• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Memelihara Anjing Golden, Perhatikan 5 Hal Ini

Sebelum Memelihara Anjing Golden, Perhatikan 5 Hal Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sebelum Memelihara Anjing Golden, Perhatikan 5 Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Tertarik memelihara anjing golden atau golden retriever? Jenis anjing ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena kepintaran dan tingkahnya yang menggemaskan. Bahkan, karena posturnya yang gagah, banyak yang menggunakan anjing ini sebagai penjaga rumah. 

Namun, setiap jenis anjing punya karakteristik dan keunikannya masing-masing. Lantas, apa yang perlu diperhatikan sebelum memelihara anjing golden? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Amankah Memberi Makanan Manusia pada Anjing?

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Seputar Anjing Golden

Jika kamu ingin memelihara anjing golden atau golden retriever, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1.Harus Ada Cukup Ruang

Anjing golden memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Seekor anjing golden jantan umumnya memiliki tinggi sekitar 23-24 inci (58-61 cm) dan berat sekitar 27-32 kg. Sementara itu, anjing golden betina lebih kecil, tetapi mereka masih membutuhkan ruang untuk bergerak, tingginya sekitar 20-22 inci (51-56 cm) dan berat sekitar 25-32 kg.

Jadi, kamu perlu menyediakan ruang yang cukup untuk anjing golden bergerak bebas di sekitar rumah. Meski memiliki pekarangan rumah bisa membantu, karena anjing golden sangat sosial, mereka lebih suka tinggal di dalam bersama keluarga daripada berlarian sendirian di luar ruangan. 

Oleh karena itu, pastikan rumah atau apartemen kamu cukup besar untuk menampung anjing yang aktif dan cerdas, seperti golden retriever. Bahkan jika kamu memiliki halaman atau pekarangan di luar yang cukup luas, anjing golden lebih nyaman berada di dalam rumah.

2.Bersiaplah untuk Rutin Membersihkan Bulu

Bulu anjing golden bisa dibilang hampir selalu rontok. Jadi, jika kamu ingin memelihara anjing jenis ini, bersiaplah untuk rutin membersihkan bulu-bulu yang rontok di sekitar rumah, dan rajin menyikatnya, setidaknya 3-5 kali seminggu.

Baca juga: Simak Tips Perawatan Anjing Berdasarkan Jenisnya

3.Jangan Meninggalkan Anjing Golden Retriever Sendirian

Anjing golden cenderung memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Hal ini berarti anjing golden dapat menjadi anggota keluarga yang menyenangkan. Namun, di sisi lain, jika anjing ini ditinggalkan sepanjang hari, ia akan menderita. 

Bahkan juga berisiko mengalami depresi, dan kecemasan akan perpisahan. Oleh karena itu, jika kamu memiliki pekerjaan yang sering mengharuskan untuk bepergian atau berada di luar rumah dari pagi hingga larut malam, anjing golden mungkin tidak cocok untuk kamu. Terlebih jika kamu tinggal sendirian di rumah. 

4.Sediakan Mainan untuk Anjing Golden Mengunyah

Anjing golden sangat suka membawa barang dan seringkali ketika mereka bosan, mereka akan mulai mengunyah barang-barang di rumah. Jadi, sediakanlah mainan khusus untuk anjing golden mengunyah saat ia bosan. 

Selain itu, pindahkan tempat sampah ke dalam lemari atau ke tempat yang tidak dapat diakses anjing. Memakan makanan sisa manusia dapat berbahaya bagi kesehatan anjing golden. 

5.Beri Latihan Rutin untuk Menyalurkan Energi

Golden retriever memiliki tingkat energi yang tinggi dan mereka perlu aktivitas fisik untuk membakar energinya tersebut. Jadi, bersiaplah untuk rutin memberi anjing golden latihan satu atau dua jam setiap harinya. Jika tidak, anjing golden dapat merasa bosan dan mengacaukan isi rumah.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan bersama anjing golden. Sebab, anjing ini adalah teman yang baik untuk berjalan, berlari, bermain di taman, berenang, dan bahkan hiking. Selain itu, anjing golden juga membutuhkan stimulasi mental untuk berkembang. 

Baca juga: Ini Fakta Anak Anjing yang Wajib Dipahami Pemula

Kamu perlu mengajarkan sendiri pelatihan kepatuhan, karena anjing ini dikenal sebagai salah satu ras yang paling patuh. Anjing golden dibesarkan untuk bekerja, mereka harus aktif agar bisa bahagia. Oleh karena itu, jika kamu termasuk orang yang malas gerak, anjing jenis ini mungkin kurang cocok untuk kamu. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara anjing golden. Jika kamu membutuhkan produk makanan, obat, dan vitamin untuk anjing, kamu bisa membelinya dengan mudah lewat aplikasi Halodoc. Tinggal pesan obatnya melalui aplikasi dan pesananmu akan diantarkan ke rumah.

Referensi:
Pet Helpful. Diakses pada 2021. 13 Things to Consider Before Buying A Golden Retriever.
Golden Retriever Rescue of Mid-Florida. Diakses pada 2021. Owning A Golden Retriever.
Animalso. Diakses pada 2021. 5 Things You Should Know before Getting A Golden Retriever.