Perlu Tahu, Ini Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 November 2021
Perlu Tahu, Ini Manfaat Garam Himalaya untuk KesehatanPerlu Tahu, Ini Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan

“Garam himalaya diyakini memiliki lebih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika dibandingkan dengan garam dapur biasa. Ini karena banyaknya mineral yang terkandung dalam garam tersebut. Lalu, apa saja manfaatnya?”

Halodoc, Jakarta – Selain garam dapur atau biasa disebut garam meja yang sering kamu pakai untuk menambah rasa pada masakan, masih ada lagi jenis garam lain yang bisa digunakan, yaitu garam himalaya. Tidak seperti garam dapur yang memiliki warna putih bersih, garam himalaya memiliki warna merah muda. Garam tersebut berasal dari pertambangan garam paling besar di kaki Gunung Himalaya, Khewra Salt Mine, Pakistan. 

Kabarnya, garam himalaya menjadi salah satu garam paling murni yang ada di dunia. Pasalnya, garam tersebut mirip dengan garam meja yang sering dipakai memasak. Selain warnanya, perbedaan lain antara garam himalaya dengan garam dapur adalah butiran yang lebih besar dan tekstur yang lebih kasar. Selain itu, bentuk garam himalaya juga mirip dengan kristal. 

Sementara untuk kandungannya, garam himalaya disebut mengandung natrium klorida sebesar 98 persen. Tak hanya itu, ada pula berbagai mineral lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, sulfur, dan magnesium. Berbagai mineral inilah yang membuat garam himalaya mengeluarkan warna merah muda dan rasa yang khas, dibandingkan dengan garam dapur biasa. 

Berbagai Manfaat garam Himalaya untuk Kesehatan

Tingginya kandungan mineral dalam garam himalaya membuat garam ini diklaim memiliki banyak manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, sehingga dikatakan lebih tepat sebagai menu diet untuk hidup sehat. Apa saja? 

  • Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah
menjaga keseimbangan tekanan darah

Katanya, garam himalaya memiliki potensi untuk membantu mengendalikan tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya hipertensi. Hal ini disebabkan karena kandungan sodium dalam garam tersebut yang lebih sedikit dibandingkan dengan garam dapur. Sebut saja, dalam satu sendok teh, garam dapur memiliki kandungan sodium sebanyak 2.300 miligram, sementara garam himalaya hanya mengandung 2.000 miligram sodium. 

Namun, kamu tetap perlu mengetahui bahwa konsumsi garam berlebihan, meski kandungan sodiumnya terbilang rendah, tentu akan memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Jadi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang hal tersebut. Atau, kamu bisa tanyakan langsung pada dokter ahli terkait hal ini. Pakai saja aplikasi Halodoc, kamu bisa download gratis di ponselmu. 

  • Sifatnya Lebih Alami
sifatnya lebih alami

Tak sedikit orang percaya bahwa garam himalaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena sifatnya yang lebih alami. Ternyata, hal tersebut memang benar. Garam dapur memiliki kandungan tambahan untuk mencegah terjadinya penggumpalan, seperti magnesium karbonat atau natrium aluminosilikat. Sementara itu, proses penyulingan garam himalaya diklaim tidak memakai zat tambahan dalam bentuk apapun. 

  • Membuat Tidur Lebih Berkualitas
membuat tidur lebih berkualitas

Semua jenis garam, tak terkecuali garam himalaya memiliki kandungan natrium klorida di dalamnya. Nah, ketika kamu memutuskan untuk mengurangi asupannya dengan diet rendah garam, ada kemungkinan besar kamu akan mengalami kesulitan tidur. Inilah mengapa, garam himalaya disarankan untuk dikonsumsi karena bisa membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Hal ini terkait dengan anggapan bahwa garam himalaya lebih baik daripada garam dapur, ya!

  • Lebih Menghidrasi Tubuh
lebih menghidrasi

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi garam himalaya adalah membantu menjaga cairan atau menghidrasi tubuh. Garam memang diperlukan tubuh untuk membantu menjaga keseimbangan cairan di dalamnya. Nah, garam satu ini disinyalir bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh yang membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Akan tetapi, tetap batasi asupan hariannya ya, jangan sampai berlebihan karena bisa mengakibatkan tekanan darah naik. 

  • Membuat Fungsi Tubuh Lebih Maksimal
membuat fungsi tubuh lebih maksimal

Banyaknya kandungan mineral dalam garam himalaya, misalnya zat besi, sulfur, magnesium, kalsium, dan kalium membuat garam ini mampu membantu tubuh melakukan fungsinya dengan lebih maksimal. Tak hanya itu, garam himalaya juga membantu menjaga semua bagian tubuh tetap sehat, termasuk otak, jantung, otot, dan tulang. Mineral dalam garam tersebut juga sangat berguna untuk menjaga enzim dan hormon di dalam tubuh tetap terbentuk secara optimal. 

Nah, itu tadi beberapa manfaat garam himalaya untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun, asupan yang berlebihan juga memicu sederetan efek samping, meski banyak yang menyebutkan sisi lebihnya. Tubuh juga akan berpotensi kekurangan yodium, meningkatkan risiko obesitas, hingga membuat kerja jantung dan ginjal semakin berat. Jadi, tetap penuhi asupan harian sesuai kebutuhan, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. Is Pink Himalayan Salt Better Than Regular Salt?
Verywell Fit. Diakses pada 2021. Does Himalayan Pink Salt Have Health Benefits?
Medical News Today. Diakses pada 2021. Does pink Himalayan salt have any health benefits?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan