Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Kanker Payudara

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 April 2021
Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Kanker PayudaraPola Hidup Sehat untuk Pengidap Kanker Payudara

Halodoc, Jakarta – Didiagnosis penyakit kanker payudara tentu memberikan perubahan besar baik secara fisik maupun emosional pada hidup seseorang. Meski begitu, pengidap kanker payudara tidak perlu berkecil hati, karena sudah ada banyak pilihan pengobatan yang bisa dijalani pengidap untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Selain melakukan pengobatan, pengidap kanker payudara juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat. Lantas, seperti apa pola hidup sehat untuk pengidap kanker payudara? Berikut ulasannya.

Baca juga: Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Terdiagnosis Kanker Payudara

Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Kanker Payudara

Menjalani pola hidup sehat penting bagi pengidap kanker payudara karena bisa mendukung pengobatan kanker dan membuat kondisi kesehatan membaik. Pola hidup sehat juga mampu meningkatkan kesehatan jangka panjang pengidap. Berikut pola hidup sehat untuk pengidap kanker payudara:

Menerima Dukungan Emosional

Memiliki orang-orang terdekat sebagai penyemangat dan pemberi dukungan sangat penting bagi kesehatan pengidap kanker payudara, terutama dukungan secara emosional.

Banyak penelitian sudah membandingkan pengidap kanker yang menerima dukungan sosial paling banyak dan paling sedikit. Hasilnya, mereka yang mendapatkan dukungan sosial memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan bisa hidup lebih lama.

Kelola Stres dengan Baik

Setelah didiagnosis mengidap kanker payudara, wajar bila kamu mengalami stres. Namun, penting bagi pengidap kanker payudara untuk menemukan cara untuk mengatasi stres. Sebab, stres tidak hanya memengaruhi kesehatan mental tapi juga kesehatan fisik. 

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres dengan baik:

  • Lakukan yoga, tai chi, meditasi dan latihan pernapasan dalam.
  • Habiskan waktu bersama teman dan keluarga.
  • Melakukan hobi atau hal-hal yang disukai.
  • Buatlah buku harian untuk menuliskan perasaan kamu. Bila kamu merasa tidak bahagia atau sangat stres, bicarakan dengan dokter.
  • Berolahraga di luar ruangan dan hubungkan diri dengan alam.

Tidur yang Cukup

Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. Hal ini bisa meningkatkan kesehatan, kemampuan untuk bertahan, suasana hati, pengendalian berat badan, memori dan perhatian, dan masih banyak lagi.

Berolahraga secara Teratur

Berolahraga secara teratur selama dan setelah pengobatan kanker bisa memberi banyak manfaat, seperti mengurangi kelelahan, menjaga berat badan sehat, dan tubuh tetap bugar.

Kamu bisa membicarakan dengan dokter mengenai jenis olahraga apa yang aman dan sesuai untuk kondisi kesehatan kamu. Selain berolahraga secara teratur, hindari duduk atau berbaring dalam waktu lama.

Konsumsi Makanan Sehat

Menerapkan pola makan sehat bisa membantu pengidap mengelola efek samping yang ditimbulkan kanker payudara, membantu penyembuhan lebih cepat dan meningkatkan kesehatan. Mengonsumsi makanan sehat juga mampu menurunkan risiko kanker di masa depan.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap kanker payudara:

Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Buah dan sayuran berwarna cerah kaya akan nutrisi tanaman yang disebut fitokimia. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kangkung, dan kubis Brussel merupakan pilihan yang baik karena memiliki sifat antiestrogen. Sementara buah-buahan yang baik untuk pengidap kanker payudara, yaitu buah beri, apel, bawang putih, tomat, dan wortel.

Biji-bijian Utuh

Roti gandum utuh, oatmeal, quinoa, dan biji-biji lainnya kaya akan serat. Memperbanyak konsumsi serat bisa membantu pengidap terhindar dari sembelit yang disebabkan oleh obat kanker tertentu. Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya 25-30 gram serat setiap hari.

Lentil dan Kacang-kacangan

Makanan ini tinggi protein dan rendah lemak.

Protein 

Pilihlah sumber protein yang sehat yang membantu tubuh tetap kuat, seperti dada ayam tanpa kulit, serta ikan berlemak seperti tuna dan salmon. Kamu bisa mendapatkan protein dari sumber non-hewani seperti tahu dan kacang-kacangan.

Baca juga: Sering Konsumsi Daging Beku Picu Tumor Payudara?

Hindari Zat Berbahaya di Lingkungan

Sebisa mungkin hindari paparan racun lingkungan yang bisa meningkatkan risiko kamu terkena kanker dan penyakit lain, seperti asap rokok, asbes, stirena (yang ditemukan di Styrofoam), formaldehida, dan tetrakloroetilen (yang ditemukan dalam cairan pembersih).

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Penyebab Utama Kanker Payudara

Nah, itulah pola hidup sehat yang bisa dijalani oleh pengidap kanker payudara. Bila kamu atau ada orang terdekat yang mengalami kanker payudara, kamu bisa bertanya-tanya seputar pola hidup sehat yang baik untuk kondisimu pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Cancer. Diakses pada 2021. 6 Lifestyle Changes to Improve Your Cancer Care.
Breast Cancer Foundation. Diakses pada 2021. Maintaining a healthy lifestyle.
Healthline. Diakses pada 2021. Breast Cancer and Nutrition: Tips for Maintaining a Healthy Diet.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan