Terkenal di India, Ini 5 Manfaat Sandalwood bagi Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Oktober 2022

“Sandalwood dikenal juga sebagai cendana. Selain dapat mengatasi bekas luka, tanaman ini juga bisa mengatasi jerawat yang meradang.”

Terkenal di India, Ini 5 Manfaat Sandalwood bagi KulitTerkenal di India, Ini 5 Manfaat Sandalwood bagi Kulit

Halodoc, Jakarta – Sandalwood atau cendana adalah tanaman yang telah lama digunakan sebagai obat untuk berbagai gangguan kesehatan. Selain aromanya yang bisa digunakan sebagai aromaterapi, cendana memiliki manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan kulit.

Ini karena kandungan di dalamnya yang beragam sehingga mampu memperbaiki dan mengatasi gangguan kesehatan yang dialami pada kulit. Untuk itu, tidak ada salahnya simak berbagai manfaat dari tanaman cendana dan cara tepat menggunakannya. 

Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Mengalami gangguan kulit membuat pengidapnya merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Selain menjalankan perawatan medis oleh dokter, kamu juga bisa melakukan perawatan di rumah dengan beberapa bahan alami yang sederhana.

Salah satu tanaman yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan pada kulit adalah sandalwood. Tanaman yang dikenal juga sebagai cendana memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit. 

Sandalwood dipercaya memiliki berbagai kandungan dan bersifat anti inflamasi, antimikroba, anti virus, hingga antiseptik yang baik untuk kulit. Nah, ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin menggunakan produk yang memiliki kandungan sandalwood, seperti:

1. Mengatasi Bekas Luka

Mengoleskan minyak cendana pada bekas luka yang ada pada kulit membuat bekas luka menjadi samar. Hal ini karena cendana mampu meningkatkan keelastisan kulit sehingga mengurangi bekas luka.

2. Menyamarkan Kerutan pada Kulit

Kerutan pada kulit, khususnya bagian wajah menyebabkan seseorang mengalami kondisi yang tidak nyaman. Selain gaya hidup yang kurang sehat, kerutan juga bisa muncul akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Untuk menyamarkan kerutan pada kulit, kamu bisa menggunakan minyak cendana dengan cara dioles pada bagian kulit yang bermasalah. Dengan begitu kulit akan lebih lembap dan sehat.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam tanaman ini mampu mencegah paparan radikal bebas yang bisa memicu tanda penuaan dini pada kulit.

3. Mengurangi Peradangan Jerawat

Sifat anti peradangan pada cendana membuat tanaman ini mampu menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat.

4. Mengatasi Luka Ringan

Penggunaan sandalwood pada luka ringan membuat luka membaik lebih cepat. Hal ini terjadi karena sifat antiseptik yang bisa mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri sehingga membuat luka memburuk.

Selain dalam bentuk minyak, kamu juga bisa menggunakan bubuk cendana  untuk mengatasi luka ringan. Biasanya, bubuk akan dicampur dengan air mawar hingga membentuk pasta. Setelah itu, oleskan pasta pada luka ringan hingga kering. Bersihkan dengan air mengalir dan sabun.

5. Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat membuat pengidapnya merasa gatal dan tidak nyaman pada bagian kulit. Selain pada anak-anak, kondisi ini juga bisa dialami oleh orang dewasa. Efek menenangkan dari sandalwood bisa digunakan untuk mengatasi kondisi ini.

Itulah beberapa manfaat sandalwood untuk kesehatan kulit. Jika penggunaan tanaman ini menyebabkan iritasi pada kulit, segera lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatan kulit.

Kamu bisa buat janji pemeriksaan menggunakan aplikasi Halodoc. Dengan begitu, pemeriksaan yang akan dilakukan bisa berjalan dengan lebih lancar. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Treat Skin Hyperpigmentation Naturally.
Health Shots. Diakses pada 2022. 6 Fantastic Things Sandalwood Can Do Your Skin That We Bet You didn’t Know About.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan