Mengenal Jenis Olahraga Gimnastik dan Manfaatnya bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Februari 2023

“Jenis olahraga gimnastik cukup banyak. Olahraga ini sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh.”

Mengenal Jenis Olahraga Gimnastik dan Manfaatnya bagi KesehatanMengenal Jenis Olahraga Gimnastik dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Olahraga gimnastik adalah senam yang melibatkan berbagai gerakan dasar pada olahraga. Seperti melompat, membalikkan badan, berguling, dan masih banyak lagi.

Ini merupakan cabang olahraga yang mengandalkan kelenturan, kekuatan otot, serta keseimbangan. Untuk melakukan olahraga ini, kamu juga perlu memiliki kelincahan, kecepatan, dan koordinasi tubuh.

Jenis-Jenis Olahraga Gimnastik

Olahraga gimnastik ada banyak jenisnya. Ada yang dilakukan dengan ataupun tanpa alat. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Parkour

Parkour adalah disiplin fisik yang bekerja langsung dengan kemampuan motorik individu. Jenis olahraga ini mengharuskan kamu berpindah dari satu titik ke titik lain dalam lingkungan yang sesederhana dan seefisien mungkin, beradaptasi dengan tuntutan tempat dengan satu-satunya bantuan tubuh.

Jenis olahraga gimnastik ini dapat dipraktikkan secara individu atau berkelompok. Setiap jenis parkour terdiri dari dua bagian, yang pertama adalah pemanasan dan pengondisian fisik, dengan latihan beban, quadruped, squat dan push-up.

Bagian kedua berkaitan dengan memanjat pagar, menjaga keseimbangan, melompat rintangan, melewati dinding, membuat lompatan presisi, dan lain-lain. 

  1. Gimnastik Aerobik

Olahraga gimnastik ini mungkin lebih populer dengan sebutan senam aerobik. Ini melibatkan gerakan yang cepat dan kuat, menyerupai tarian, dengan menggunakan iringan musik.

  1. Gimnastik Ritmik

Dalam gimnastik ritmik, kamu perlu melakukan lompatan, lemparan, lompatan, dan gerakan lainnya dengan berbagai jenis peralatan. Di olimpiade, atlet berkompetisi dengan lima jenis peralatan yang berbeda, yaitu tali, simpai, bola, pentungan, dan pita. 

  1. Gimnastik Cabang Putra

Ini adalah jenis olahraga gimnastik yang dilakukan oleh laki-laki, dengan menggunakan berbagai alat dan gerakan. Termasuk senam lantai, lemari besi, palang sejajar dan palang horizontal.

  1. Gimnastik Cabang Putri

Gimnastik cabang putri adalah kebalikan dari cabang putra. Dalam senam ini, atlet perempuan bersaing dengan menggunakan empat alat, yaitu vault, palang tidak rata, balok keseimbangan, dan senam lantai.

  1. Gimnastik Akrobatik

Olahraga gimnastik akrobatik biasanya dilakukan berkelompok. Dengan satu tim melakukan semua jenis handstand, memegang dan menyeimbangkan satu sama lain. Sementara anggota tim melempar dan menangkap rekan satu timnya.

  1. Gimnastik Trampolin

Dalam gimnastik trampolin, pesenam melakukan jungkir balik dan putaran tinggi pada setiap pantulan. Olahraga ini dilakukan di atas trampolin, bisa individu ataupun berkelompok. 

Manfaat Olahraga Ini bagi Tubuh

Selain menyenangkan, olahraga gimnastik juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu:

  • Membantu Mengembangkan Koordinasi Tubuh. Semakin sering melakukan olahraga ini, semakin banyak tubuh beradaptasi untuk melakukan gerakan yang sulit, sehingga meningkatkan koordinasi tubuh. 
  • Meningkatkan Fleksibilitas. Ini karena kamu melakukan berbagai latihan mobilitas selama untuk membuat tubuh lebih lentur dan meningkatkan jangkauan gerak secara bertahap.
  • Membantu Mengembangkan Kekuatan. Olahraga gimnastik adalah cara yang luar biasa untuk meningkatkan kekuatan otot, karena kamu harus melatih tubuh bagian atas dan bawah, sekaligus memperkuat inti tubuh. 
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri. Olahraga ini membuat tubuh melepaskan endorfin, yang membuat kamu merasa bahagia, serta meningkatkan kepercayaan diri.
  • Mengembangkan Kemampuan Kognitif. Olahraga gimnastik membuat kamu perlu menerima instruksi dan menerapkannya ke latihan. Ini akan membantu kamu mengembangkan kemampuan kognitif.
  • Mengembangkan Keterampilan untuk Meningkatkan Olahraga Lain. Karena senam adalah tentang latihan beban tubuh dan kelenturan, keterampilan yang dipelajari dari ini akan mudah dialihkan ke olahraga lain. 

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis olahraga gimnastik dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jika kamu mengalami cedera setelah melakukan olahraga ini, download Halodoc saja untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Referensi:
Gymnastic Unlimited. Diakses pada 2023. What Is Parkour?
Health Sports. Diakses pada 2023. 10 Benefits of Gymnastics Training.
Live About. Diakses pada 2023. Learn About the 7 Types of Gymnastics.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan