Orang Terdekat Idap Gangguan Bipolar? Psikolog Ini Bisa Beri Perawatan

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   09 Februari 2024

“Gangguan bipolar berpengaruh pada kehidupan pengidapnya. Jika kamu atau orang terdekat memiliki gejalanya, segera hubungi psikolog dan psikiater di Halodoc untuk diagnosis dan perawatan tepat.”

Orang Terdekat Idap Gangguan Bipolar? Psikolog Ini Bisa Beri PerawatanOrang Terdekat Idap Gangguan Bipolar? Psikolog Ini Bisa Beri Perawatan

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Gangguan bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan gangguan suasana hati. Kondisi ini ditandai oleh perubahan ekstrem dalam suasana hati, energi, dan tingkat aktivitas.

Orang dengan gangguan bipolar mengalami episode depresi yang parah, kadang mereka merasa sedih, kehilangan minat akan suatu hal.

Namun di sisi lain, mereka juga mengalami episode mania atau hipomania, yang mana mereka merasa sangat energik, bahagia, atau gelisah. 

Psikolog dan Psikiater yang Bisa Bantu Perawatan Bipolar

Gangguan bipolar sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang, termasuk hubungan pribadi, pekerjaan, dan kesehatan fisik.

Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan diagnosis jika kamu merasa dirimu atau orang terdekat memiliki gejalanya.

Nah, Kenali Fase Gejala Gangguan Bipolar agar bisa segera melakukan diagnosis.

Nantinya, pengobatan untuk gangguan bipolar sering melibatkan kombinasi terapi psikososial dan obat-obatan untuk mengatur suasana hati dan mencegah episode mania atau depresi yang ekstrem.

Nah, berikut beberapa psikolog dan psikiater yang sudah berpengalaman dan bisa kamu hubungi untuk penanganan gangguan bipolar.

Mereka juga memiliki rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

1. Munazilah S.Psi, M.Psi

Kamu bisa menghubungi psikolog terkait gangguan bipolar yang kamu atau orang terdekatmu alami.

Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog merupakan lulusan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pada 2015 dan Universitas Gadjah Mada pada 2019.

Ia saat ini berpraktik di Semarang, Jakarta Pusat dan Depok dan juga masuk sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Dengan pengalaman sebagai psikolog klinis selama 6 tahun, Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog  mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait gangguan bipolar.

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, pekerjaan dan karier, pengembangan diri dan gangguan mood. Namun, Moody Bukan Berarti Bipolar, Kenali Perbedaannya.

Chat Munazilah S.Psi, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. Dina Zhafarina M.Psi

Psikolog lain yang bisa kamu hubungi, yaitu Dina Zhafarina M.Psi, Psikolog. Ia adalah alumnus Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma pada 2015 dan Universitas Persada Indonesia YAI pada 2019.

Dina Zhafarina M.Psi, Psikolog berpraktik di Jakarta Pusat dan tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Ia memiliki pengalaman 4 tahun sebagai psikolog, sehingga kamu bisa berdiskusi seputar gangguan bipolar di Halodoc dengannya.

Tak hanya itu, Dina Zhafarina M.Psi, Psikolog juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, depresi, gangguan kecemasan, stres, gangguan kepribadian, pekerjaan dan karier.

Chat Dina Zhafarina M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. Bayu Prasetya Yudha S.Psi, MM, M.Psi

Jika kamu atau orang terdekat mengalami tanda-tanda gangguan bipolar, kamu bisa menghubungi Bayu Prasetya Yudha S.Psi, MM, M.Psi, Psikolog.

Ia merupakan alumnus Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia YPTK pada 2009 dan Universitas Persada Indonesia YAI pada 2019.

Bayu Prasetya Yudha S.Psi, MM, M.Psi, Psikolog berpraktik di Pariaman, Sumatera Barat, dan tergabung sebagai anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Berpengalaman sebagai psikolog klinis dewasa selama 4 tahun, Bayu Prasetya Yudha S.Psi, MM, M.Psi, Psikolog mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait gangguan bipolar.

Selain itu, ia juga bisa memberikan konsultasi seputar keluarga dan hubungan, depresi, gangguan kecemasan, trauma, seks, dan identitas seksual.

Chat Bayu Prasetya Yudha S.Psi, MM, M.Psi, Psikolog mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. Mariati Sp.KJ

Gangguan bipolar tak boleh kamu sepelekan, sehingga kamu perlu mencari pertolongan dari tenaga professional.

Nah, kamu bisa menghubungi dr. Mariati Sp.KJ yang merupakan dokter spesialis kejiwaan.

Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh pada 2013 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Saat ini, dr. Mariati Sp.KJ melakukan praktik di Kecamatan Idi Rayek, Kabupaten Aceh Timur. Ia juga terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Dokter Mariati Sp.KJ telah berpengalaman sebagai dokter jiwa selama 8 tahun, sehingga kamu tak perlu ragu untuk berkonsultasi terkait gangguan bipolar di Halodoc

Ia juga bisa memberikan konsultasi seputar depresi, gangguan kepribadian, gangguan mood, trauma, pengembangan diri maupun masalah kesehatan mental lainnya.

Chat dr. Mariati Sp.KJ dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ

Pilihan dokter spesialis kejiwaan lain yang dapat kamu hubungi adalah dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ.

Ia mendapatkan gelar dokternya di Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia pada 2013 dan Universitas Udayana pada 2022.

Dokter Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ saat ini berpraktik di Brebes, Jawa Tengah dan tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Berbekal pengalaman menjadi dokter kejiwaan selama 10 tahun, kamu bisa berkonsultasi dengannya terkait gangguan bipolar di Halodoc. 

Chat dr. Sarah Endang S. Siahaan Sp.KJ dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi psikolog dan psikiater yang bisa bantu atasi gangguan bipolar. 

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Nah, untuk mengetahui masalah kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Bipolar Disorder
WebMD. Diakses pada 2024. Types of Bipolar Disorder
Medical News Today. Diakses pada 2024. Bipolar type definitions
Mind. Diakses pada 2024. What types of bipolar disorder are there?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan