Tak Perlu Mahal, Ini 4 Bahan Herbal untuk Perawatan Rambut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Januari 2023

“Perawatan rambut tidak harus ke salon dengan biaya yang pastinya sangat mahal. Kamu bisa menggunakan bahan herbal seperti minyak zaitun, lidah buaya, dan minyak kelapa untuk rambut lebih sehat.”

Tak Perlu Mahal, Ini 4 Bahan Herbal untuk Perawatan RambutTak Perlu Mahal, Ini 4 Bahan Herbal untuk Perawatan Rambut

Halodoc, Jakarta – Bahan alami biasanya memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh, tidak terkecuali rambut. Tak hanya lebih menghemat biaya, perawatan rambut dengan bahan alami tentunya lebih aman daripada memakai produk dengan kandungan kimia yang cenderung keras. 

Bahan Herbal untuk Perawatan Rambut Alami

Memiliki rambut yang bebas kusut, hitam alami, dan berkilau tentu menjadi impian setiap orang, terutama para wanita. Kalau kamu ingin mencobanya, berikut beberapa bahan herbal yang bisa kamu coba:

Minyak zaitun untuk perawatan rambut

Bahan herbal pertama untuk perawatan rambut lebih sehat adalah menggunakan minyak zaitun. Jenis minyak ini memiliki manfaat untuk membantu membuat rambut lebih lembap dan lembut. 

Ini karena kandungan pelembap alami dalam minyak zaitun yang bisa meresap lebih baik dalam batang rambut, sehingga rambut menjadi lebih lembut dan kuat. 

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk rambut cukup dengan mengoleskan pada akar rambut dan bagian batangnya. Lalu, bungkus rambut dengan handuk atau plastik, diamkan selama sekitar 15 menit. Kemudian, cucilah rambut sampai bersih. 

Minyak kelapa

Kalau kamu kesal dengan rambut yang rontok, rusak, dan kering sehingga membuat tidak percaya diri, coba gunakan minyak kelapa untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa menyerap pada bagian batang rambut. 

Selain itu, minyak ini juga memberikan nutrisi pada rambut yang mengalami kerusakan karena prosedur tertentu, misalnya pewarnaan rambut berulang kali atau menggunakan pengering rambut yang membuat rambut menjadi lebih mudah kering dan patah. 

Caranya, cukup oleskan minyak kelapa secukupnya pada bagian batang rambut ketika malam hari. Lalu, biarkan hingga esok paginya. Tutup kepala dengan handuk atau plastik sehingga rambut yang berminyak tidak menempel pada bantal. Selanjutnya, cucilah rambut sampai bersih keesokan harinya. 

Lidah buaya

Bahan herbal untuk perawatan rambut lainnya adalah lidah buaya. Bahan alami ini dapat membantu menguatkan, melembapkan, dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Bahkan, lidah buaya juga menjadi bahan alami yang efektif untuk masalah rambut rontok, kulit kepala berminyak, dan ketombe. 

Cara memakainya, ambil bagian dalam atau daging buah dari tanaman lidah buaya. Lalu, blender hingga halus tanpa menambahkan air. Setelah itu, tuang pada wadah dan gunakan sebagai masker rambut alami. Biarkan selama 5 menit dalam balutan handuk yang sudah kamu rendam dalam air hangat. Terakhir, bilas rambut sampai bersih. 

Perawatan rambut menggunakan minyak rosemary

Terakhir, kamu bisa menggunakan minyak rosemary atau lavender untuk membantu melebatkan rambut. Kedua jenis minyak ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Meski bermanfaat, pemakaian minyak ini juga memicu reaksi alergi untuk orang-orang tertentu.

Jadi, kamu sebaiknya melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum memakai minyak tersebut. Caranya, oleskan sedikit minyak pada tangan, lalu tunggulah selama beberapa menit. Jika muncul ruam kemerahan, kemungkinan besar kamu memiliki alergi terhadap jenis minyak ini. 

Itu tadi beberapa bahan herbal yang bisa kamu coba sebagai produk perawatan rambut alami. kamu bisa periksa kesehatan dengan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2023. 5 Ways Coconut Oil Can Save Your Skin and Hair.
Healthline. Diakses pada 2023. How to Use Olive Oil for Hair Care.
Healthline. Diakses pada 2023. Aloe Vera for Your Hair: What Are the Benefits?
WebMD. Diakses pada 2023. Essential Oils for Your Hair.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan