Scrub Wajah pada Kulit Sensitif, Perhatikan Hal Ini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2022

“Melakukan eksfoliasi dengan scrub wajah juga penting untuk pemilik kulit sensitif. Namun, kamu harus pilih produk yang tepat.”

Scrub Wajah pada Kulit Sensitif, Perhatikan Hal IniScrub Wajah pada Kulit Sensitif, Perhatikan Hal Ini

Halodoc, Jakarta – Eksfoliasi dengan scrub wajah adalah suatu keharusan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Jika tidak melakukan eksfoliasi, kulit akan tampak kusam, bersisik, berjerawat, dan terasa kasar. Langkah perawatan kulit ini adalah kunci jika ingin kulit mulus, bebas noda, dan bercahaya. 

Namun, menggunakan scrub wajah untuk kulit sensitif harus sangat hati-hati. Kamu mungkin perlu mencermati kandungan bahan yang ada dalam produk, atau menambah langkah perawatan wajah lain setelah eksfoliasi. Seperti apa tipsnya? Simak lebih lanjut, yuk!

Menggunakan Scrub Wajah pada Kulit Sensitif

Bahkan seseorang dengan kulit sensitif perlu melakukan eksfoliasi dengan scrub wajah secara teratur. Namun, pastikan untuk melakukannya dengan lembut dan hanya sekali atau dua kali seminggu.

Karena kulit sensitif dapat dengan cepat menjadi merah, teriritasi, dan kering, carilah produk yang mengandung asam laktat di dalamnya. Asam laktat tidak hanya akan mengeksfoliasi kulit dengan lembut, tetapi juga akan memberi kulit hidrasi pada saat yang bersamaan.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, jangan menggosok kulit atau menggunakan cleaning brush. Kedua hal ini bisa jadi terlalu keras untuk kulit. Jangan lupa oleskan serum atau pelembap yang menenangkan dan melembapkan setelah mengeksfoliasi kulit dengan scrub wajah.

Jenis kulit yang sensitif harus tetap menggunakan eksfoliasi kimiawi karena sebagian besar metode mekanis akan menyebabkan iritasi atau kemerahan. Ada banyak produk eksfoliasi kimia ringan dengan konsentrasi lebih rendah yang akan mengeksfoliasi kulit, tanpa merusak atau mengeringkan kulit.

Oleh karena itu, cermatlah memilih produk scrub wajah, dan sebisa mungkin cari yang khusus untuk kulit sensitif. Lalu, saat menggunakan produk, pastikan untuk mengaplikasikannya secara ringan dengan waslap yang lembut.

Nah, Ini Rekomendasi Scrub Wajah Terbaik yang Bisa Dicoba.

Pentingnya Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi dengan scrub wajah sangat penting untuk kulit yang lebih cantik. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Membuat Kulit Lebih Cerah

Sabun pembersih wajah hanya membersihkan kotoran dari permukaan. Meski penting, ini tidak memiliki kekuatan untuk menarik semua kotoran dan minyak yang duduk di pori-pori kulit. 

Salah satu dari sekian banyak manfaat scrub wajah adalah ketika kamu menggosoknya dengan gerakan melingkar, scrub akan mengelupas kotoran, kulit mati, serta melancarkan sirkulasi darah. Proses ini membuat wajah lebih cerah. 

2. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam merupakan hasil dari akumulasi kulit mati di permukaan kulit yang perlu kamu bersihkan. Dengan scrub wajah, kamu bisa mendapatkan kulit yang tampak merata warnanya. 

3. Memperbaiki Tekstur Kulit

Kulit wajah lebih tipis, halus dan lebih rentan terhadap kerusakan dan kekeringan daripada kulit di bagian tubuh lainnya. Salah satu manfaat scrub wajah adalah memperbaiki tekstur kulit dengan mendorong proses pembaharuan kulit.  

4. Mengurangi Jerawat

Eksfoliasi adalah suatu keharusan bagi yang sering berjerawat. Sebagian besar jerawat terjadi akibat pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak. Menggunakan scrub wajah secara teratur dapat menghilangkan lapisan atas sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan mencegah munculnya jerawat. 

5. Memudahkan Penyerapan Skincare

Jika kamu bertanya-tanya mengapa produk perawatan kulit tidak memberikan hasil yang optimal, cobalah gunakan scrub wajah untuk mengeksfoliasi kulit secara teratur. Sebab, ketika lapisan sel kulit mati menumpuk, produk skincare sulit meresap. 

Itulah pembahasan mengenai tips menggunakan scrub wajah untuk kulit sensitif, dan manfaatnya. Jika kamu mengalami masalah kesehatan kulit, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Referensi:
Be Beautiful. Diakses pada 2022. Top 7 Benefits Of Face Scrub No One Ever Told You About.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Exfoliating Your Skin Safely.
Healthy Skin. Diakses pada 2022. 5 Ways to Exfoliate Different Skin Type.
Well and Good. Diakses pada 2022. The Best Ways to Exfoliate Cranky, Sensitive Skin, According to Dermatologists.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan