Seberapa Efektif Fractional Laser Atasi Bekas Jerawat?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 September 2022

“Fractional laser termasuk ke dalam prosedur perawatan kulit yang dilakukan menggunakan sinar laser. Tujuannya tak hanya menghilangkan bekas jerawat, tapi juga menyamarkan keriput dan garis halus di wajah.”

Seberapa Efektif Fractional Laser Atasi Bekas Jerawat?Seberapa Efektif Fractional Laser Atasi Bekas Jerawat?

Halodoc, Jakarta – Fractional laser adalah prosedur kecantikan nonbedah dengan menembakkan sinar laser ke area kulit yang bermasalah. Ada dua teknik yang umum dilakukan, yaitu ablatif dan non ablatif.

Ablatif merupakan prosedur yang dilakukan di bagian epidermis kulit (bagian kulit terluar). Sementara teknik non ablatif adalah prosedur yang dilakukan hingga ke lapisan kulit lebih dalam.

Prosedur bisa dilakukan oleh semua pemilik jenis kulit. Manfaatnya mulai dari menghilangkan bekas jerawat, menyamarkan noda hitam akibat paparan sinar UV hingga meratakan tekstur kulit bekas luka.

Gangguan yang Bisa Diatasi dengan Fractional Laser

Teknik dan tingkat kedalaman sinar laser akan disesuaikan dengan usia, lokasi dan masalah kulit yang dialami. Prosedur umumnya dilakukan untuk mengatasi gangguan kulit di area wajah, leher, tangan dan dada.

Tak hanya bekas jerawat saja, fractional laser juga efektif mengatasi gangguan, seperti:

  • Menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah.
  • Menghilangkan flek kehitaman akibat paparan sinar matahari berlebihan.
  • Mengatasi masalah warna kulit tidak merata.
  • Menghilangkan bekas luka pasca operasi.
  • Menyamarkan tekstur bopeng akibat jerawat.
  • Menghilangkan stretchmark (guratan atau garis yang muncul di permukaan kulit berlemak, seperti pantat, paha, lengan atas, perut dan payudara).
  • Poikiloderma (kelainan kulit yang ditandai dengan pembentukan pembuluh darah baru sehingga terlihat seperti cacing).

Hasilnya tidak langsung tampak saat perawatan. Membutuhkan waktu hingga 2 minggu agar hasilnya terlihat. Setelah prosedur, pasien akan mengalami pembengkakan, kemerahan, hiperpigmentasi, pengerasan dan pengelupasan kulit.

Semua orang yang melakukan fractional laser pasti mengalaminya. Jangan khawatir, karena kondisi di atas merupakan proses penyembuhan dan bersifat sementara. Pembengkakan dan kemerahan biasanya terjadi dalam 2 hingga 3 hari.

Sementara hiperpigmentasi dan pengerasan kulit terjadi 3 hingga 5 hari setelahnya. Terakhir, proses pengelupasan. Ini bisa terjadi 3 hingga 14 hari setelah prosedur berlangsung. 

Selama melewati proses yang disebutkan sebelumnya, disarankan untuk selalu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 50+. Ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak efek perawatan.

Risiko yang Bisa Saja Dialami

Ketimbang teknik ablatif, non ablatif memiliki risiko efek samping yang lebih kecil. Pasien umumnya mengalami kondisi berupa:

  • Sensasi rasa terbakar di wajah dalam waktu 30 hingga 60 menit setelah prosedur perawatan dilakukan.
  • Kemerahan, pembengkakan, nyeri dan rasa gatal di area prosedur. Kemerahan mungkin bisa terjadi selama beberapa bulan.
  • Mengaplikasikan krim perawatan wajah setelah fractional laser meningkatkan risiko jerawat atau milia (benjolan kecil berwarna putih di bagian wajah, seperti hidung, pipi dan bawah mata).
  • Pasien berisiko terkena infeksi bakteri, virus atau jamur karena terkikisnya lapisan kulit pelindung.
  • Setelah dilaser, area kulit tampak lebih gelap ketimbang area tubuh lainnya. Bisa juga kebalikannya.
  • Menimbulkan jaringan parut atau bekas luka bertekstur di permukaan kulit.

Fractional laser adalah prosedur yang aman dilakukan. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang prosedur, silakan tanya dokter terlebih dulu terkait dengan tata cara pelaksanaannya.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kecantikan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Dermnet NZ. Diakses pada 2022. Fractional laser treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Laser resurfacing.
Byrdie. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Fractional Lasers.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan