• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mulai Pola Makan Sehat, Coba Diet Ini di Tahun Baru 2021
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mulai Pola Makan Sehat, Coba Diet Ini di Tahun Baru 2021

Mulai Pola Makan Sehat, Coba Diet Ini di Tahun Baru 2021

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 07 Januari 2021
Mulai Pola Makan Sehat, Coba Diet Ini di Tahun Baru 2021

Halodoc, Jakarta – Pola hidup sehat dan kesehatan tubuh yang terjaga mungkin masuk dalam daftar resolusi tahun baru sebagian orang. Nah, untuk mencapai hal tersebut tentu penting untuk mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencapainya. Salah satunya adalah mengetahui pola makan sehat dan metode diet yang bisa dicoba di tahun baru 2021. Apa saja? 

Diet nyatanya tidak hanya dilakukan untuk mencapai penurunan berat badan, tapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh dan menghindari risiko penyakit. Sebab, menjaga asupan makanan yang dikonsumsi bisa membantu menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Ada banyak jenis diet yang sudah dikenal, beberapa di antaranya bahkan masih direkomendasikan untuk membantu penurunan berat badan. 

Baca juga: Ampuh Turunkan Berat Badan, Coba Military Diet

Diet yang Bisa Dicoba di Tahun 2021

Ada banyak jenis diet yang sudah dikenal dan disebut bisa membantu menurunkan berat badan. Penasaran jenis diet apa saja yang bisa dicoba untuk diterapkan di tahun 2021? Berikut di antaranya! 

1.Diet Mediterania

Diet mediterania disebut sebagai salah satu jenis diet terbaik serta bisa dicoba di tahun baru 2021. Jenis diet ini diadaptasi dari pola makan penduduk yang tinggal di kawasan Mediterania. Selain membantu menurunkan berat badan, menerapkan pola diet yang satu ini ternyata juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Menu makan dalam diet mediterania berfokus pada konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta lemak sehat. Jenis diet ini juga melibatkan asupan sumber protein hewani, seperti daging ayam tanpa kulit dan ikan. 

2.Diet Paleo 

Biar lebih sehat, kamu bisa mencoba menerapkan diet paleo di tahun baru 2021. Dalam menjalani diet ini, kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan alami, seperti daging tanpa lemak, telur, buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak nabati. Selain itu, diet paleo juga mewajibkan untuk menghindari makanan tertentu, seperti produk susu dan makanan atau minuman olahan, garam, gula, dan kentang.

Baca juga: Apakah No Carb Diet Aman untuk Dilakukan?

3.Diet Keto 

Diet keto mungkin sudah populer dan banyak dilakukan. Jenis diet yang satu ini memang sempat mencuri perhatian karena disebut bisa membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Fokus dalam menjalani diet ini adalah mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat tapi tinggi kandungan lemak. Sayangnya, diet keto hingga kini masih menjadi kontroversi. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu berhati-hati dalam menjalani diet yang satu ini agar tidak memicu gangguan kesehatan dalam jangka panjang. 

4.Pola Makan Vegetarian 

Pola makan vegetarian sering dimaknai sebagai cara makan yang tidak mengonsumsi daging sama sekali. Padahal tidak begitu, karena sebagian orang yang menjalani pola makan ini masih mengonsumsi produk hewani seperti telur, keju, atau susu. Menerapkan pola diet vegetarian diketahui bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menurunkan berat badan. 

Tidak hanya itu, vegetarian juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga risiko penyakit jantung bisa dikurangi. Metode diet yang satu ini juga bisa membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kanker prostat, kanker usus besar, serta diabetes tipe 2. 

Baca juga: Berat Badan Turun Drastis, Waspada Efek Sampingnya

Menjalani diet memang bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika hal ini malah memicu gejala atau menyebabkan sakit, sebaiknya hentikan diet sebab itu bisa berarti metode diet yang dijalani bisa jadi tidak cocok. Jika kondisi tubuh memburuk, segera pergi ke rumah sakit. Cari tahu lokasi rumah sakit terdekat dengan aplikasi Halodoc. Download Halodoc segera di App Store dan Google Play!

Referensi:
Eat This. Diakses pada 2021. The #1 Best Diet for 2021, According to Experts.
MSN. Diakses pada 2021. The best weight loss diets for 2021, according to experts.
NHS UK. Diakses pada 2021. Live Well. What is a Mediterranean Diet?
WebMD. Diakses pada 2021. What’s Ketogenic Diet?
NHS UK. Diakses pada 2021. The Vegan Diet.
WebMD. Diakses pada 2021. Vegetarian Diets - What is a vegetarian?