Rekomendasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam

2 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   21 Juni 2021

“Dokter spesialis penyakit dalam atau internis memiliki peran dan tugas untuk mendiagnosis penyakit, baik akut dan kronis melalui tindakan nonbedah; memberikan rekomendasi perawatan penyakit; dan memberikan pemahaman tentang kesehatan penyakit dalam secara umum kepada pasien”

Rekomendasi Dokter Spesialis Penyakit DalamRekomendasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dokter spesialis penyakit dalam atau internis adalah dokter yang menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan pada pasien dewasa dan lansia. Penanganan yang dilakukan mencakup semua organ tubuh bagian dalam.

Gelar dokter spesialis penyakit dalam atau SpPD diberikan kepada dokter yang sudah menempuh dan menyelesaikan Program Pendidikan Spesialis Ilmu Penyakit Dalam. Ilmu penyakit dalam adalah ilmu kedokteran yang menangani orang dewasa dan lansia, meliputi penyakit-penyakit non-bedah, mencakup hampir seluruh tubuh manusia dengan berbagai keluhan dan gejala penyakit.

Kompetensi atau Tindakan Medis yang Bisa Dilakukan Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Berikut ini adalah beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam:

  • Mengevaluasi gejala  pada pasien, untuk mendiagnosis suatu penyakit.
  • Memberikan pelayanan kesehatan preventif (pencegahan) dasar, seperti vaksinasi dewasa, melakukan upaya penurunan faktor risiko penyakit, menilai keberhasilan terapi, dan merencanakan tindak lanjutnya.
  • Melakukan pemeriksaan fisik dan serta menilai hasil pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan darah, elektrokardiogram (EKG), pemeriksaan fungsi paru, analisis cairan tubuh, misalnya urine dan dahak, foto Rontgen, USG, dan CT scan.
  • Memberikan pengobatan terkait diagnosis dan kondisi pasien.
  • Bersama dokter gizi, mengatur asupan nutrisi dan tatalaksana nutrisi yang terkait penyakit tertentu, misalnya diabetes mellitus, malnutrisi, obesitas, dan penyakit ginjal kronik.
  • Memberikan penanganan pada keadaan kritis dan kedaruratan medis.

Peran dan Tugas Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Berikut ini beberapa peran dan tugas seorang dokter spesialis penyakit dalam:

  • Mendiagnosis dan menangani penyakit pada orang dewasa dan lansia, baik akut maupun kronis, melalui tindakan nonbedah.
  • Memberikan rekomendasi perawatan penyakit yang diderita pasien dewasa dan lansia.
  • Memberikan pemahaman tentang kesehatan secara umum kepada pasien, mencakup cara menjaga kesehatan, dan pencegahan penyakit.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter spesialis penyakit dalam melalui aplikasi Halodoc, rekomendasinya di bawah ini: 

  1. dr. Hery Djagat Purnomo, Sp.PD-KGEH

Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Gastroenterologi – Hepatologi) yang aktif melayani pasien di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Beliau mendapatkan gelar kedokteran setelah menamatkan pendidikan di Universitas Diponegoro, Semarang. Dokter Hery Djagat tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PDPI) sebagai anggota.

  1. dr. Edrian, SpJP(K), FIHA, FAsCC

Dokter Edrian merupakan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang berpraktek di RS Islam Siti Khadijah, RS Pusri, dan RSUP Dr. Mohammad Hoesin di Palembang.

  1. dr. Adhi Permana, SpPD,K-GH

Dokter Adhi Permana berpraktek dan menjabat sebagai kepala staf medis penyakit dalam di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang, serta aktif sebagai dosen pengajar di FK Muhammadiyah Palembang. Beliau menyelesaikan studi kedokteran di Universitas Sriwijaya dengan keahlian ilmu penyakit dalam dan konsultan ginjal dan hipertensi. 

Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store ataupun Google Play!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan