Mengenal Skin Barrier dan Cara Menjaganya agar Selalu Sehat

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 November 2021
Mengenal Skin Barrier dan Cara Menjaganya agar Selalu SehatMengenal Skin Barrier dan Cara Menjaganya agar Selalu Sehat

“Skin barrier atau lapisan pelindung kulit punya peran yang sangat penting sehingga perlu dijaga agar selalu sehat. Ketahui apa itu skin barrier dan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menjaganya agar tetap sehat.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu tahu apa itu skin barrier? Ternyata, skin barrier atau lapisan pelindung kulit yang mengalami kerusakan bisa menjadi sumber gangguan kesehatan pada kulit, lho! Seperti sebuah studi yang dipublikasikan oleh Indian Journal of Medical Research, skin barrier punya fungsi yang sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. 

Tidak hanya wanita, lapisan pelindung kulit ini juga sama pentingnya pada pria. Adapun fungsinya, yaitu sebagai pelindung kulit dari berbagai ancaman dari luar, seperti alergen, infeksi, toksisitas sistemik, dan bahan kimia. Ketika lapisan ini mengalami kerusakan, kamu akan merasakan sejumlah gejala pada kulit. 

Sayangnya, kebanyakan orang tidak peka akan pentingnya menjaga dan merawat lapisan tersebut sehingga tetap sehat dan terhindar dari ancaman kerusakan. 

Pentingnya Menjaga Skin Barrier Selalu Sehat

Secara mudahnya, skin barrier memang memiliki peran khusus untuk melindungi kulit dari paparan bakteri, juga menahan terjadinya kontaminasi yang masuk ke dalam kulit. Kamu pun perlu tahu bahwa kulit juga memiliki lapisan lain yang disebut dengan lapisan lipid.

Lapisan tersebut memiliki peran untuk menjaga kulit tetap terhidrasi juga membantu membuat kulit lebih sehat dan lembut. Jadi, skin barrier merupakan sebuah lapisan pelindung yang bertugas menjaga kulit dari hilangnya cairan, yang tersusun atas sel dan lipid. Apabila tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik, maka kulit pun rentan mengalami kerusakan. 

Sementara itu, lipid sendiri menjadi bagian dari kulit yang berperan sebagai pelembap alami untuk kulit. Bagian ini juga berfungsi mencegah masuknya berbagai bahan kimia dan bakteri ke dalam kulit. Sayangnya, memasuki usia 40 tahun, jumlah lipid dalam kulit akan mengalami penurunan secara drastis. Inilah mengapa, kamu akan lebih rentan mengalami kulit kering semakin bertambahnya usia. 

Cara Menjaga Skin Barrier agar Tetap Sehat

Lalu, bagaimana caranya menjaga skin barrier agar tetap sehat? Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

  • Jaga Kulit Tetap Terhidrasi

Kulit yang tetap terjaga hidrasinya akan terhindar dari kerusakan lapisan pelindungnya. Pilihlah produk pelembap yang memiliki kandungan gliserin atau ceramide yang mampu mengembalikan kelembapan kulit. Selain itu, kamu bisa menjaga hidrasi kulit dengan memenuhi asupan cairan harian tubuh setiap hari, bisa dibantu dengan konsumsi buah yang banyak mengandung air. 

  • Jaga pH Tetap Seimbang

Cara selanjutnya adalah memastikan bahwa pH kulit tetap seimbang, yaitu pada kisaran 5,5. Angka pH yang terlalu rendah atau tinggi bisa membuat kulit mengalami peradangan, iritasi, dan kerusakan.

Jadi, selain memilih pelembap yang tepat, kamu juga harus memastikan memilih produk perawatan kulit dengan pH seimbang. 

Tidak lupa, hindari menggunakan produk perawatan atau kecantikan kulit yang memilih kandungan sulfat. Pasalnya, kandungan tersebut bisa membuat minyak alami dalam kulit menghilang. 

  • Lindungi dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Lalu, pastikan kamu menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF minimal 30 atau bahkan lebih tinggi. Penggunaan tabir surya yang tidak teratur akan membuat kulit mudah terkena paparan radiasi sinar ultraviolet sehingga merusak sel di dalam kulit.

Tidak hanya itu, penggunaan tabir surya yang tidak teratur juga mengakibatkan penuaan dini, merusak kekenyalan kulit, dan membuat risiko kamu terserang kanker kulit jadi lebih tinggi. Jadi, jangan sampai kamu lupa memakainya, ya!

Jika mengalami keluhan pada kulit, jangan tunda untuk tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Nantinya, dokter akan memberikan resep yang langsung bisa kamu beli lewat fitur pharmacy delivery. Jangan lupa download Halodoc, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Well+Good. Diakses pada 2021. 4 Dermatologist-Backed Ways to Keep Your Skin Barrier Healthy (and Honestly They’re so Easy).
A.J. Kanwar. 2018. Diakses pada 2021. Skin Barrier Function. Indian Journal of Medical Research 147(1): 117–118.
Herron Dermatology & Laser. Diakses pada 2021. Understanding Your Skin Barrier.
Womenstuff. Diakses pada 2021. 5 Signs Your Skin’s Barrier is Damaged & How to Fix It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan