Menu Ideal Berbuka Puasa, Ini 6 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 April 2022

“Terdapat beberapa manfaat kurma bagi kesehatan jika dikonsumsi. Salah satunya adalah sumber serat yang berperan penting bagi pencernaan.”

Menu Ideal Berbuka Puasa, Ini 6 Manfaat Kurma Bagi KesehatanMenu Ideal Berbuka Puasa, Ini 6 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Menjelang bulan Ramadan, salah satu buah yang mudah dijumpai adalah kurma. Sebab, buah kering dengan rasa manis ini merupakan salah satu menu berbuka puasa favorit masyarakat Indonesia. Namun, tak hanya rasanya yang enak, mengonsumsi kurma juga dikabarkan dapat memberikan berbagai efek positif bagi kesehatan tubuh. 

Hal ini lantaran kurma diketahui mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat kurma bagi kesehatan? Yuk, intip informasinya di sini! 

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan 

Kurma bisa menjadi sumber serat yang baik, dan ia dapat mencegah anemia, bahkan berpotensi menjaga kesehatan tulang. Berikut ini enjelasan mengenai beberapa manfaat kurma tersebut: 

1. Sumber Serat yang Baik 

Manfaat kurma bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai sumber serat yang baik. Serat sendiri adalah salah satu  komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan memerlukan serat agar berfungsi secara normal dan mencegah terjadinya konstipasi. Serat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, terutama LDL atau yang lebih dikenal dengan kolesterol jahat.

2. Sumber Mineral yang Baik

Di dalam kurma sendiri terdapat banyak kandungan potasium dan magnesium. Potasium berfungsi untuk membantu kerja sel, jaringan, dan organ dalam tubuh. Selain itu, potasium menjadi komponen yang cukup penting dalam menjaga fungsi jantung dan memperlancar pergerakan otot, sehingga membuat otot-otot di tubuh kamu berkontraksi secara sempurna.

Sementara itu magnesium di dalam buah tersebut sangat berguna demi membantu proses produksi energi, dan juga dibutuhkan dalam pembentukan DNA. Magnesium juga berfungsi membantu melakukan perpindahan kalsium dan potasium menuju membran sel. Proses ini cukup penting untuk mempertahankan detak jantung dan kontraksi otot yang normal.

3. Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat kurma bagi kesehatan selanjutnya yakni bisa mencegah diabetes. Jadi, meskipun rasa kurma manis, namun bukan berarti kurma bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes. Kandungan serat yang ada dalam kurma bisa membantu tubuh dalam mengontrol gula darah. Meski kurma mengandung gula alami dalam jumlah tinggi, namun kurma mempunyai indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik yang rendah menandakan bahwa tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk mengubah karbohidrat pada kurma menjadi gula dan energi. Ini adalah hal yang baik, karena menandakan kurma memiliki pengaruh kecil terhadap level insulin. Sehingga, buah kurma tidak berisiko meningkatkan kadar gula darah setelah dimakan.

4. Diyakini Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Makan kurma diyakini dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan pada U.S National library of Medicine yang menunjukkan hasil menjanjikan. Studi tersebut menjelaskan kalau buah tersebut bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer. Kendati demikian, penelitian lebih mendalam tentunya masih diperlukan guna memastikan efektivitasnya. 

5. Mencegah Anemia

Di dalam buah kurma terdapat kandungan zat besi yang tinggi. Sehingga, bisa menjadi salah satu sumber makanan untuk mencegah kamu mengidap anemia. Kandungan zat besi ini bisa menggantikan zat besi yang hilang, meningkatkan energi, serta mengurangi perasaan lelah dan lesu. 

6. Berpotensi Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma merupakan sumber vitamin K yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan kuat. Di samping itu, kandungan mineral seperti fosfor, kalsium dan magnesium pada buah ini, juga telah dipelajari potensinya. Terutama dalam menjaga kesehatan tulang sekaligus mencegah gangguan tulang. Salah satunya seperti osteoporosis yang rentan pada lansia. Meskipun potensial, penelitian lebih mendalam pada manusia tentu masih diperlukan. 

Itulah manfaat kurma bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Buah ini bukan hanya bisa dinikmati dengan cara langsung memakannya, tapi bisa juga dijadikan sebagai bahan minuman yang menyegarkan untuk disantap saat berbuka puasa. 

Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa memenuhi seluruh nutrisi penting yang tubuhmu butuhkan. Tujuannya agar kesehatan dan kebugaran tubuh dapat terjaga dengan baik, terutama selama berpuasa. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen kesehatan sesuai pilihanmu. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre berlama-lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 8 Proven Health Benefits of Dates. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. Are dates healthful?
NIH. Diakses pada 2022. Interleukin-6-associated inflammatory processes in Alzheimer’s disease: new therapeutic options. 
BBC Good Food. Diakses pada 2022. The health benefits of dates. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan