• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan tentang Grooming untuk Hewan Peliharaan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penjelasan tentang Grooming untuk Hewan Peliharaan

Penjelasan tentang Grooming untuk Hewan Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 07 September 2021
Penjelasan tentang Grooming untuk Hewan Peliharaan

“Grooming adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar hewan peliharaanmu bersih dan cantik. Namun, apa sih arti grooming yang sebenarnya? Lalu, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan oleh hewan peliharaan? Penting untuk mengetahui ini semua.”

Halodoc, Jakarta – Setiap pemilik hewan peliharaan pasti ingin salah satu “anggota keluarganya” memiliki bulu yang bersih dan halus. Untuk mendapatkan hal tersebut, ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan secara rutin, salah satunya adalah grooming. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak tahu arti dari grooming dan manfaatnya bagi hewan kesayangannya. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini!

Apa Sih Arti Grooming pada Hewan?

Grooming hewan secara teratur memungkinkan pemiliknya untuk mencegah penyakit atau kondisi yang dapat berkembang menjadi penyakit lebih awal. Dengan begitu, penyakit yang dapat menyerang bisa diobati lebih cepat dan lebih efisien, sehingga tidak memiliki efek jangka panjang pada hewan peliharaan. Perawatan ini dapat dilakukan sendiri atau melalui profesional.

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

Banyak orang yang lebih mudah untuk mengirim hewan peliharaan ke groomer profesional secara teratur. Padahal, proses grooming yang dilakukan sendiri dapat menjadi bagian penting dari pembelajaran dan dapat memberi manfaat saat ia dewasa. Hal ini baik untuk perawatan hewan peliharaan kesayanganmu, seperti potong kuku dan pembersihan telinga agar ia belajar untuk duduk diam selama proses dilakukan.

Lalu, apa saja manfaat dari grooming untuk hewan peliharaan? Nah ini penjelasannya:

1. Menyikat

Memang menyikat merupakan salah satu bagian paling besar dari proses grooming. Namun, ini bukan satu-satunya metode yang dilakukan. Dengan menyikat secara teratur dapat menghilangkan kotoran, ketombe, dan rambut mati pada hewan peliharaan. Pada kucing, tindakan ini dapat mengurangi jumlah bola rambut yang tertelan.

Cara ini juga dapat mencegah bulu kusut dan anyaman yang dapat menyebabkan rasa sakit dan infeksi. Menyikat juga dapat merangsang minyak alami pada bulu hewan yang membuat bagian tubuh tersebut berkilau dan sehat.

Dengan cara ini, kamu dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi pada tubuh hewan dan masalah lainnya, seperti pembengkakan atau kelainan lainnya.

Baca juga: Begini Cara Tepat Memandikan Anak Kucing Peliharaan

2. Mandi

Rutin memandikan hewan kesayangan dapat memastikan tubuhnya tetap bersih dan bebas kuman. Namun, pastikan untuk tidak melakukannya terlalu sering karena dapat berdampak buruk pada kesehatannya.

Hal ini karena dapat menghilangkan semua minyak alami dari kulit dan meninggalkan bercak kering yang gatal. Jika digaruk, infeksi dapat terjadi dan membahayakan kesehatannya.

Jika kamu ingin bertanya tentang manfaat dari grooming pada hewan peliharaan, dokter hewan dari Halodoc siap menjawabnya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dari ahli medis tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Nikmati kemudahan ini sekarang juga!

3. Potong Kuku

Hewan peliharaan dapat memiliki kuku yang sangat tajam. Maka dari itu, pastikan untuk sering dipotong agar terhindar dari cedera serius. Memotong secara teratur dapat mengurangi risiko cedera, mencegahnya tersangkut di karpet, dan tidak terjadinya kuku yang tumbuh ke dalam. Untuk hewan peliharaan yang lebih tua, potong kuku dapat meredakan radang sendi dan nyeri sendi.

Baca juga: Seberapa Seringkah Kucing Harus Dimandikan?

Nah, itulah penjelasan tentang arti grooming pada hewan peliharaan serta manfaatnya. Rutin melakukan grooming sendiri pada hewan peliharaanmu, kamu dapat meningkatkan kedekatan satu sama lain. Selain itu, hewan peliharaanmu mungkin akan lebih menurut atas perintah yang kamu katakan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Heritage Veterinary Hospital. Diakses pada 2021. The Importance of Pet Grooming.
Best Friends. Diakses pada 2021. Pet Grooming Tips.