Selain Olahraga, Ini 4 Cara Ampuh Menghilangkan Perut Buncit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juli 2022

“Terdapat beberapa cara ampuh untuk menghilangkan perut buncit selain berolahraga. Salah satunya adalah dengan tidak melewatkan sarapan setiap harinya.”

Selain Olahraga, Ini 4 Cara Ampuh Menghilangkan Perut BuncitSelain Olahraga, Ini 4 Cara Ampuh Menghilangkan Perut Buncit

Halodoc, Jakarta – Perut yang buncit merupakan kondisi yang dapat menurunkan rasa kepercayaan diri, sekaligus memicu berbagai penyakit. Alhasil, banyak orang yang rutin berolahraga untuk membakar kalori lebih banyak agar perut yang buncit mengecil. Namun, sebenarnya cara untuk menghilangkan perut buncit tidak semata melalui olahraga. 

Terdapat beberapa cara ampuh lain sebagai bagian dari hidup sehat yang dapat dilakukan guna menghilangkan perut buncit. Penasaran apa saja caranya? Yuk, simak ulasannya di sini! 

Cara Ampuh Menghilangkan Perut Buncit Selain Olahraga

Terdapat beberapa cara ampuh untuk menghilangkan perut buncit selain berolahraga, yaitu: 

1.Tidak Melewatkan Sarapan

Memang benar adanya mengurangi asupan makanan dapat mengecilkan perut. Namun, mengurangi asupan makanan bukan berarti membuat pola makan menjadi berantakan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak melewatkan sarapan setiap harinya. Sebab, sarapan dapat membantu mengontrol porsi makan siang agar tidak berlebihan. 

2. Kunyah Makanan Secara Perlahan 

Mengunyah dengan lambat memiliki keterkaitan dengan peningkatan rasa kenyang, yang berkaitan dengan ukuran porsi makan yang lebih kecil. Selain itu, seberapa cepat mengonsumsi makanan juga dapat memengaruhi berat badan. Perlu diingat bahwa makan secara terburu-buru membuat tubuh belum dapat memberikan sinyal kenyang. Alhasil, berpotensi membuatmu meningkatkan porsi makanmu karena belum merasa kenyang. 

3. Konsumsi Protein Lebih Banyak 

Protein memiliki efek yang signifikan pada nafsu makan. Sebab, protein diketahui dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi rasa lapar, sehingga membantu menurunkan porsi makan. Alasannya, protein mungkin dapat memengaruhi beberapa hormon yang berperan pada rasa lapar dan kenyang. 

Menariknya lagi, sebuah studi yang dipublikasikan pada U.S National Library of Medicine menunjukkan hasil yang menjanjikan. Menurut riset, peningkatan asupan protein dari 15 persen menjadi 30 persen dapat membantu partisipan studi untuk makan 441 kalori lebih sedikit per hari. Para partisipan juga kehilangan 5 kilogram selama 12 minggu, tanpa membatasi makanan apa pun. 

4. Minum Air Secara Teratur 

Berdasarkan sebuah studi tahun 2009 silam  menemukan, bahwa minum setengah liter air (17 ons) sekitar 30 menit sebelum makan, dapat mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori. Di samping itu, partisipan studi yang minum air sebelum makan juga kehilangan berat badan 44 persen lebih banyak selama periode 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Itulah beberapa cara ampuh menghilangkan perut buncit selain berolahraga. Kendati demikian, beberapa cara tersebut sebaiknya tetap dibarengi dengan olahraga secara rutin. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran kalori dapat berjalan secara maksimal, dan kebugaran tubuh terjaga dengan baik. 

Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kesehatan tubuhmu sebagai bagian dari pola hidup sehat. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter pilihan. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 11 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise. 
NIH. Diakses pada 2022. Water consumption increases weight loss during a hypocaloric diet intervention in middle-aged and older adults. 
NIH. Diakses pada 2022. A high-protein diet induces sustained reductions in appetite, ad libitum caloric intake, and body weight despite compensatory changes in diurnal plasma leptin and ghrelin concentrations. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan