Ini 4 Pilihan Obat Memar yang Manjur di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Februari 2024

“Memar biasanya terjadi karena benturan dan cedera atau bisa juga muncul dengan sendirinya. Kamu bisa meredakannya dengan obat-obatan seperti, Thrombophob Gel, Thrombophob Ointment, Oparin Gel, dan Thromboflash Gel.”

Ini 4 Pilihan Obat Memar yang Manjur di ApotekIni 4 Pilihan Obat Memar yang Manjur di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Memar yang Mudah Dicari 


Halodoc, Jakarta –  Memar merupakan kondisi ketika pembuluh darah pecah dan darah menggenang di bawah kulit. Bagian tubuh yang memar akan mengalami perubahan warna kulit menjadi hitam, biru, atau ungu di area yang terkena benturan. 

Tapi tak perlu khawatir, ada beragam obat yang bisa kamu pilih untuk menyembuhkan memar karena benturan, atau memar yang tiba-tiba muncul dengan sendirinya. 

Rekomendasi Obat Memar yang Mudah Dicari 

Berikut beberapa obat yang ampuh untuk mengatasi memar: 

1. Thrombophob Gel 20 g

Dengan kandungan sodium heparin di dalamnya, Thrombophob Gel bisa mencegah terbentuknya gumpalan-gumpalan di darah dan mencegah pembekuan darah. 

Obat memar ini ampuh untuk mengatasi flebitis superfisial (peradangan pembuluh darah dekat permukaan kulit), penyempitan pembuluh vena, serta cedera karena olahraga dan kecelakaan. 

Untuk pemakaiannya, oleskan obat ini secara tipis di area yang sakit 2-3 kali sehari dan jangan gunakan untuk luka terbuka. 

Thrombophob Gel merupakan obat bebas terbatas yang tidak memerlukan resep dokter untuk membelinya. 

Kisaran harga: Rp75.500 per tube.

Dapatkan Thrombophob Gel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Yuk cari tahu juga fakta seputar penyebab memar yang tiba-tiba muncul di sini: “Memar Tanpa Sebab, Ketahui 5 Penyakit Penyebabnya”.

2. Thrombophob Ointment 15 g

Thrombophob Ointment mengandung heparin sodium dan asam nikotinat bezylester yang ampuh untuk mengatasi memar. Selain memar, salep ini juga bisa digunakan untuk phlebitis di permukaan kulit, penyumbatan vena yang berlebihan, serta cedera karena olahraga dan kecelakaan, kejang betis,dan mencegah dan mengobati radang vena setelah disuntik.

Oleskan Thrombophob Ointment di area yang membutuhkan 2-3 kali sehari. Kamu juga bisa menggunakan kain kasa dan menempelkannya di bagian yang sakit.  Perlu diingat juga untuk tidak menggunakan obat memar ini dengan cara digosok atau diurut, cukup dioleskan! 

Rentang harga: Rp57.500 – Rp58.600 per tube.

Dapatkan Thrombophob Ointment 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Oparin Gel 20 gr

Obat memar yang satu ini juga punya heparin sodium yang bertugas mengatasi memar atau lebam. Penggunaan oparin gel bisa mempercepat proses penyembuhan memar dan bisa mengurangi bengkak, kebiruan, dan nyeri. 

Cara pemakaiannya adalah dengan dioleskan 2-3 kali sehari pada bagian tubuh yang membutuhkan dan tidak boleh digunakan di luka terbuka. Oparin Gel 20 gr bisa didapatkan tanpa resep dokter karena termasuk golongan obat bebas terbatas. 

Kisaran harga: Rp42.300 per tube.

Dapatkan Oparin Gel 20 gr di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Thromboflash Gel 20 gr

Thromboflash Gel bisa mencegah pembentukan gumpalan di darah, dan juga membantu memecahkan pembekuan darah karena kandungan heparin di dalamnya. Bercak memar dan lebam karena benturan bisa teratasi dengan menggunakan obat ini. 

Untuk penggunaannya, cukup oleskan tipis di bagian tubuh yang memar atau gunakan kasa untuk ditempelkan di area memar. Serupa dengan obat memar sebelumnya, jangan gunakan Thromboflash Gel di luka terbuka. 

Rentang harga: Rp51.700 – Rp56.400 per tube. 

Dapatkan Thromboflash Gel 20 gr di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa obat yang ampuh mengatasi memar dan mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Bruises (Ecchymosis). 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan