Stres Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Asam Lambung Kambuh

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Desember 2020
Stres Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Asam Lambung KambuhStres Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Asam Lambung Kambuh

Halodoc, Jakarta - Pernahkan kamu mengalami penyakit asam lambung kambuh di saat-saat sedang merasa stres atau cemas? Memang kebanyakan orang yang stres dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asam lambung. Namun, jarang orang yang menyadari bahwa terdapat kaitan antara stres dan penyakit asam lambung.

Menurut beberapa penelitian, stres kemungkinan menjadi pemicu kambuhnya penyakit asam lambung. Kecemasan atau stres adalah respon alami tubuh, namun stres yang cukup parah memicu kambuhnya penyakit asam lambung. Namun, dengan beberapa pencegahan dan teknik penanganan yang efektif, kekambuhan dapat diredakan, bahkan di saat-saat yang paling sulit. 

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Picu Penyakit Asam Lambung

Hubungan Stres dan Kambuhnya Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung terjadi ketika asam dari lambung kembali ke kerongkongan. Ini memang gejala umum dari penyakit asam lambung. Sementara itu, stres memperburuk gejala penyakit asam lambung, dan kecemasan adalah respon alami terhadap stres dalam tubuh. Itulah mengapa, stres membuat penyakit asam lambung kambuh atau membuat siklusnya kembali. 

Beberapa kemungkinan alasan fisik dengan kaitan hubungan stres dan penyakit asam lambung dapat terjadi, yaitu: 

  • Stres dan kecemasan mengurangi tekanan pada katup kerongkongan bawah, yaitu pita otot yang menjaga perut tetap tertutup dan mencegah asam kembali ke kerongkongan.
  • Respon stres dan kecemasan menyebabkan ketegangan otot yang berlangsung lama. Jika hal ini memengaruhi otot-otot di sekitar perut, dapat meningkatkan tekanan pada organ ini dan mendorong asam naik ke atas.
  • Tingkat stres yang tinggi meningkatkan produksi asam lambung.

Pada orang yang memiliki tingkat stres tinggi, gejala penyakit asam lambung seperti nyeri dan mulas, akan terasa lebih parah dibanding orang yang tidak stres. Selain itu, penyakit asam lambung juga dapat menjadi sumber utama stres bagi manusia. 

Baca juga: Makanan Pedas Bisa Memicu Asam Lambung Kambuh?

Hubungan stres dan asam lambung ini memungkinkan terjadinya lingkaran setan. Penyakit asam lambung dapat menyebabkan stres, namun tingkat stres juga berkontribusi pada kambuhnya penyakit asam lambung. 

Faktor lain yang menyebabkan penyakit asam lambung kambuh, yaitu:

  • Makan sebelum tidur;
  • Makan makanan yang berlemak;
  • Makan makanan pedas;
  • Memiliki obesitas;
  • Mengonsumsi alkohol;
  • Merokok. 

Kelola Penyakit Asam Lambung Kambuh yang Disebabkan Stres

Menguasai teknik pengelolaan stres dalam hidup membantu mengurangi risiko penyakit seperti asam lambung, jantung, stroke, obesitas, sindrom iritasi usus besar, dan stres. Semakin baik kamu mengatasi stres, maka semakin baik perasaan kamu.

  • Olahraga: Kegiatan ini membantu mengendurkan otot yang tegang dan melepaskan hormon alami yang membuat kamu merasa nyaman. 
  • Hindari Makanan Pemicu: Jika kamu sedang stres, maka cenderung sensitif terhadap makanan pemicu asam lambung seperti coklat, kafein, buah, jus jeruk, makanan pedas, dan makanan berlemak. 
  • Cukup Tidur: Tidur adalah pereda stres alami dan berkurangnya stres dapat membuat tidur lebih nyenyak. 
  • Praktikkan Teknik Relaksasi: Cobalah menjalani yoga atau mendengarkan musik yang menenangkan. 
  • Belajar Mengatakan Tidak: Tidak apa-apa untuk menolak hal-hal yang tidak memiliki peringkat tinggi dalam daftar prioritas kamu. 
  • Tertawa: Menonton film atau video lucu atau berkumpul dengan teman yang menyenangkan. Tertawa menjadi salah satu pereda stres alami terbaik. 

Baca juga: Ibu Hamil Mengidap Asam Lambung, Apakah Bahaya?

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai hubungan antara stres dan kambuhnya penyakit asam lambung. Dengan mengetahui ini, maka kamu bisa lebih waspada saat menghadapi hal-hal yang mungkin meningkatkan stres atau kambuhnya penyakit asam lambung.

Jika gejala penyakit asam lambung muncul, segeralah bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2020. Acid reflux and anxiety: What to know
Healthline. Diakses pada 2020. Can Stress Cause Acid Reflux?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan