• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Zinc Oxide yang Biasa Ada di Produk Tabir Surya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Zinc Oxide yang Biasa Ada di Produk Tabir Surya

Mengenal Zinc Oxide yang Biasa Ada di Produk Tabir Surya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Oktober 2022

“Zinc oxide adalah bahan kimia berbentuk bubuk putih yang aman untuk kulit. Bahkan, senyawa ini memiliki manfaat untuk menjaga kulit dari sinar matahari.”

Mengenal Zinc Oxide yang Biasa Ada di Produk Tabir SuryaMengenal Zinc Oxide yang Biasa Ada di Produk Tabir Surya

Halodoc, Jakarta – Penggunaan tabir surya sangat disarankan untuk menjaga kesehatan kulit saat kamu beraktivitas di luar ruangan. Bukan hanya untuk mencegah paparan sinar matahari secara langsung pada kulit, penggunaan tabir surya juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Sebelum menggunakan tabir surya, ada baiknya untuk mengenali berbagai kandungan yang terdapat didalamnya, seperti Zinc Oxide. Selain tabir surya, Zinc Oxide juga terkandung dalam berbagai krim yang digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Yuk, simak ulasan mengenai produk ini lebih banyak.

Kenali Manfaat Zinc Oxide untuk Kulit

Zinc Oxide adalah bahan kimia yang berbentuk bubuk putih atau senyawa anorganik yang diperoleh dari proses oksidasi. Prosesnya terjadi melalui penguapan dan kondensasi yang kemudian diolah menjadi bubuk putih.

Bahan ini aman untuk digunakan pada kulit sehingga banyak produk kecantikan yang mengandung senyawa aktif ini. Berikut manfaatnya yang perlu diketahui:

  1. Menjaga Kulit dari Sinar Matahari

Zinc memiliki manfaat sebagai perlindungan alami untuk kulit dari paparan sinar matahari. Ketika kamu menggunakan tabir surya atau produk kecantikan dengan kandungan Zinc Oxide, maka produk tersebut dapat membantu untuk memantulkan sinar berbahaya untuk kulit. Namun, ia juga dapat membantu penyerapan sinar yang bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan.

  1. Mengatasi Iritasi Kulit

Seseorang yang mengalami iritasi kulit akibat sunburn, bisa mengatasinya dengan produk yang memiliki kandungan Zinc Oxide. Senyawa ini akan membantu untuk memperbaiki dan mempercepat proses penyembuhan luka atau iritasi.

  1. Mengontrol Minyak Berlebih

Jika kamu memiliki jenis muka yang berminyak, jangan ragu untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan ini. Senyawa ini bisa membantu kamu untuk mengontrol minyak berlebih sehingga tidak meningkatkan risiko jerawat.

  1. Mengatasi Bintik Hitam

Bila digunakan setiap hari, tabir surya yang mengandung bahan ini bisa mencegah munculnya bintik hitam. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memperlambat proses penggelapan bintik hitam yang lebih buruk.

  1. Mencegah Jerawat

Kandungan Zinc Oxide dalam tabir surya dapat mencegah terjadinya jerawat dengan cara mengurangi jumlah bakteri pada kulit, menurunkan produksi minyak berlebih, hingga mengecilkan pori-pori.

Penggunaan Zinc Oxide

Cara penggunaan bahan ini akan disesuaikan dengan jenis produk perawatan yang kamu gunakan. Berikut caranya:

  • Tabir Surya

Jika kamu menggunakan senyawa ini dalam tabir surya, pastikan kamu menggunakannya pada kulit 30 menit sebelum kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Untuk mengoptimalkan manfaatnya, kamu bisa gunakan pada area yang mudah terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, hingga tangan.

  • Krim Oles

Jika kamu menggunakan Zinc Oxide berbentuk krim oles, pastikan kamu mengoleskannya pada bagian tubuh yang memerlukan tipis-tipis.

Perlu diperhatikan bahwa senyawa ini hanya digunakan untuk pemakaian luar saja. Jika tanpa sengaja mengenai bagian mata, sebaiknya segera bersihkan dengan air yang mengalir. 

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan di rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatan mata. Cari rumah sakit terdekat menggunakan Halodoc, caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Selain itu, hentikan pemakaian jika kulit mengalami iritasi. Meskipun jarang terjadi, bahan ini juga bisa memicu alergi pada penggunanya. Segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami gejala, seperti ruam, gatal, bengkak pada bagian kulit yang terpapar, pusing, hingga kesulitan bernapas.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Zinc Oxide Ointment – Uses, Side Effects, and More.
Skinkraft. Diakses pada 2022. Zinc Oxide For Skin: Benefits, Uses & Side Effects.
Livestrong. Diakses pada 2022. 5 Benefits of Zinc Oxide for the Skin and Face.