Mengulik Serba-Serbi Tentang Diet South Beach

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 November 2020
Mengulik Serba-Serbi Tentang Diet South BeachMengulik Serba-Serbi Tentang Diet South Beach

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan atau mengontrol berat badan, salah satunya dengan menjalani pola makan sehat atau diet. Ada berbagai jenis diet sehat yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah diet south beach. Meskipun terdengar cukup asing, tetapi diet ini sudah ada sejak pertengahan tahun 90-an, loh. 

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Diet ini ditemukan oleh ahli jantung, Dr. Arthur Agatston, MD, yang awalnya bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan insulin bagi pasiennya yang mengalami penyakit jantung. Namun, ternyata diet ini mampu memberikan manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan berat badan. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui lebih banyak serba-serbi mengenai diet south beach. Berikut ulasannya!

Apa Itu Diet South Beach?

Diet south beach menjadi salah satu diet yang dilakukan dengan membatasi asupan karbohidrat dan memperbanyak asupan protein serta lemak dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Namun yang perlu diperhatikan, sebaiknya hindari mengonsumsi lemak tak jenuh saat kamu menjalani diet ini. Pilihlah lemak yang sehat dan dibutuhkan oleh tubuh.

Diet south beach hampir serupa dengan diet atkins, tetapi Dr. Arthur Agatston yang menemukan diet south beach merasa tidak nyaman dengan asupan lemak yang diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam diet atkins. Khususnya bagi pasiennya yang memiliki gangguan jantung. Untuk itu, ia mengembangkan diet ini yang kaya akan protein, lemak tak jenuh, serta karbohidrat indeks glikemik rendah.

Ketahui Manfaat Diet South Beach

Jika kamu ingin mengubah pola makan menjadi lebih sehat, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan diet south beach. Selain mengubah pola makan menjadi lebih sehat, dengan rutin menjalani diet south beach kamu dapat mengontrol hingga menurunkan berat badan sesuai dengan keinginan. Hal ini disebabkan menjalani diet ini dapat membantu kamu menahan rasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar.

Tidak hanya itu, diet south beach juga dapat membantu kamu mengontrol kadar glukosa dan trigliserida dalam darah. Tentunya, kedua manfaat ini dapat menghindari kamu dari gangguan penyakit, seperti diabetes atau penyakit jantung.

Baca juga: Lebih Baik Mana: Diet Cepat atau Diet Sehat?

Pola Diet South Beach

Untuk menjalankan diet south beach ada beberapa tahapan yang perlu kamu jalankan dengan baik. Berikut ini pola diet south beach yang perlu diketahui:

1.Tahap 1

Pada tahap 1 pola diet difokuskan untuk menghilangkan keinginan akan mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat. Penurunan berat badan biasanya akan terjadi di tahap 1. Umumnya, tahap 1 akan dijalankan selama 2 minggu. Makanan yang diperbolehkan dikonsumsi tentunya makanan dengan kandungan protein tinggi tanpa lemak. Kamu juga diperbolehkan mengonsumsi sayuran yang berserat tinggi dan makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Pada tahap 1, kamu dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, pasta, kue, permen, serta makanan yang memiliki kandungan tepung.

2.Tahap 2

Tahap 2 biasanya berjalan di hari ke 15 setelah tahap 1. Pola makan hampir sama dengan tahap 1, tetapi pada tahap 2 kamu sudah diperbolehkan menambahkan makanan yang mengandung karbohidrat dengan porsi kecil, seperti nasi dan pasta. Namun, pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak tak jenuh dibandingkan makanan yang mengandung karbohidrat. Jangan lupa perbanyak sayuran.

3.Tahap 3

Tahap ini merupakan tahap adaptasi untuk mempertahankan pola makan yang telah kamu jalani. Tidak hanya menjalani diet dengan konsisten, kamu akan merasakan manfaat diet south beach secara optimal ketika dilakukan bersama dengan olahraga dan aktivitas fisik lainnya. 

Baca juga: Awas, Diet Tak Tepat Malah Bikin Berat Badan Bertambah

Jangan lupa untuk selalu bertanya pada dokter mengenai jenis diet yang akan kamu lakukan. Gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai manfaat diet south beach bagi kesehatan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. South Beach Diet.
Very Well Fit. Diakses pada 2020. What to Expect on The South Beach Diet.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Is the South Beach Diet?
Healthline. Diakses pada 2020. South Beach Diet Review and Beginner’s Guide.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan