Mual Akibat Asam Lambung, Bolehkah Minum Teh Hangat?

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   31 Maret 2020
Mual Akibat Asam Lambung, Bolehkah Minum Teh Hangat?Mual Akibat Asam Lambung, Bolehkah Minum Teh Hangat?

Halodoc, Jakarta - Ketika mual akibat asam lambung naik menyerang, kebanyakan orang akan mencoba relaks dan mencari minuman hangat seperti teh. Namun sebenarnya, bolehkah minum teh hangat ketika asam lambung naik? Jawabannya, boleh saja. Asalkan teh hangat yang diminum tidak mengandung kafein. Sebab, kandungan kafein dalam teh ataupun minuman lainnya, justru dapat memperparah kondisi asam lambung naik.

Seperti diketahui, di Indonesia, bahkan di dunia, ada banyak sekali jenis teh. Untuk meredakan gejala mual akibat asam lambung, kamu bisa coba minum teh herbal bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. Kedua jenis teh tersebut dapat meningkatkan lapisan lendir di esofagus, sehingga kamu akan terlindungi dari iritasi akibat naiknya asam lambung ke tenggorokan. Sementara itu, jenis teh yang perlu dihindari adalah teh peppermint, karena justru dapat memicu refluks asam lambung bagi orang yang sistem pencernaannya sensitif.

Baca Juga: Gejala Penyakit Asam Lambung pada Pria dan Wanita

Pilihan Minuman Lain untuk Redakan Mual Akibat Asam Lambung

Selain teh herbal yang bebas kafein, sebenarnya ada beberapa pilihan minuman lain yang bisa kamu coba, untuk mengatasi mual akibat asam lambung, lho. Berikut beberapa pilihan minumannya:

1. Susu Rendah Lemak atau Susu Skim

 

Biasanya, pengidap asam lambung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu sapi, karena kandungan lemaknya yang tinggi sehingga sulit dicerna. Selain itu, kandungan lemak dalam susu sapi juga dapat melunakkan katup atau sfingter esofagus, sehingga membuka jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan. 

Namun, pengidap asam lambung masih bisa kok mengonsumsi susu. Asalkan memilih jenis susu rendah lemak atau susu skim, agar lebih mudah dicerna. Dengan begitu, katup kerongkongan pun akan tetap aman dan berfungsi optimal dalam menahan naiknya asam lambung.

2. Jus Buah

Minuman selanjutnya yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi pengidap asam lambung adalah jus buah. Namun, hindari buah-buahan dengan rasa asam, seperti jeruk, nanas, atau apel, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung. Pilihlah buah-buahan seperti semangka, pisang, bit, dan pir. Sebagai variasi yang sehat, kamu juga bisa mengkreasikan jus buah dengan sayuran seperti bayam, wortel, mentimun, atau lidah buaya.

Baca Juga: Puasa Sembuhkan Asam Lambung, Benarkah?

3. Jahe Hangat

Jahe memiliki efek gastroprotektif, yang dapat menghambat asam dan menekan bakteri helicobacter pylori, penyebab gangguan pencernaan. Tak hanya itu, jahe juga dapat merangsang produksi air liur dan membersihkan asam yang berada di kerongkongan. Lalu, kandungan fenol di dalam jahe juga berperan sebagai antioksidan, serta antiinflamasi yang membantu mengurangi dan menetralisir kadar asam lambung. 

Mengonsumsi air jahe hangat saat mual akibat asam lambung juga sangat direkomendasikan, karena rempah ini memang terkenal bisa mengatasi mual. Cara membuat minuman sehat ini adalah dengan mencampurkan parutan jahe ke dalam air hangat dan tambahkan madu. Jika kamu mengonsumsi jahe hangat secara rutin, rasa mual akibat penyakit asam lambung tidak akan kamu rasakan lagi. Namun, jangan berlebihan juga mengonsumsinya, ya.

4. Air Kelapa

Minuman selanjutnya yang bisa mengurangi mual akibat asam lambung adalah air kelapa segar. Selain dikenal sebagai isotonik alami, air kelapa juga berkhasiat untuk mengatasi ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung. Hal ini karena air kelapa mengandung kalium yang bermanfaat untuk membuat tingkat asam dalam tubuh menjadi basa, sehingga dapat menetralisir asam lambung yang berlebihan. Konsumsi segelas air kelapa tanpa gula setelah makan dapat membantu kamu terhindar dari penyakit asam lambung selama beraktivitas.

Baca Juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Itulah 4 pilihan minuman yang dapat kamu konsumsi ketika mengalami mual akibat asam lambung. Jika kondisimu tidak kunjung membaik, sebaiknya segera download aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter, kapan dan di mana saja. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan dan memberi tips lain untuk meredakan naiknya asam lambung kamu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What to Drink for Acid Reflux.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Home and natural remedies for upset stomach.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan