Terinfeksi Penyakit Raja Singa? Segera Hubungi Dokter Ini

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Maret 2024

“Penyakit menular seksual seperti raja singa dapat menjadi kondisi yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat.”

Terinfeksi Penyakit Raja Singa? Segera Hubungi Dokter IniTerinfeksi Penyakit Raja Singa? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Gejala Raja Singa Menurut Tahapannya
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Tangani Raja Singa
    1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E
    2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E
    3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E
    4. dr. Frieda Sp.D.V.E
    5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Halodoc, Jakarta – Raja singa atau sifilis adalah infeksi yang terjadi akibat bakteri yang biasanya menular melalui hubungan seksual. 

Penularan raja singa terjadi melalui kontak langsung dengan luka infeksi. Nah, infeksi ini juga dapat ditularkan kepada bayi selama kehamilan dan persalinan, serta melalui menyusui.

Setelah terjadi infeksi, bakteri penyebabnya dapat tetap berada dalam tubuh selama bertahun-tahun tanpa menimbulkan gejala. 

Tanpa pengobatan, raja singa dapat menyebabkan kerusakan pada jantung, otak, atau organ lainnya, sehingga mengancam jiwa.

Gejala Raja Singa Menurut Tahapannya

Raja singa memiliki beberapa tahapan (primer, sekunder, laten, dan tersier). Berikut adalah gejala raja singa yang timbul berdasarkan tahapnya:

1. Tahap primer

Pada tahap primer, terlihat beberapa luka sebagai tempat masuknya raja singa ke dalam tubuh, biasanya di sekitar penis/vagina, rektum, bibir, atau dalam mulut. 

Luka-luka tersebut berbentuk bulat, keras, dan tidak terasa sakit dan biasanya bertahan selama 3 hingga 6 minggu dan sembuh tanpa pengobatan. 

Namun, tetap diperlukan pengobatan agar infeksi tidak berkembang menjadi tahap sekunder.

2. Tahap sekunder

Pada tahap sekunder, ruam kulit mungkin muncul di mulut, vagina, atau anus, seringkali beberapa minggu setelah luka primer sembuh. 

Ruam biasanya berwarna kasar, merah, atau cokelat kemerahan, muncul di beberapa bagian tubuh seperti telapak tangan atau telapak kaki.

Ruam tersebut biasanya tidak gatal dan terkadang samar sehingga sulit dikenali. 

3. Tahap laten

Pada tahap laten, tidak ada tanda atau gejala yang terlihat. Tanpa pengobatan, raja singa bisa tetap berada dalam tubuh selama bertahun-tahun.

4. Tahap tersier

Pada tahap tersier, sebagian besar kasus raja singa yang tidak diobati tidak akan mengalami komplikasi. 

Namun, jika terjadi, dapat mengenai berbagai organ vital seperti jantung, pembuluh darah, otak, dan sistem saraf. 

Tahap ini sangat serius dan bisa terjadi 10–30 tahun setelah infeksi. Penyakit ini dapat merusak organ-organ internal dan berpotensi fatal. 

Diagnosis biasanya dilakukan oleh tenaga medis menggunakan beberapa tes.

Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Tangani Raja Singa

Jika kamu mengalami gejala raja singa, sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter tepercaya melalui layanan Halodoc

Kamu bisa mendapatkan perawatan yang sesuai serta tambahan informasi yang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisimu.

Berikut adalah daftar dokter yang memiliki pengalaman luas dalam menangani kasus serupa dan telah mendapat ulasan positif dari pasien sebelumnya:

1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Kamu bisa berkonsultasi dengan dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2013 dan Universitas Hasanuddin tahun 2022.

Dokter Dyah Ayu Nirmalasari berpraktik di daerah Bima, Nusa Tenggara Barat, dan memiliki pengalaman 10 tahun sebagai Spesialis Kulit dan Kelamin. 

Ia juga aktif tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 10 tahun, dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait pengobatan raja singa.

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Dokter Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E. merupakan lulusan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya tahun 2011 dan Universitas Udayana tahun 2017.

Saat ini, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E melaksanakan praktik di Denpasar, Bali, dan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E menawarkan layanan konsultasi di Halodoc mengenai masalah kulit dan kelamin seperti raja singa.

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Berikutnya, ada dr. Dina Febriani Sp.D.V.E yang merupakan lulusan Universitas Yarsi Jakarta tahun 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2023.

Saat ini, ia berpraktik di Pekanbaru, Riau, dan aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi di Halodoc mengenai masalah kulit dan kelamin seperti raja singa. 

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Frieda Sp.D.V.E

Kamu juga dapat menghubungi dr. Frieda Sp.D.V.E, yang merupakan alumnus Universitas Atma Jaya tahun 2015 dan Universitas Sebelas Maret tahun 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Bogor, Jawa Barat, dan aktif sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit kulit dan kelamin, termasuk penyakit raja singa. 

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Rekomendasi terakhir adalah dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E, yang merupakan lulusan Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2010 dan Universitas Airlangga tahun 2016.

Saat ini, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E aktif berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan merupakan anggota aktif Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E menyediakan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit kelamin dan kulit seperti raja singa. 

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit dan kelamin di Halodoc yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan saran pengobatan terkait raja singa. 

Kamu bisa menghubungi dokter dari mana pun dan kapan pun selama 24 jam. Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, kamu bisa membuat jadwal konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Bersantailah, privasi kamu terjaga aman menggunakan layanan konsultasi Halodoc

Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. Syphilis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Syphilis.
NHS UK. Diakses pada 2024. Syphilis. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan