• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manis dan Lezat, Berapa Jumlah Kalori Ubi Cilembu?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manis dan Lezat, Berapa Jumlah Kalori Ubi Cilembu?

Manis dan Lezat, Berapa Jumlah Kalori Ubi Cilembu?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 November 2022

“Ubi cilembu memiliki kalori yang tergolong rendah. Rutin mengonsumsi makanan ini bisa membantu menurunkan berat badan.“

Manis dan Lezat, Berapa Jumlah Kalori Ubi Cilembu?Manis dan Lezat, Berapa Jumlah Kalori Ubi Cilembu?

Halodoc, Jakarta – Ubi cilembu termasuk makanan yang kerap dimasukkan dalam menu diet. Bahkan, ada banyak sekali artis, baik lokal dan mancanegara, mengonsumsi makanan ini untuk menurunkan berat badan.

Kalori Ubi Cilembu, Cocok untuk Program Diet

Ubi merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan alias beta karoten. Nutrisi ini sangat baik dalam meningkatkan kadar vitamin A dalam darah.

Makanan ini mengandung gizi yang tinggi, kaya serat,mengenyangkan, serta memiliki rasa yang lezat. Bahkan ada banyak mengolah ubi agar nikmat dimakan, baik direbus, dipanggang, dikukus, hingga dibakar.

Untuk kandungan kalorinya sendiri, pada ubi madu Cilembu per 100 gramnya mengandung 86 kalori. Kandungan tersebut terdiri dari:

  • 92% karbohidrat atau setara 20,4 gram dengan pembagian: serat sebesar 3 gram, gula sebesar 4,2 gram, sodium sebesar 55 mg, dan potasium 337 mg.
  • 1% lemak sebesar 0,1 gram yang terdiri dari vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.
  • 7% protein sebesar 1,6 gram.

Saat ubi diolah dengan cara dibakar, kandungannya dapat berubah menjadi 93% karbohidrat sebesar 27 gram, tanpa lemak, serta 7% protein sebesar 2 gram. Meski kandungan karbohidratnya lebih tinggi, tidak adanya lemak cocok untuk seseorang yang ingin mengurangi nutrisi tersebut.

Namun saat makanan ini diolah menjadi honey sweet potato, kandungan kalorinya mengalami peningkatan yang drastis. Dalam satu porsi dari makanan ini memiliki 387 kalori yang terdiri karbohidrat sebesar 90 gram dan protein sebesar 6,4 gram.

Peningkatan jumlah kalori ini berasal dari madu dan minyak olive yang digunakan. Alangkah lebih baiknya untuk mengonsumsi ubi cilembu tanpa campuran apa pun agar kalorinya tetap rendah.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Manfaat Konsumsi Ubi Jalar bagi Ibu Hamil

Berbagai Manfaat Kesehatan dari Ubi Cilembu

1. Mencegah Kekurangan Vitamin A

Ubi kaya akan kandungan vitamin A, sehingga sangat baik dalam mencegah berbagai macam penyakit. Seseorang yang kekurangan nutrisi ini dapat mengalami kerusakan sementara atau bahkan permanen pada matanya, serta berisiko terserang kebutaan.

Makanan ini merupakan sumber beta karoten yang mudah menyerap sama tubuh lalu kemudian berubah menjadi vitamin A. Maka dari itu, konsumsi tanaman ini secara rutin sangat baik dalam melawan kekurangan vitamin A, terutama pada anak-anak.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Ubi cilembu juga sangat baik dalam menjaga kadar glukosa darah dan kolesterol LDL. Bahkan, makanan ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Manfaat ini sangat baik pada seseorang yang mengidap diabetes tipe 2 untuk mengurangi gejalanya.

3. Mengurangi Kerusakan Oksidatif

Ubi cilembu terkenal dengan kandungan antioksidannya, sehingga sangat baik dalam mengurangi kerusakan oksidatif pada tubuh. Sebab, seseorang yang mengalami kerusakan oksidatif memiliki risiko lebih tinggi terhadap kanker. Terlebih jika makanan ini dikonsumsi secara rutin.

Itulah besaran kalori ubi cilembu yang masuk ke tubuh saat dikonsumsi secara utuh. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya mengonsumsi tanaman ini tanpa campuran apa pun. Terlebih jika kamu ingin menyukseskan program diet yang sedang berjalan.

Apabila masih memiliki kebingungan lainnya terkait kandungan kalori dari makanan tertentu, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawabannya. Interaksi dengan ahlinya bisa dilakukan melalui smartphone di tangan dengan download aplikasi Halodoc. Jangan ragu lagi, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca Juga: Bukan Cuma Lezat, Ini 7 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan Tubuh

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
My Fitness Pal. Diakses pada 2022. Ubi Bakar Cilembu.
My Fitness Pal. Diakses pada 2022. Honey sweet potato.
Healthline. Diakses pada 2022. Sweet Potatoes 101: Nutrition Facts and Health Benefits.