Mengenal Simian Line, Garis Lurus di Telapak Tangan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Agustus 2022

“Simian line merupakan garis lurus yang tidak putus di telapak tangan. Selain unik, garis ini bisa dikaitkan dengan beberapa penyakit, salah satunya Aarskog syndrome.”

Mengenal Simian Line, Garis Lurus di Telapak TanganMengenal Simian Line, Garis Lurus di Telapak Tangan

Halodoc, Jakarta – Setiap orang dilahirkan dengan garis tangan yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa orang yang memiliki keunikan pada garis tangannya yaitu munculnya garis lurus yang tidak putus pada telapak tangan. Biasanya, garis ini dikenal sebagai simian line. 

Pemilik simian line dinilai sebagai orang yang unik. Hal ini dikarenakan simian line tidak dimiliki oleh banyak orang. Bahkan, simian line hanya dimiliki oleh satu dari 30 orang saja. 

Kenali Lebih Banyak Mengenai Simian Line

Simian line adalah garis lurus tidak putus yang berada di telapak tangan. Simian line termasuk salah satu keunikan garis tangan yang jarang dimiliki oleh orang lain. Melansir dari Mount Sinai, simian line lebih banyak ditemukan pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

Selain itu, pemilik simian line dinilai sebagai orang yang beruntung. Benarkah simian line menjadi tanda keberuntungan seseorang? Berikut fakta simian line:

  1. Pemilik Simian Line Dinilai Memiliki Kepribadian yang Berbeda

Pemilik simian line dikenal sebagai pribadi yang sangat positif. Pemilik garis tangan ini memiliki rasa percaya diri yang baik, cerdas, mampu membuat keputusan yang baik, dan kreatif. Namun, ada beberapa hal negatif yang dimiliki oleh pemilik simian line, seperti mudah marah dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

  1. Berkembang saat Berada Dalam Kandungan

Simian line berkembang saat bayi berusia 12 minggu di dalam kandungan. Hal ini bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada bayi setelah dilahirkan. Namun, tidak semua orang dengan simian line mengalami gangguan kesehatan tertentu.

  1. Waspada Penyakit yang Ditandai dengan Simian Line

Meskipun tidak semua pemilik simian line mengalami gangguan kesehatan, tetapi ada beberapa penyakit yang dikaitkan dengan munculnya simian line, seperti:

  • Down Syndrome. Gangguan ini dapat terjadi ketika kamu memiliki salinan ekstra dari kromosom 21. Kondisi ini menyebabkan cacat intelektual, perubahan pada wajah, hingga cacat jantung.
  • Fetal Alcohol Syndrome. Kondisi ini dapat dialami bayi ketika ibu kerap mengonsumsi alkohol saat hamil. Hal ini menyebabkan risiko stunting dan gangguan tumbuh kembang.
  • Aarskog Syndrome. Penyakit ini merupakan kondisi genetik bawaan yang terkait dengan kromosom X. Kondisi ini dapat memengaruhi bentuk wajah, kerangka, hingga perkembangan otot.
  1. Pemilik Simian Line Berisiko Alami Efek Samping

Simian line tidak dapat menyebabkan gangguan kesehatan apapun pada tubuh. Namun, kondisi ini dikaitkan dengan adanya gangguan tulang karpal pada tangan. Selama tidak menyebabkan keluhan kesehatan pada bagian tangan, kondisi ini tidak memerlukan perawatan atau pengobatan.

Namun, beberapa pemilik simian line mengalami keluhan nyeri pada tangan hingga radang sendi. Jika kondisi ini kamu alami dan menyebabkan rasa tidak nyaman, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit untuk memastikan penyebab keluhan kesehatan yang kamu alami.

Kamu bisa cari tahu lokasi rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play, kemudian kamu bisa mengetahui lokasi rumah sakit yang paling dekat.

Pengobatan akan dilakukan sesuai dengan penyebab keluhan yang kamu alami. Jangan lupa untuk selalu menjalankan pengobatan dan perawatan yang disarankan oleh dokter agar kondisi ini segera membaik.

Referensi:
Mount Sinai. Diakses pada 2022. Simian Crease.
Healthline. Diakses pada 2022. Single Transverse Palmar Crease.
Sunny Astrologer. Diakses pada 2022. Simian Line – What It Means? Is It Rare and Lucky?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan