• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Potong Kuku untuk Cegah Virus Corona

Pentingnya Potong Kuku untuk Cegah Virus Corona

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Semua orang berusaha keras untuk tidak terserang virus corona. Beberapa hal telah dilakukan, seperti bekerja dari rumah, melakukan physical distancing, menghindari seseorang yang batuk dan bersin, hingga rajin mencuci tangan. Namun, bisa saja kamu tidak melakukannya dengan benar sehingga risiko untuk terserang semakin meningkat.

Salah satu hal yang jarang diperhatikan oleh orang banyak adalah memotong kuku. Seseorang yang mempunyai kuku yang panjang dan tidak dibasuh dengan benar dapat menjadi sarang dari penyebab penyakit COVID-19. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan lengkapnya berikut!

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan

Cegah Virus Corona dengan Rajin Memotong Kuku

Saat seseorang mencuci tangan untuk mencegah terserang virus corona, kadang ada satu bagian yang dilupakan, yaitu kuku. Padahal, bagian tersebut dapat menjadi sarang bakteri atau virus mengendap dan mampu masuk ke tubuh ketika memegang mulut atau sedang makan. Karenanya, menjaga kebersihan kuku dengan memotongnya dapat mencegah penyebaran virus corona.

Seseorang yang memiliki kuku panjang akan kesulitan untuk membersihkan bagian tersebut jika menggunakan hand sanitizer. Hal tersebut dinilai tidak efektif. Pilihannya antara menggunting kuku agar pendek atau membersihkan tangan dengan sabun dan memperhatikan area tersebut agar tidak menjadi sarang virus.

Selain itu, kebiasaan menggigit kuku juga dapat menyebabkan risiko tertular virus corona meningkat. Semua penyebab penyakit yang menempel di kuku dapat masuk ke mulut saat melakukan hal tersebut jika tidak mencuci tangan dengan benar.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mencuci tangan dengan benar?

  • Langkah Pertama: Basuh tangan dengan air yang mengalir.

  • Langkah Kedua: Oleskan sabun yang cukup untuk menutupi tangan yang basah.

  • Langkah Ketiga: Bersihkan semua permukaan tangan, termasuk punggung tangan, di sela-sela jari, hingga di bawah kuku. Lakukan paling tidak selama 20 detik.

  • Langkah Keempat: Bilas hingga bersih dengan air yang mengalir.

  • Langkah Kelima: Keringkan tangan dengan kain bersih atau handuk sekali pakai.

Baca juga: Begini Agar Anak Aman dari Virus Corona

Maka dari itu, penting untuk lebih sering mencuci tangan, terutama sebelum makan, setelah kembali dari luar rumah, setelah batuk atau bersin, dan setelah memegang benda-benda yang banyak dipegang oleh orang lain. Kamu juga dapat melakukan hal ini paling tidak satu jam sekali untuk menjaga bagian tangan tetap bersih.

Apabila sabun dan air tidak tersedia atau keadaan tidak memungkinkan, cobalah untuk menggunakan pembersih tangan dengan bahan dasar alkohol dengan kadar paling tidak 60 persen. Hal tersebut dapat efektif untuk membunuh virus corona yang menempel di tangan. Kamu juga harus selalu mencuci tangan dengan sabun dan air jika tangan terlihat kotor.

Menjaga memang selalu lebih baik daripada mengobati. Di tengah maraknya penyebaran virus corona ini, ada baiknya untuk selalu memperhatikan bagian kuku, sebagai tindakan pencegahan virus corona terhadap diri sendiri dan juga orang sekitar. Jangan sampai kamu malah menjadi penyebar penyakit tersebut walaupun kamu tidak mengalami gejalanya.

Baca juga: Fakta Baru, Virus Corona Mampu Bertahan di Udara

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait gejala hingga cara pencegahan virus corona. Tanpa perlu khawatir, komunikasi dapat dengan mudah dilakukan kapan dan di mana saja melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
UNICEF. Diakses pada 2020. Coronavirus disease (COVID-19): What parents should know.
CDC. Diakses pada 2020. Keeping Hands Clean.