• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Prosedur Bedah Laser untuk Mengatasi Kutil Kelamin

Prosedur Bedah Laser untuk Mengatasi Kutil Kelamin

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Kutil kelamin terjadi ketika area kemaluan seseorang ditumbuhi oleh kutil. Ada beberapa penanganan yang dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya adalah melalui tindakan laser. Penanganan laser digunakan untuk menghancurkan kutil kelamin. Sebelum prosedur dilakukan, dokter akan memberikan anestesi lokal atau umum, tergantung pada jumlah kutil yang akan diangkat atau ukuran area yang akan dirawat. 

Bagi wanita, perubahan sel serviks yang tidak normal yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV) akan ditangani secara berbeda dari kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV. Dokter mungkin juga merekomendasikan jenis operasi tertentu, seperti operasi laser. Kemungkinan, ada beberapa jenis teknik laser yang akan ditawarkan. Berikut ini pembahasannya. 

Baca juga: 3 Tahap Penanganan Kutil Kelamin yang Perlu Diketahui

Jenis Laser untuk Mengatasi Kutil Kelamin

Laser adalah berkas cahaya yang menargetkan objek secara tepat dan fokus. Beberapa laser memancarkan cahaya yang cukup kuat untuk memotong logam. Pada kulit, laser membantu menghilangkan garis-garis halus, rambut yang tidak diinginkan, kerutan, bintik-bintik hitam, dan bintik-bintik penuaan. 

Cara untuk mengatasi kutil kelamin, berikut ini jenis laser yang bisa digunakan, yaitu:

  • Laser Pulsed-Dye

Jenis laser ini dapat digunakan untuk menghilangkan kutil. Cahayanya dapat memanaskan darah di pembuluh kecil di dalam kutil dan menghancurkan pembuluh darah. Tanpa darah, kutil dapat mati dan lepas. Panas laser juga mampu menyerang virus yang menyerang kulit. 

Saat laser bekerja, mungkin terasa seperti ada karet gelang yang menempel di kulit. Kamu tidak akan merasa sakit setelah prosedur selesai. Biasanya kamu akan sepenuhnya sembuh dalam 2-4 minggu. 

Perawatan laser mampu mengatasi bintik-bintik yang sulit dijangkau, seperti kulit kelamin di uretra, saluran yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari tubuh. Tergantung pada berapa banyak kutil yang dimiliki dan letak kutil berada, dokter mungkin akan memberikan obat yang menghilangkan rasa sakit pada area yang yang dirawat.

Perlu diketahui, laser ini dapat memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

  • Kemungkinan akan meninggalkan bekas luka.
  • Saat laser melukai kulit, ia akan mengirimkan kotoran kecil yang mungkin menyebarkan bakteri, virus, atau jamur.

Beberapa dokter mungkin berpikir bahwa laser tidak cukup bekerja dengan lebih baik dibandingkan perawatan lain, seperti menghilangkannya dengan operasi biasa. Tapi laser mungkin akan bekerja lebih baik untuk mencegah kutil datang lagi.

  • Laser Karbon Dioksida

Cahaya dari laser ini sama efektifnya dengan pisau operasi. Namun, tindakan ini mungkin jadi pilihan yang baik jika kutil ada di sekitar kuku jari tangan atau kaki, dan jika perawatan lainnya tidak berhasil. Pertama, dokter menggunakan laser untuk memotong bagian atas kutil. Kemudian, dokter akan membuat cahaya kura fokus, dan sisanya akan membakar habis semua kutil. 

Puing-puing yang ditimbulkannya mungkin termasuk virus yang menyebabkan kutil kelamin. Kamu mungkin memiliki lebih banyak jaringan parut dengan perawatan ini dibandingkan dengan yang didapatkan dari laser pulsed-dye

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Kutil Kelamin

Setelah Perawatan Laser

Waktu pemulihan setelah laser tergantung pada lokasi dan jumlah kutil kelamin yang diangkat. Penyembuhan biasanya terjadi dalam 2 sampai 4 minggu. Bagi pria dan wanita yang pernah menjalani operasi laser, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu mengalami:

  • Pendarahan berlangsung lebih dari 1 minggu
  • Demam
  • Sakit parah
  • Kotoran yang berbau tidak sedap atau kekuningan, yang bisa menunjukkan infeksi.
  • Hindari hubungan seksual sampai area yang dirawat sembuh dan rasa sakitnya hilang. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Kutil Kelamin

Dokter biasanya menggunakan operasi laser untuk kutil kelamin setelah perawatan lain gagal. Ada kekhawatiran bahwa perawatan laser meningkatkan risiko kembalinya kutil dengan menghancurkan sistem kekebalan lokal, yang memungkinkan virus yang tidak aktif menjadi aktif. Keuntungan dari operasi laser adalah jaringan yang berdekatan dan di dalamnya tidak rusak selama perawatan laser. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Laser Surgery for Warts: What to Expect
UW Health. Diakses pada 2020. Laser Surgery for Genital Warts