Resep Camilan Sehat untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Desember 2020
Resep Camilan Sehat untuk Menambah Nafsu Makan AnakResep Camilan Sehat untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Halodoc, Jakarta - Seharusnya, makan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk anak. Namun, ibu bisa jadi sangat kebingungan ketika Si Kecil tiba-tiba kehilangan nafsu makannya. Ya, memang benar bahwa salah satu pekerjaan rumah ibu yang terasa cukup berat adalah meningkatkan nafsu makan anak.

Sebenarnya, ada banyak penyebab mengapa anak menjadi tidak nafsu makan. Bisa jadi ia sedang bosan dengan menu makanannya, atau karena lingkungan makannya yang tidak mendukung, sedang tumbuh gigi, sariawan, atau demam.

Nah, salah satu cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah pandai memvariasikan menu masakan, atau membuat camilan baru guna mengatasi anak susah makan. Berikut ini beberapa yang bisa ibu coba:

  • Bakpao Kacang Tanah

Pertama, siapkan dahulu tepung terigu, kuning telur, ragi, mentega, air, gula pasir , dan susu bubuk. Sementara untuk isinya, siapkan kacang tanah, gula pasir, dan sedikit air.

Baca juga:  4 Masalah Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya, goreng terlebih dahulu kacang tanah. Lalu, haluskan atau blender kacang tanah yang sudah ditambahkan gula pasir dan air. Sementara adonannya, ibu bisa mencampurkan semua bahan, hingga tercampur seluruhnya dan kalis. 

Bentuk bulat adonan dan pipihkan, lalu isi dengan kacang tanah. Kukus adonan selama kurang lebih 10 atau 15 menit. Diamkan sejenak dan sajikan. 

  • Es krim Yoghurt

Menu berikutnya yang bisa ibu sajikan sebagai camilan sehat untuk anak adalah es krim yoghurt. Siapkan buah yang disukai anak, yoghurt plain atau tanpa rasa dan susu. Bisa juga ditambah dengan whipped cream

Baca juga: Nafsu Makan Anak Turun, Siasati dengan Kencur?

Blender semua bahan dan tuangkan ke dalam wadah es krim. Masukkan ke dalam freezer dan tunggu, hingga membeku sebelum disajikan untuk camilan anak. 

  • Puding Susu Vanila

Siapkan 2 butir kuning telur yang sudah dikocok lepas, 800 mililiter susu, 100 gram gula, satu bungkus agar-agar, pasta vanila, dan sedikit garam. Langkah berikutnya, tuang susu cair, agar-agar, dan gula dalam panci dan rebus, hingga mendidih. 

Ambil sedikit bahan rebusan dan campurkan dengan kuning telur yang sudah dikocok. Aduk sampai rata dan campurkan kembali dalam rebusan. Tambahkan garam dan pasta vanila, lalu aduk rata. Tuang pada cetakan dan diamkan, hingga membeku. 

Baca juga: Kenali Gangguan Makan Anak Sejak Dini

  • Roti Kukus Keju

Siapkan dua lembar roti tawar dan potong dadu kecil. Lalu, siapkan 125 mililiter susu cair, telur setengah butir, margarin secukupnya yang sudah dilelehkan, keju parut, dan bubuk vanili secukupnya. Campurkan semua bahan, kecuali keju parut dan haluskan dengan blender. 

Masukkan adonan ke dalam panci dan masak, hingga mendidih dan teksturnya mengental. Setelahnya, tuangkan dalam cetakan, lalu beri taburan keju parut di bagian atasnya. Kukus hingga adonan matang. 

  • Siomay Ayam Udang

Siapkan 125 gram daging ayam fillet giling, udang fillet 30 gram giling, kulit pangsit, tepung tapioka 50 gram, setengah sendok makan minyak wijen dan kecap asin, lalu seperempat sendok teh saus tiram. 

Jangan lupa wortel parut, irisan daun bawang, minyak wijen atau minyak jagung untuk menumis, garam, dan gula secukupnya. Haluskan bawang merah dan bawang putih secukupnya. 

Tumis bumbu halus dalam sedikit minyak, lalu masukkan semua bahan. Aduk hingga tercampur rata dan matang sepenuhnya. Bungkus adonan menggunakan kulit pangsit, tambahkan sedikit parutan wortel di atasnya. Kukus sekitar 30 menit atau hingga matang.

Nah, itulah tadi beberapa menu camilan sehat yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak. Kalau ibu merasa ada gejala yang tidak biasa pada tubuh Si Kecil, jangan ragu untuk segera bertanya pada dokter anak menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, anak bisa segera mendapatkan penanganan. Selamat mencoba!



Referensi: 
Cookpad. Diakses pada 2020. Resep Kacang Tanah.
Cookpad. Diakses pada 2020. Resep Yogurt. 
Meta Hanindita. Diakses pada 2020. Mommyclopedia 78 Resep MPASI.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan