Stroke hingga Saraf Kejepit, Ini 5 Penyebab Lain Tangan Kesemutan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Januari 2023

“Saraf kejepit bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya, hal sepele seperti posisi duduk atau tidur yang kurang tepat, hingga beberapa kondisi medis tertentu seperti saraf terjepit dan stroke.”

Stroke hingga Saraf Kejepit, Ini 5 Penyebab Lain Tangan KesemutanStroke hingga Saraf Kejepit, Ini 5 Penyebab Lain Tangan Kesemutan

Halodoc, Jakarta – Kesemutan menjadi masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja. Penyebab tangan kesemutan dan tingkat keparahannya juga bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. 

Kondisi kesemutan ringan umumnya terjadi karena posisi tidur atau duduk yang keliru. Misalnya, kamu menyilangkan tangan atau kaki dalam waktu yang lama. Jika demikian, biasanya kesemutan akan menghilang setelah tekanan pada area tersebut berkurang. 

Meski demikian, sebaiknya kamu waspadai jika kesemutan muncul dengan gejala lain seperti gatal, sakit, kebas atau mati rasa, dan pengecilan pada otot. Sebab, bisa jadi kesemutan muncul sebagai tanda dari masalah kesehatan tertentu. 

Penyebab Tangan Kesemutan

Kerusakan saraf atau neuropati perifer menjadi salah satu masalah kesehatan yang memiliki hubungan dengan kesemutan. Kelainan ini sangat berpengaruh terhadap saraf pada sumsum tulang belakang dan otak. 

Umumnya, kelainan ini bermula pada area kaki dan tangan. Lalu, gejalanya akan semakin memburuk yang membuat pengidapnya mengalami penurunan mobilitas, bahkan berisiko mengalami kecacatan. Kerap kali, kondisi ini lebih rentan menyerang lansia. 

Inilah sebabnya, penting untuk kamu mengetahui penyebab tangan kesemutan, terutama jika munculnya sangat intens. Sebab, semakin dini dokter menemukan penyebabnya, semakin cepat pula kamu mendapat penanganan. Adapun, penyebab tangan kesemutan selain stroke dan saraf kejepit antara lain:

Diabetes

Gejala kesemutan pada area tangan kerap terjadi pada sekitar 30 persen orang-orang dengan kondisi diabetes. Mulanya, kesemutan akan muncul pada area kaki, lalu menjalar hingga ke tangan. Bahkan, dua pertiga pengidap kelainan ini mengalami kerusakan saraf dari tingkat ringan hingga parah. 

Penyakit Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Selain itu, kondisi lainnya yang membuat tangan mengalami kesemutan adalah Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Kelainan ini muncul karena ada gerakan yang berulang atau getaran yang membuat saraf pada pergelangan tangan terjepit. 

Tak hanya itu, gerakan berulang ini bisa menyebabkan jaringan pada area saraf tangan menekan saraf karena membengkak. Alhasil, tekanan ini akan memicu tangan kesemutan bersama dengan gejala lainnya, termasuk sakit, mati rasa, dan tangan yang menjadi lemah. 

Penyebab tangan kesemutan, gangguan ginjal kronis

Penyebab tangan kesemutan berikutnya adalah gangguan ginjal kronis. Kelainan ini sebenarnya berkembang dalam waktu lama. Umumnya, gejala akan muncul saat masalah kesehatan sudah masuk pada fase yang parah. 

Kerap mengalami kesemutan juga menjadi salah satu tanda terjadi gangguan ginjal kronis. Umumnya, selain kesemutan, pengidap akan merasakan beberapa gejala lainnya, termasuk anemia, penurunan berat badan, nyeri pada otot, mual, dan muntah. 

Vaskulitis

Penyebab tangan kesemutan lainnya adalah vaskulitis, peradangan yang terjadi pada pembuluh darah, sehingga mengakibatkan perubahan pada area dinding pembuluh darah. Terjadinya perubahan ini juga menyebabkan aliran darah terganggu, sehingga menimbulkan banyak gejala, tak terkecuali kesemutan. 

Serangan jantung

Sebaiknya waspada ketika kamu secara mendadak terasa kesemutan pada tangan. Sebab, ini dapat menjadi gejala dari serangan jantung. Pembuluh darah yang tersumbat mengakibatkan gangguan aliran darah yang menuju jantung, sehingga terjadi kesemutan dan nyeri pada bagian dada. Tidak jarang, hal ini juga dapat mengakibatkan salah satu tangan mengalami mati rasa.

Jadi, segera cek kondisi kesehatanmu apabila mengalami kesemutan pada tangan. Tanyakan pada dokter di Halodoc penanganan yang bisa kamu lakukan. Download Halodoc terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan kemudahan layanan kesehatan, salah satunya cek kebutuhan medis lebih praktis.

Referensi:
Nerve and Vascular Injuries in Sports Medicine. Diakses pada 2023. Causes of Numbness and Tingling in Athletes.
MedicineNet. Diakses pada 2023. Tingling in Hands and Feet: Symptoms & Signs.
Medical News Today. Diakses pada 2023. 20 Causes of Numbness in The Hand.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan