Resep Es Teler Rendah Gula, Tetap Enak dan Segar

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Juli 2023

“Es teler rendah gula bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin tetap sehat. Kamu bisa gunakan madu, atau beberapa alternatif pengganti gula lainnya.”

Resep Es Teler Rendah Gula, Tetap Enak dan SegarResep Es Teler Rendah Gula, Tetap Enak dan Segar

Halodoc, Jakarta – Salah satu makanan penutup yang populer di Indonesia adalah es teler. Es teler adalah minuman segar berbahan dasar potongan buah-buahan, seperti nangka, alpukat, kelapa muda, dan cincau, yang disajikan dengan kuah santan manis dan gula merah. 

Meskipun rasanya enak dan menyegarkan, terlalu banyak gula pada es teler bisa menjadi perhatian bagi mereka yang ingin menjaga pola makan sehat. Namun, tenang saja, ada resep es teler rendah gula yang bisa kamu buat di rumah. Yuk cek!

Resep Es Teler Rendah Gula

Bahan-Bahan:

  • 200 gram nangka, potong kecil
  • 1 buah alpukat, potong dadu
  • 1/2 butir kelapa muda, serut halus
  • 100 gram cincau, potong kotak kecil
  • 200 ml santan encer
  • 2 sdm madu
  • Es batu secukupnya

Langkah Pembuatan:

1. Langkah 1

Campurkan santan encer dengan madu dan aduk hingga rata. Panaskan campuran santan dan madu dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.

2. Langkah 2

Potong buah nangka, alpukat, dan cincau sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Lalu, serut kelapa muda dengan parutan halus.

3. Langkah 3

Siapkan gelas saji atau mangkuk. Isi setengah bagian gelas dengan es batu. Selanjutnya, tambahkan potongan buah-buahan yang telah kamu siapkan.

4. Langkah 4

Tuangkan kuah santan rendah gula ke atas buah-buahan hingga terendam. Es teler rendah gula siap kamu nikmati!

Alternatif Pengganti Gula untuk Pengidap Diabetes

alternatif pengganti gula untuk es teler

Resep es teler tadi menggunakan madu yang lebih sehat, sebagai ganti gula biasa. Selain madu, ada juga beberapa alternatif pengganti gula lain yang bisa kamu coba untuk membuat es teler, yaitu:

1. Sukralosa

Sukralosa adalah pemanis buatan yang menggunakan bahan dasar sukrosa. Bahan ini memiliki angka kalori rendah, tetapi tingkat manisnya 600 kali lebih tinggi dari gula biasa. Inilah mengapa sukralosa sering dipakai sebagai pengganti gula untuk diabetes.

Menariknya, sukralosa tahan terhadap panas, tidak seperti bentuk gula buatan lainnya. Batas maksimal konsumsi aman gula ini adalah sebesar 5 miligram per kilogram berat badan.

2. Sakarin

Alternatif lain pengganti gula untuk membuat es teler adlaah sakarin. Pemanis buatan ini punya kalori dan nutrisi nol, tetapi 200 sampai 700 kali lebih manis dari gula biasa. 

3. Aspartam

Selain sakarin, aspartam juga menjadi pengganti gula untuk diabetes yang paling populer. Gula jenis ini lebih manis 200 kali daripada gula biasa. Namun, gula aspartam tidak tahan panas, sehingga tidak boleh untuk memasak. 

Batas maksimal penggunaannya adalah 50 miligram per kilogram berat badan. Meski begitu, sebaiknya hindari konsumsinya jika kamu memiliki riwayat atau mengidap fenilketonuria, ya.

4. Stevia

Soal tingkat kemanisan, stevia 300 kali lebih manis dari gula biasa. Pengganti gula ini terbuat dari tanaman dengan nama Stevia rebaudiana yang melalui proses ekstraksi menjadi senyawa steviol glikosida. 

Namun, harga gula ini terbilang lebih mahal. Selain itu, ada sedikit sensasi rasa pahit saat mengonsumsinya. Inilah mengapa beberapa produsen sering memberikan tambahan bahan lain untuk mengurangi atau menyamarkan rasa pahit tersebut.

5. Tagatose

Tagatose adalah pemanis buatan yang hadir dalam bentuk fruktosa dengan kadar manis mencapai 90 persen lebih tinggi daripada gula biasa. Pengganti gula untuk diabetes ini juga memiliki angka indeks glikemik rendah. 

Banyak produsen makanan yang menggunakan tagatose sebagai bahan campuran dalam makanan sebagai pemanis yang rendah kalori. Namun, sebenarnya kamu juga bisa mendapatkan tagatose langsung dari buah nanas, jeruk, maupun apel.

Selain es teler, es cincau juga lezat dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui“.

Itulah resep es teler rendah gula, dan beberapa alternatif pemanis yang bisa kamu gunakan. Jika kamu atau orang tua kamu mengidap diabetes, tetap bisa menikmati es teler yang segar dengan pemanis yang rendah gula, ya. 

Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, pastikan untuk tetap minum obat dan suplemen yang telah dokter resepkan, secara teratur.

Selain es teler, ada juga resep-resep es dan hidangan penutup lainnya yang tak kalah menyegarkan. Cek di sini:

Referensi:
Cookpad. Es Teler Rendah Gula.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are the best sweeteners for people with diabetes?
Healthline. Diakses pada 2023. The Best Sugar Substitutes for People with Diabetes.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan