat diuntungkan dari senam kegel. Dengan menguatkan otot panggul, mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk menahan kencing dan mengurangi kebocoran urine yang tidak terkendali.

3. Meningkatkan fungsi seksual

Senam kegel membantu pria meningkatkan kepekaan seksual dan daya tahan. Otot panggul yang kuat dapat membantu meningkatkan ereksi, dan memperpanjang durasi hubungan intim dengan mengontrol ejakulasi dini.

4. Senam kegel pada pria mendukung pemulihan pasca operasi prostat

Operasi prostat adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengangkat bagian atau seluruh kelenjar prostat pada pria yang mengalami masalah kesehatan. Setelah prosedur, senam dapat membantu mengembalikan kekuatan otot panggul dan mempercepat pemulihan.

Terkait dengan operasi prostat, kamu bisa lihat risiko dan cara pelaksanaannya di sini: 5 Risiko dan Prosedur Operasi Prostat Pada Usia Lanjut

5. Meningkatkan kualitas hidup

Dengan menguatkan otot panggul dan mengatasi masalah kesehatan terkait, senam dapat membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Termasuk kesehatan seksual dan kesejahteraan secara umum.

Cara Melakukan Senam Kegel pada Pria

Berikut adalah langkah-langkah pria untuk melakukan senam:

1. Temukan otot pubokoksigeus 

Saat buang air kecil, cobalah menghentikan aliran kencing secara tiba-tiba. Otot yang kamu rasakan berkontraksi untuk menghentikan aliran tersebut adalah otot PC yang akan kamu latih.

2. Bersihkan kandung kemih

Sebelum melakukannya, pastikan kandung kemih kosong agar latihan dapat dilakukan dengan baik.

3. Lakukan gerakan senam kegel

Kencangkan otot PC seperti berusaha menahan kencing, tahan selama 5 detik, kemudian lepaskan secara perlahan-lahan. Jeda selama 5 detik sebelum mengulang gerakan tersebut.

Gerakan senam bisa membantu mencegah wasir. Kamu bisa klik artikel ini untuk mengetahui faktanya: Mitos atau Fakta, Senam Kegel Bisa Mencegah Wasir

4. Lakukan latihan secara rutin

Latih otot PC dengan teratur, biasanya beberapa kali dalam sehari, minimal 3-4 kali seminggu. Selain latihan reguler, pastikan juga untuk merelaksasi otot panggul antara setiap repetisi.

Kamu bisa menemui dokter jika mengalami kendala atau keluhan setelah melaksanakan gerakan di atas. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan men-download Halodoc sekarang juga.

chat dengan dokter
Referensi:
UCLA Health. Diakses pada 2023. Kegel exercises for men.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Kegel exercises for men: Understand the benefits.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan