Orangtua Perlu Tahu, Ini 5 Ciri Anak Indigo

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Maret 2022

“Anak indigo biasanya diyakini punya kemampuan khusus yang berkaitan erat dengan dunia supranatural. Selain itu, mereka juga punya karakteristik yang unik dan kepekaan lebih terhadap lingkungan sekitar.”

Orangtua Perlu Tahu, Ini 5 Ciri Anak IndigoOrangtua Perlu Tahu, Ini 5 Ciri Anak Indigo

Halodoc, Jakarta – Anak indigo merupakan sebutan untuk anak yang dipercaya punya kemampuan dan karakter yang berbeda dari anak-anak seusianya. Mereka juga sering dianggap punya kemampuan seperti halnya paranormal, misalnya memprediksi masa depan atau melihat apa yang tidak mampu dilihat oleh orang biasa. Tentunya, pola asuh anak yang diterapkan untuk anak dengan kondisi ini pun berbeda. 

Indigo sendiri merupakan kata yang berasal dari nama-nama warna yang khas dengan indigo, yaitu nila, biru gelap, dan ungu. Warna-warna ini diyakini sebagai aura yang terpancar dari diri anak indigo yang mampu mendefinisikan kepribadian dan kelebihan yang dimiliki. Secara fisik, anak indigo tidak berbeda dengan anak lainnya, tetapi ada ciri anak indigo yang khas yang bisa ibu perhatikan:

  1. Memiliki Persepsi Sensori Ekstra

Intuisi bahkan tidak mampu menjelaskan jenis firasat yang dimiliki anak. Mereka tampaknya hampir memiliki ESP (ekstra sensorik persepsi) karena mereka membuat pilihan yang benar yang membuat seolah-olah mereka tahu sesuatu akan terjadi. Contohnya, menepi tepat sebelum sepeda motor berbelok yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Para peneliti di Journal of Parapsychology mempelajari anak-anak asli Amerika dan kemampuan mereka untuk menebak bentuk pada kartu tes ESP yang disembunyikan oleh layar. Mereka memiliki hasil persepsi yang tinggi di atas rata-rata tingkat peluang. Anak-anak asli memprediksi kartu dengan peluang 700 banding 1, dibandingkan dengan hasil tipikal dengan peluang rata-rata.

  1. Mengetahui Apa yang Hendak Terjadi

Jika anak sangat perseptif dan tahu ketika ada sesuatu yang salah, bisa jadi ia adalah seorang indigo. Misalnya, Si Kecil mengetahui kalau ibu dan ayah sedang bertengkar meski ibu tidak memperlihatkannya. Apakah mereka menangkap bahasa tubuh yang ibu perlihatkan atau memiliki cara lain untuk mengetahuinya, hanya mereka yang tahu.

  1. Melihat Hal yang Tidak Dapat Dilihat Orang Lain

Ciri anak indigo berikutnya adalah anak mengatakan bahwa mereka melihat sesuatu, tetapi ibu tidak dapat melihatnya. Makhluk fantasi tampaknya tertarik pada keterbukaan anak untuk menerima berbagai jenis energi. Anak akan berbicara dengan mereka atau memberi tahu tentang mereka, menatap ke kejauhan pada salah satu teman yang tak terlihat.

  1. Punya Teman Imajiner

Apakah anak memiliki bakat untuk merasakan aura dan hal-hal yang tidak dapat dilihat orang dewasa? Atau apakah anak merasa canggung secara sosial? Beberapa peneliti percaya bahwa telah terbentuk konsep New Age tentang anak indigo untuk membingkai ulang “masalah” psikologis masa kanak-kanak seperti ketergantungan pada teman khayalan. 

Dengan begitu, anak akan dipandang memiliki kepribadian yang lebih positif dan unik, bukan masalah psikologis. Para peneliti di The Journal of Alternative and Emergent Religions mengatakan anak-anak indigo memiliki aura berwarna nila dan kemampuan spiritual yang unik. Anak-anak ini mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan kondisi sosial dan sering didiagnosis dengan Attention Deficit Disorder. 

  1. Memiliki Kepribadian yang Unik

Anak indigo sangat cerdas dan mampu memecahkan masalah dengan cara yang tidak bisa dibayangkan orang dewasa. Mereka akan tampak terganggu atau lalai, bisa jadi karena sesuatu yang tidak terlihat menarik perhatian mereka. Anak itu sering tampak lebih serius daripada tersenyum. Bertindak seperti orang dewasa dalam kebijaksanaan memberi anak indigo perasaan telah hidup beberapa kehidupan sebelumnya.

Jadi, apakah Si Kecil menunjukkan salah satu ciri anak indigo? Tidak perlu khawatir, bu, berikan pemahaman yang tepat tentang apa yang mereka rasakan. Jika ibu membutuhkan bantuan ahli, jangan ragu untuk bertanya pada psikolog langsung melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa download aplikasinya di Play Store maupun App Store. 

Referensi: 
Power of Positivity. Diakses pada 2022. 5 Signs You Have An Indigo Child.
A.A. Foster. 1943. Diakses pada 2022. ESP Test with American Indian Children: a Comparison Methods. The Journal of Parapsychology 7(2): pg. 94.
Sarah W. Whedon. 2009. Diakses pada 2022. The Wisdom of Indigo Children: An Emphatic Restatement of the Value of American Children. The Journal of Alternative and Emergent Religions 12(3): pp.60-76.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan