Musim Banjir, Bisakah Corona Menular Lewat Air?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Februari 2021
Musim Banjir, Bisakah Corona Menular Lewat Air?Musim Banjir, Bisakah Corona Menular Lewat Air?

Halodoc, Jakarta – Banjir tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Di tengah pandemi virus corona yang masih terjadi, muncul pertanyaan apakah virus tersebut bisa menular melalui air banjir. Mengingat, selama ini ada sejumlah penyakit yang harus diwaspadai saat musim banjir tiba. 

Kabar baiknya, hingga kini belum ada bukti yang menyebut bahwa virus corona bisa menular melalui air. Penularan virus corona sejauh ini diketahui bisa terjadi saat seseorang melakukan kontak dekat dengan orang yang sudah terinfeksi, memegang benda yang terkontaminasi kemudian menyentuh mata, mulut, dan hidung tanpa mencuci tangan sebelumnya, serta tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) dari pengidap COVID-19. 

Baca juga: Bukan Cuma Batuk, Virus Corona juga Bisa Menular Saat Bicara

Bukan Corona, Waspadai Hal Ini saat Banjir 

Penularan COVID-19 hingga kini diketahui tidak bisa terjadi melalui air, termasuk saat banjir. Sebenarnya, bisa saja virus corona terdapat di antara benda-benda yang tergenang atau ada di tengah banjir, tapi virus tidak memiliki kemampuan untuk menginfeksi. Kendati begitu, bukan berarti kewaspadaan menjadi longgar pada saat banjir. 

Sangat penting untuk selalu menjaga diri dan orang-orang terdekat dari risiko penularan virus. Jika memungkinan, selalu terapkan cara-cara pencegahan penularan virus corona, seperti menjaga jarak, mengenakan masker, dan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika kesulitan untuk selalu mengakses air bersih, upayakanlah untuk tidak selalu memegang mata, hidung, ataupun mulut saat belum mencuci tangan dan jangan sembarangan memegang benda atau sesuatu yang tidak perlu. 

Baca juga: Penularan Virus Corona pada Hewan, Ketahui Hal Ini

Menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan banyak orang juga perlu dilakukan. Meski sedang berada di tengah bencana, protokol kesehatan tetap harus diterapkan. Mengingat, virus corona masih menjadi pandemi dan penularan masih terus terjadi di seluruh dunia. Meski bencana banjir atau air tidak bisa menularkan corona, ada bahaya lain yang harus diwaspadai. 

Saat banjir, ada banyak risiko yang bisa terjadi, seperti tenggelam atau terbawa arus, cedera, hingga terserang penyakit. Sebab, air banjir mungkin saja mengandung zat-zat atau benda yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Selain itu, ada beberapa penyakit langganan yang bisa muncul pada saat banjir, seperti luka, infeksi, ruam kulit, diare, hingga tetanus. 

Untuk menurunkan risiko penularan penyakit di tengah bencana banjir, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Jika sulit, kamu bisa menggunakan tisu basah yang memiliki kandungan alkohol. Jika mengalami luka pada kulit akibat banjir atau air banjir, upayakan untuk segera merawat dan mencari pertolongan medis. Selain itu, mencegah penyakit juga bisa dilakukan dengan mencuci pakaian yang terkontaminasi air banjir dengan menggunakan deterjen atau air panas sebelum digunakan kembali. 

Ada juga informasi yang menyebut penularan virus corona bisa terjadi melalui air di kolam renang. Hal ini juga kurang tepat. Air tidak bisa menjadi media penularan COVID-19, tapi berenang sebenarnya tidak dianjurkan selama pandemi. Di kolam renang umum, biasanya ada banyak orang dan kemungkinan untuk melakukan kontak dekat dengan orang menjadi sangat tinggi. Jika ada orang yang terinfeksi virus corona di antara keramaian tersebut, besar kemungkinan penularan akan terjadi. 

Baca juga: Ditemukan pada Seafood Asal Indonesia, Corona bisa Menular lewat Makanan?

Meski di tengah bencana banjir, menjaga kesehatan tetap menjadi hal yang penting dilakukan. Kalau sakit dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja. Sampaikan gejala penyakit yang dialami melalui Video/Voice Call atau Chat dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Download Halodoc sekarang! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Can COVID-19 (coronavirus) spread through food, water, surfaces and pets? 
CDC. Diakses pada 2021. Floodwater After a Disaster or Emergency. 
WHO. Diakses pada 2021. Episode #3 - COVID-19 Myths Vs Science. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan