Inilah Penanganan Segera Jika Anak Menelan Benda Asing

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   07 Juli 2020
Inilah Penanganan Segera Jika Anak Menelan Benda AsingInilah Penanganan Segera Jika Anak Menelan Benda Asing

Halodoc, Jakarta - Anak-anak, terutama bayi, balita, dan anak prasekolah, pada dasarnya memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mereka selalu ingin menyentuh, mencium, dan merasakan semua benda yang bisa didapatkan. Keingintahuan ini dapat menyebabkan situasi yang berbahaya ketika mereka secara tidak sengaja menelan benda asing. 

Sebagian besar benda asing yang tertelan oleh anak dapat melewati saluran pencernaan tanpa masalah. Namun, ada beberapa benda asing seperti baterai, magnet, atau benda tajam dan berat lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan internal dalam tubuh yang lebih serius. Lalu bagaimana cara mengetahui dan mengatasinya?

Baca Juga: Tiba-Tiba Susah Menelan Bisa Jadi Kena Akalasia

Cara Mengetahui Ada Benda Asing Tertelan oleh Anak

Ini menjadi peristiwa yang sangat menakutkan bagi orangtua ketika melihat anak memasukan benda asing ke dalam mulutnya. Namun, terkadang tidak semua tindakan anak selalu dalam pengawasan orangtua. Sehingga, ayah dan ibu tidak tahu apakah anak telah menelan benda asing. 

Cara paling umum yang dapat dilakukan orangtua untuk mengetahui apakah anak menelan benda asing adalah adanya gejala akut. Misalnya keluarnya air liur yang banyak pada anak secara tiba-tiba, muntah, batuk, atau anak mengeluhkan nyeri dada.

Orangtua harus segera membawa anak ke ruang gawat darurat untuk pemeriksaan jika:

  • Orangtua melihat anak menelan baterai, magnet, atau benda tajam.
  • Ayah dan ibu mencurigai anak telah menelan benda asing dan anak mengeluh gejala akut seperti sakit perut dan nyeri dada. 
  • Anak bertingkah atau mengeluhkan perasaan seperti ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokannya. 
  • Anak kesulitan bernapas.
  • Kesulitan menelan.
  • Mengeluarkan air liur.
  • Muntah.
  • Batuk.
  • Tersedak.

Baca Juga: 9 Penyebab Disfagia yang Perlu Diketahui

Jika ayah dan ibu curiga anak telah menelan benda asing yang tidak beracun, seperti manik-manik kecil atau koin, tetapi anak tidak menunjukkan gejala akut, awasi dia setidaknya selama 24 jam. Terkadang benda bisa tersangkut di saluran pencernaan tanpa menimbulkan gejala. Jika salah satu dari tanda-tanda berikut terjadi, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc segera:

  • Muntah dan keluar air liur banyak.
  • Tersedak.
  • Tidak mau makan.
  • Batuk.
  • Nyeri dada.

Perawatan Segera Saat Anak Menelan Benda Asing

Jika anak menelan benda tajam atau besar, segeralah bawa anak ke unit gawat darurat. Benda-benda yang berukuran 1 inci atau lebih besar dapat tersangkut di kerongkongan dan menghalangi pernapasan. Jangan mencoba untuk mengeluarkannya secara paksa, tindakan ini justru dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan. Jangan pula mencoba anak untuk memaksakan untuk memuntahkannya. 

Jika anak sulit bernapas karena jalan napasnya tersumbat, perawatan darurat

sangat diperlukan. Benda asing dapat dihilangkan dari jalan napas dengan tepukkan

atau pukulan di area punggung, manuver Heimlich, atau CPR

Benda-benda runcing bisa menusuk esofagus atau usus. Baterai kecil, seperti baterai arloji, dapat menyebabkan kerusakan jaringan. barang-barang ini harus segera dihilangkan dan membutuhkan bantuan medis. 

Baca Juga: Kenali Gangguan Makan Anak Sejak Dini

  • Perawatan Rumah

Jika anak tidak memperlihatkan gejala meski tampaknya telah menelan benda asing, dokter mungkin memutuskan untuk menunggu dan melihat apakah benda melewati tubuh secara normal. Orangtua juga mungkin perlu memperhatikan gejalanya seperti muntah, demam, atau tanda-tanda nyeri. Dokter mungkin juga meminta orangtua untuk memeriksa tinja anak untuk memastikan apakah benda telah keluar dari tubuh. 

  • Operasi

Dokter mungkin akan segera mengambil tindakan operasi jika benda asing yang tertelan menyebabkan sakit atau kerusakan pada usus atau kerongkongan. Ini mungkin memerlukan pembedahan atau endoskopi untuk mengangkat objek tanpa menusuk usus atau kerongkongan.

Anak-anak, bayi, balita, bahkan orang dewasa sangat memungkinkan untuk menelan benda asing. Pada kebanyakan kasus, sistem pencernaan akan memproses benda asing tersebut secara alami dan tubuh akan melewati proses dalam tujuh hari tanpa menyebabkan kerusakan. 

Namun, beberapa benda asing yang tertinggal di tubuh dapat menyebabkan infeksi atau kerusakan organ. Langkah terbaik adalah menghubungi dokter. Apabila benda asing menghalangi jalan napas, segera cari perawatan medis. 



Referensi:
Children’s Health. Diakses pada 2020. What to do if your child swallows a penny – or other object.
Healthline. Diakses pada 2020. Swallowed (or Inhaled) Foreign Object.

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan