Resep Sehat: Bolu Kukus Lezat yang Baik untuk Pengidap Diabetes

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Februari 2023

“Bagi pengidap diabetes, asupan bolu kukus mungkin saja dapat meningkatkan kadar gula darah. Karena itu, carilah resep bolu kukus yang aman agar kadar gula darah tetap terkontrol dengan baik.”

Resep Sehat: Bolu Kukus Lezat yang Baik untuk Pengidap DiabetesResep Sehat: Bolu Kukus Lezat yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Mengidap penyakit diabetes bukan berarti kamu tidak bisa bolu kukus yang manis dan nikmat. Kamu boleh-boleh saja kok mengonsumsinya, asal membuatnya dengan resep bolu kukus sehat. Dengan begitu, kamu bisa membuat kue dengan bahan-bahan yang sesuai agar kadar gula darah tetap terkontrol dengan baik.

Lantas, seperti apa sih tips sehat untuk membuat bolu kukus bagi pengidap diabetes? Yuk, simak ulasan mengenai berbagai resep bolu kukus yang bisa kamu praktekkan di rumah!

Resep Bolu Kukus bagi Pengidap Diabetes

Bolu kukus menjadi kue yang menjadi kesukaan banyak orang. Varian pun cukup beragam sehingga kamu tidak akan bosan ketika mengonsumsi bolu kukus. Berikut resep bolu kukus sederhana yang bisa kamu coba!

Bahan-bahan:

  • 200 gram mentega tawar.
  • 200 gram pemanis rendah gula.
  • 4 butir telur.
  • 200 gram tepung gandum.
  • Buah-buahan untuk bagian atas bolu kukus.

Cara membuat:

  • Kocok mentega dan pemanis rendah gula. Setelah merata, tambahkan telur secara perlahan.
  • Setelah semuanya tercampur, masukkan tepung sedikit demi sedikit. Pastikan semuanya tercampur dengan baik.
  • Bagi adonan pada wadah.
  • Panggang selama 15-20 menit pada oven.
  • Kamu bisa menambahkan potongan buah di atas adonan atau saat kue telah dipanggang.
  • Setelah itu, bolu kukus bisa dinikmati.

Tips Membuat Bolu Kukus bagi Pengidap Diabetes

Dengan membuat kue sendiri, kamu bisa mengatur dan memastikan semua bahan yang digunakan dalam pembuatan kue aman untuk kesehatan. Bukan hanya bolu kukus, sebaiknya lakukan beberapa tips ini saat kamu membuat jenis kue atau makanan lainnya, seperti:

1. Memastikan tepung yang digunakan aman

Bagi pengidap diabetes, sebaiknya hindari penggunaan tepung putih terlalu banyak. Sebaiknya gunakan tepung gandum untuk pembuatan berbagai makanan.

Tepung gandum lebih sehat karena kandungan serat yang lebih tinggi. Selain itu, tepung gandum juga membantu dalam merawat kesehatan usus hingga jantung.

Penggunaan tepung gandum juga membuat kamu merasa lebih cepat kenyang, meskipun hanya mengonsumsi sedikit. Selain penggunaan tepung gandum, kamu juga bisa mengganti dengan menggunakan tepung oat.

Selain membantu mengontrol kadar gula darah, tepung oat juga bisa menambahkan kebutuhan serat dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Batasi penggunaan mentega

Sebaiknya batasi penggunaan mentega saat membuat kue. Untuk mengganti bahan ini, kamu bisa coba menggunakan minyak. Namun, pastikan menggunakan minyak yang aman untuk pengidap diabetes, seperti minyak zaitun, kanola, alpukat, hingga safflower.

Minyak tersebut memiliki lemak tak jenuh tunggal yang mampu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

3. Ganti gula dengan pemanis alami

Tentunya akan sangat sulit untuk mengganti gula dalam pembuatan kue. Bukan hanya untuk menambahkan rasa, biasanya penggunaan gula juga digunakan untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan (kenyal, padat, atau lembut)  pada kue.

Namun, agar kesehatan tetap terjaga, sebaiknya cobalah untuk mengganti gula dengan pemanis alami. Meskipun madu juga bisa meningkatkan kadar gula darah, tetapi madu bisa digunakan sebagai pengganti gula.

Kamu juga bisa mencoba gunakan berbagai buah-buahan yang memiliki cita rasa manis, seperti pisang untuk mendapatkan rasa manis pada kue. 

Selain pemanis alami, ada juga pemanis buatan yang aman untuk cegah meningkatnya kadar gula darah. Contohnya seperti stevia atau xylitol. Kamu bisa menemukan pemanis buatan tersebut dalam bentuk bubuk, cair, hingga butiran.

Itulah resep bolu kukus dan tips membuat kue yang sehat bagi pengidap diabetes. Jangan lupa untuk selalu mengontrol kadar gula darah dengan menjalankan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

Kamu bisa cek kebutuhan medis yang diperlukan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
BBC Good Food. Diakses pada 2023. Sugar-Free Victoria Sponge.
Everyday Health. Diakses pada 2023. 10 Healthy Baking Tips for People With Diabetes.
Diabetes UK. Diakses pada 2023. Baking and Diabetes.
American Diabetes Association. Diakses pada 2023. Fats.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan