Muncul Gejala Kanker Kulit? Segera Hubungi 5 Dokter Ini

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 April 2024

“Kanker kulit terjadi dengan ditandai oleh perubahan pada kulit, seperti munculnya benjolan, tahi lalat, dan bercak dengan ukuran yang tidak normal. Hubungi dokter di Halodoc apabila muncul gejala tersebut.”

Muncul Gejala Kanker Kulit? Segera Hubungi 5 Dokter IniMuncul Gejala Kanker Kulit? Segera Hubungi 5 Dokter Ini

DAFTAR ISI:

  1. Jenis-jenis Kanker Kulit
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Atasi Kanker Kulit
    1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E
    2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E
    3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E
    4. dr. Frieda Sp.D.V.E
    5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Halodoc, Jakarta – Kanker kulit adalah kondisi saat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal dan tak terkendali yang terjadi di epidermis, yaitu lapisan kulit paling luar. 

Hal ini disebabkan oleh kerusakan DNA yang tidak diperbaiki, yang menginduksi mutasi. Mutasi ini menyebabkan sel-sel kulit berkembang biak secara cepat dan membentuk tumor kanker yang bersifat ganas.

Penampakan kondisi ini biasanya ditandai oleh perubahan pada kulit, seperti adanya benjolan, tahi lalat, atau bercak dengan ukuran dan bentuk yang tidak normal.

Paparan sinar ultraviolet dari matahari diyakini menjadi penyebab utama terjadinya kanker kulit. Paparan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit yang pada akhirnya memicu perkembangan kanker.

Jenis-jenis Kanker Kulit

Secara umum, terdapat tiga jenis kanker kulit yang sering dijumpai:

  • Karsinoma sel basal, merupakan jenis kanker kulit yang berasal dari sel-sel di lapisan paling dalam dari epidermis, yaitu lapisan kulit terluar.
  • Karsinoma sel skuamosa, merupakan jenis kanker kulit yang timbul dari sel-sel di lapisan tengah dan paling luar dari epidermis.
  • Melanoma, adalah jenis kanker kulit yang berasal dari melanosit, sel-sel yang bertanggung jawab untuk pembentukan pigmen kulit.

Meskipun kanker kulit melanoma jarang terjadi dibandingkan dengan jenis lainnya, namun dapat dianggap lebih berbahaya karena kemungkinan penyebarannya yang lebih besar.

Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Atasi Kanker Kulit

Jika kamu mengalami gejala kanker kulit, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter yang dapat dipercaya melalui Halodoc

Kamu dapat menerima perawatan yang sesuai serta mendapatkan tambahan informasi yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi kamu. 

Berikut adalah daftar dokter yang memiliki pengalaman luas dalam menangani kasus serupa dan telah menerima ulasan positif dari pasien sebelumnya yang mereka layani:

1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Jika kamu mengalami gejala kanker kulit, kamu dapat berkonsultasi dengan dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E.

Ia merupakan alumnus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2013) dan Universitas Hasanuddin (2022). 

Saat ini, dr. Dyah Ayu Nirmalasari berpraktik di Bima, Nusa Tenggara Barat, dengan pengalaman selama 10 tahun sebagai Spesialis Kulit dan Kelamin.

Dr. Dyah Ayu Nirmalasari juga aktif terlibat dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Ia dapat memberikan saran terkait berbagai penyakit kulit dan kelamin, termasuk kanker kulit dan masalah lainnya.

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2011 dan meraih gelar spesialis di Universitas Udayana pada 2017.

Saat ini, ia aktif berpraktik di Denpasar, Bali, dan merupakan anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 12 tahun dalam bidangnya, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E, menawarkan layanan konsultasi di Halodoc mengenai masalah kulit, termasuk kanker kulit.

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dokter Dina Febriani Sp.D.V.E yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta tahun 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2023.

Saat ini, ia berpraktik di Pekanbaru, Riau, dan aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman lebih dari 14 tahun dalam bidangnya, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi di Halodoc mengenai masalah kulit dan kelamin yang dapat diandalkan.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Frieda Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi dr. Frieda Sp.D.V.E, yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya tahun 2015 dan Universitas Sebelas Maret tahun 2022.

Saat ini, beliau berpraktik di Bogor, Jawa Barat, dan menjadi anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman praktiknya selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi di Halodoc mengenai masalah kulit dan kelamin, termasuk kanker kulit.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit dan kelamin di Halodoc yang dapat kamu hubungi untuk mendapatkan saran perawatan terkait kanker kulit.

Jangan khawatir jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, karena kamu masih bisa membuat jadwal konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc

Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Skin Cancer Foundation. Diakses pada 2024. Skin Cancer Information.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Skin Cancer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan