Penyebab Anjing Takut dengan Suara Petir

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Juni 2021
Penyebab Anjing Takut dengan Suara PetirPenyebab Anjing Takut dengan Suara Petir

Halodoc, Jakarta – Hujan deras sering kali diikuti oleh suara petir yang memekakkan telinga. Tidak hanya manusia, ternyata anjing pun merasa ketakutan saat mendengar suara petir yang menggelegar. Kondisi ini dikenal dengan istilah astraphobia atau thunder phobia. Sebenarnya, apa alasan anjing takut dengan suara petir? Berikut pembahasannya!

Anjing dan Suara Petir

Menurut Dr. Ragen T.S. McGowan, seorang Ilmuwan Riset Perilaku Hewan di Purina, tidak semua anjing takut atau merasa cemas saat mendengar suara petir. Kondisi ini bergantung pada kepribadian anjing dan pengalaman mereka pada masa lalu.

Biasanya ada lebih banyak yang terjadi sebelum munculnya petir, misalnya perubahan tekanan udara, angin kencang, hujan, dan kilat. Hal ini dapat menyebabkan munculnya kecemasan bahkan sebelum hujan badai datang. Beberapa kondisi tersebut dipicu oleh perubahan dalam rutinitas harian anjing, sementara itu faktor lainnya adalah beberapa anjing memiliki pendengaran yang lebih sensitif.

Banyak anjing dapat merasakan perubahan tekanan udara atau mungkin mendengar gemuruh guntur berfrekuensi rendah jauh sebelum manusia dapat merasakannya. Kamu bisa mengenali tanda kecemasan pada anjing, seperti telinga ke belakang, ekor ke bawah, mata lebar, terlihat terengah-engah, menjadi lebih agresif, menggonggong berlebihan, perilaku berulang, buang air kecil atau besar sembarangan di dalam rumah, menjilat bibir, dan sering menguap. 

Baca juga: Inilah Tanda-Tanda Anjing Mengalami Penurunan Penglihatan

Menenangkan Anjing saat Mendengar Petir

Jika anjing mengidap astrafobia, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantunya tetap tenang saat petir terdengar, yaitu: 

  • Tetap Tenang

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah tetap tenang di sekitar anjingmu selama petir terdengar. Anjing melihat tuannya untuk meyakinkan diri mereka. Jadi, menunjukkan kepada mereka bahwa kamu tenang dan santai akan membantu anjing memahami bahwa tidak ada hal yang perlu dicemaskan.

  • Buat Ruang Aman

Berikan anjing ruangan yang aman untuk pergi saat mereka ketakutan. Jika anjing terlatih dalam kandang, mereka mungkin merasa paling aman di kandangnya dengan mainan untuk mengisi waktunya. Tutup kandang dengan selimut untuk membantu menyerap suara dan biarkan pintu kandang terbuka sehingga anjing tidak merasa terjebak. Jika kamu tidak memiliki kandang atau anjing tidak terbiasa dalam kandang, coba buat tempat yang aman. Tutup gorden agar anjing tidak bisa melihat ke luar.

Baca juga: Anjing Sering Menguap, Tanda Sedang Mengantuk?

  • Alihkan Perhatiannya

Jika anjing takut dengan petir, kamu bisa menyalakan TV atau musik yang menenangkan untuk meredam kebisingan. Ajak anjingmu bermain dan berikan camilan favoritnya. Lakukan apa yang kamu bisa untuk menciptakan asosiasi positif saat anjing mendengar dengan suara petir.

  • Bicarakan dengan Dokter Hewan

Dokter hewan adalah orang terbaik untuk diajak berdiskusi. Kamu pasti akan disarankan untuk melakukan beberapa hal guna mengurangi kecemasan. Jika kecemasan pada anjing terlihat parah, mintalah dokter hewan untuk memberikan saran pengobatan alternatif sehingga anjing merasa lebih tenang.

Supaya lebih mudah, kamu bisa tanya jawab dengan dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak harus pergi ke klinik, kamu dapat menanyakan solusi pengobatan untuk masalah kesehatan yang terjadi pada hewan peliharaan cukup dengan ponsel. Sudah punya aplikasinya? Kalau belum, segera download, ya!

Baca juga: Begini Cara Melatih Anjing untuk Memberikan Salam

Ingatlah untuk selalu melatih penguatan positif dengan anjing peliharaanmu. Jangan pernah memarahi atau menghukum hanya karena anjing memiliki fobia petir, karena hal tersebut terjadi akibat ketakutan, bukan ketidaktaatan. Mengajari anjing asosiasi baru dan menyenangkan adalah cara terbaik untuk meredakan kecemasannya.

Referensi:
Purina. Diakses pada 2021. Why are Dogs Scared of Thunder?
N. Cottam and N. Dodman. 2009. Diakses pada 2021. Comparison of the effectiveness of a purported anti-static cape (the Storm Defender) vs. a placebo cape in the treatment of canine thunderstorm phobia as assessed by owners’ reports. Applied Animal Behaviour Science 119: 78-84.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan